Ads

Minggu, 09 November 2014

Sudut Pandang Gamer Bajakan vs Ori


Secara moral dan etika, pembajakan memang kagak beda sama mencuri, karena kita ngegunaiin sebuah produk komersial hasil kerja keras orang lain yg seharusnya dijual dengan harga tertentu, secara gratis. 

Tapi menariknya, pembajakan juga mendorong negara-negara terbelakang untuk bergerak maju mengikuti negara-negara dunia pertama. Hah? Bagaimana bisa? Percaya atau enggak, kasus inilah yg terjadi dengan pembajakan OS komputer paling ngetop saat ini – Windows. 



1. Dari Sudut Pandang Gamer Bajakan



a. Nafsu Buat Mainin Game Baru


Ermahgerd! Newr Grameee!!
Apa yg sih ngedefinisiin seseorang itu gamer atau bukan? Enggak cuman sekedar main game, kita bakalan setuju kalau gaming itu juga soal passion, soal semangat buat nyicipin game-game baru. Salah satu yg paling jelas kelihatan itu betapa indahnya hari2 kita kalau misalnya game yg selama ini kita incar ternyata beneran mau muncul dan dirilis di platform yg kita punya. Itulah yg mendefinisikan kita sbg seorang gamer. 

Kita berangkat dari rasa yg sama, semangat yg sama, dan keinginan yg sama. Mereka yg kebetulan enggak punya dana yg ckp, pada akhirnya harus beralih ke bajakan buat nyicipin game2 baru ini, apalagi kalau rilisnya dalam rentet yg deket banget. Mau kita gamer ori maupun bajakan, pasti ngerti rasa frustrasi yg muncul ketika game2 baru udah mulai muncul ke pasaran dan kita gak punya waktu ataupun uang buat mainin dengan cepat. 

Nabung sejak lama dan ternyata enggak ckp buat mainin semua game ori ini? Enggak bisa nunggu lama, nahan diri, dan justru ngerasa frustrasi dan penasaran? Bajakan jadi solusi yg lebih rasional buat bikin setidaknya, hati lebih tenang. Ini bukan soal ori atau bajakan, ini soal identitas.




b. Enggak Semua Gamer Punya Kemampuan Ekonomi yang Sama


I’m sad again…
“Makanya nabung donk..”, “Kerja keras donk, nyari duit ekstra buat mainin game ori..”, komentar-komentar begini lah yg justru bikin gamer ori kelihatan kayak kelompok elitist yg enggak mau ngerti dan mahamin kalau enggak semua orang punya kemampuan ekonomi yg sama kayak dirinya. Orang yg punya pekerjaan bagus atau keluarga yg rada tajir mungkin ngerasa kalau beli game ori itu bukan masalah yg perlu digede-gedeiin, tapi enggak untuk mereka yg punya kemampuan ekonomi terbatas. 

Ada banyak gamer dan keluarga di sana, yg kalaupun udah nabung selama berbulan-bulan, yg udah bekerja keras setengah mati, tetap enggak akan punya dana ekstra buat video gaming. Sebuah video game ori itu bisa makanin ¼ pendapatan bulanan pekerja kantoran kelas bawah, pengeluaran yg tentu aja kagak bisa ditoleransi dengan semakin tingginya biaya hidup. “Ya kalau gitu jangan main video game,”, jadi komentar lain yg bikin ini hobby berasa kayak hanya ditujuin buat orang ekonomi tinggi doank. Padahal di sisi lain, video game bisa jadi pengalih perhatian efektif buat golongan muda ygmasih mencari jati diri. I mean, daripada mereka keluyuran gak jelas dan berujung jadi kenakalan remaja, mending beralih ke video game, mau bajakan sekalipun.

Let me get this straight, buat apa gamer mau beli game bajakan kalau mereka punya uang buat beli game ori? Semua gamer yg punya uang pasti punya ambisi buat beli game ori, tapi karena mereka gak punya uang lah, makanya beralih ke bajakan. “Makanya cari duit donk biar bisa beli game ori”, implying kalau semua orang bisa mendapatkan pekerjaan semudah membalikkan telapak tangan atau punya modal untuk wirausaha, atau sekedar mengabaikan fakta kalau yg diajak ngomong masih kaum pelajar yg kalau bekerja, justru bisa didakwa sbg eksploitasi anak di bawah umur. Logikanya sepertinya enggak beda sama ngomong sama orang gak mampu yg tinggal di pedalaman:

A: “Adek bisa baca tulis enggak?”
B: “Enggak bisa om, saya enggak sekolah”
A: “Sekolah donk!”
B: “Enggak ada dana om, orang tua juga enggak mampu”
A: “Kalau gitu kerja donk!”
B: “Orang tua petani buruh om. Saya juga bantu jualan kue.”
A: “Masih enggak ckp buat sekolah?”
B: “Enggak, om”
A: “Cari kerjaan tambahan lain donk!”
B: “Kerja apaan om?”
A: “Apaan kek.. Atau nabung donk!”
B: “Makan aja masih susah, enggak dana buat nabung”
A: “Makan masih susah? Cari kerja tambahan donk!”

Sekarang mengerti betapa menyebalkannya siklus pembicaraan di atas. Sensasi ngobrol sama gamer ori yg enggak bisa memahami bahwa ada begitu gamer lain yg hidup dalam kondisi ekonomi yg berbeda dan bahkan jauh berada di bawah mereka, justru membuat mereka terlihat sangat tidak peka.




c. Video Game Tidak Punya Alternatif


Main game gratis yg mirip aja… Yeah, right..
Salah satu yg bikin pembajakan marak, adalah fakta kalau video game itu selalu nawarin pengalaman pribadi yg beda-beda dan enggak bisa digantiin oleh video game yang lain. Maksudnya? Sebenarnya hampir sama dengan konten multimedia lain seperti musik dan film, video game enggak seperti perangkat lunak yang selalu punya alternatif subsitusi dengan fungsi yang sama. Enggak punya duit buat beli Windows OS? Pakai Linux yang notabene gratis. Enggak punya uang buat beli lisensi Microsoft Word? Ya udah, ngetik aja pakai Wordpad. Formula yang satu ini enggak bisa diterapin di video game.

Setiap judul game yang keluar ke pasaran itu selalu nawarin pengalaman bermain yang unik, walaupun kadang-kadang temanya sama. Enggak punya duit buat beli Tomb Raider reboot? Enggak akan ada gamer yang ngerekomendasiin kita nyobaiin game Temple Run yang notabene gratis di Android semata-mata karena sama-sama ceritaiin soal petualang yang lari-lari di dalam reruntuhan kuno. Enggak ada duit buat beli Wolfenstein: The New Order? Gak akan ada yang ckp bodoh buat rekomendasiin Team Fortress 2 yang gratis di Steam, semata-mata karena dia FPS. Tiap game itu berbeda dan enggak bisa digantiin dengan software gratis manapun. Karena itu, mereka yang punya dana yang terbatas boleh dibilang memang enggak punya alternatif lain. Pilihannya selalu 2: (1) Enggak main game A karena gak punya duit atau (2) Main game A tapi bajakan. Opsi nomor dua selalu lebih menarik.

Minta gamer nyari solusi alternatif gratis buat gantiin posisi game tertentu buat dimainin itu sama enggak masuk akalnya dengan minta dengerin lagu dari Band A padahal yang ia inginkan adalah single terbaru dari Band B, misalnya.

A: “Damn, gua mau beli album barunya Linkin Park tapi enggak ada duit”
B: “Nih, gua pinjemin album lama Slayer yang baru gua beli kemarin”
A: “Huh? Gua maunya denger Linkin Park”
B: “Ah..sama ajalah.. sama-sama ada gitar ama drum kok di dalamnya”
A: “……..”




d. Faktanya, Bukan Selalu Bajakan yang Salah


Who shall lead PC into war?

“Hahaha.. game nya enggak keluar di PC, makanya jangan main bajakan!”, ini komentar juga jadi salah satu “jargon” yang paling sering keluar setiap kali JagatPlay ngebicaraiin masalah rilis game yang entah alasan kenapa melewatkan PC sbg platform rilis utama. Padahal, ada banyak pertimbangan yang bikin publisher akhirnya milih buat mutusin hal ini dan bukan sekedar hanya karena pembajakan.

Salah satunya adalah fakta bahwa gamer PC adalah sebuah kelompok sporadis yang sebenarnya enggak bernaung di bawah bendera manapun, beda dengan Playstation di bawah Sony atau Xbox di bawah bendera Microsoft. Ketika developer lagi ngeracik game baru, Sony dan Microsoft bisa ngedeketin mereka dan ngobrolin deal-deal khusus untuk mastiin game-game ini cuman keluar di konsol atau sekedar muat konten eksklusif. Sekarang masalahnya, siapa yang bisa jadi perwakilan buat kelompok gamer PC yang masif di dunia buat datang ke para developer ini, meminta deal tertentu, dan ngedorong rilis yang lebih multiplatform.

Jawabannya? Enggak ada sama sekali. Masalah kedua adalah fakta bahwa saking sporadisnya gamer PC di seluruh dunia, badan konsumen juga enggak pernah punya sumber data yang ckp valid untuk ngegambarin seberapa kuat sebenarnya PC yang dimiliki sebagian besar gamer di seluruh dunia, kalau dibandingin sama Playstation 4 atau Xbox One, misalnya. Publisher akhirnya berusaha nyari data ini via survei Steam yang justru ngasih lihat kalau peringkat teratas PC yang dipakai buat akses portal distribusi ini ternyata masih ngusung spec yang lemah mampus. Publisher mulai ngerasa enggak “worth it” buat ngerilis game andalan mereka di PC, karena data nunjukin kalau sebagian besar gamer yang main di Steam, misalnya, juga enggak bakal bisa mainin game yang mereka ciptaiin.

Jadi, agak sedikit naif kalau selalu nyalahin pembajakan sbg sumber alasan kenapa banyak game third party, misalnya, yang akhirnya milih buat enggak dirilis di PC. Mengapa? Karena sebenarnya, Playstation dan Xbox juga ngalami pembajakan yang sama terstruktur, sistematis, dan masif (Ehmm..). Untungnya tren ini mulai sedikit berubah, dan PC mulai dilihat sbg pasar yang potensial.




e. Masalah Juga Ada di Pihak Publisher Game


Stupid policy..

Membajak atau tidak membajak enggak selamanya ditujuin ke motif buat nikmatin satu game secara gratis, karena bisa jadi, masalah terbesar justru ada di developer dan publisher sendiri. Salah satu fenomena yang ckp menarik adalah permak trailer dan announcement game yang dibikin cakep, tapi ternyata enggak nge-representasiin hasil akhir yang dijual secara komersial. “Jebakan-jebakan Batman” inilah yang bikin enggak sedikit gamer yang beralih ke bajakan yang diposisiin kagak beda dengan sebuah demo gameplay. 

Semata-mata buat mastiin uang 500 ribu Rupiah mereka yang udah dikumpulin setengah mati, mendarat di game yang memang pantas buat dibayar dengan harga segitu. Bayangkan apa jadinya, kalau tanpa informasi yang jelas, duit ini jatuh ke game macam Aliens: Colonial Marines, Rambo The Video Game, atau Ride to Hell: Retribution. Mimpi buruk? Sudah pasti. Beberapa publisher juga anehnya, terkadang milih buat bikin game mereka jadi region-locked, yang bikin kita enggak bisa beli pakai IP dari Indonesia.





2. Dari Sudut Pandang Gamer Ori



a. Indonesia Enggak Akan Bisa Dilihat Sebagai Pasar Serius


Kita berhak dapat perhatian lebih..

Hampir semua gamer yang mati-matian nabung buat mainin game ori doank tentu berangkat dari beragam motif, namun berakhir pada satu tujuan yang sama. Pernah penasaran kenapa sampai sekarang belum ada publisher game yang ngebikin studio developer cabang atau sekedar perwakilan resmi di Indonesia? Karena fakta kalau kita enggak masuk ke dalam radar pasar potensial yang kudu dideketin oleh publisher. 

Untuk produk lain, jumlah manusia sampai lebih dari 200 jt jadi pasar yang terlalu manis buat dilewatin, tapi untuk industri game, ini angka enggak berarti banyak karena sebagian besar dari kita enggak tercatat berkontribusi apapun gara-gara bajakan. Hasilnya? Support memble, kita gak akan nemu event game berskala internasional di sini, dan selamanya akan dilihat sbg gamer kelas dua dunia yang enggak seberapa penting.




b. Jangan Cuman Ngeluh, Kontribusi!


Kept you waiting, huh?

Termasuk salah satu gamer yang seringkali ngeluh kenapa game yang mereka mau ternyata enggak keluar di PC? Ada satu cara efektif buat bikin publisher ngelirik PC dan ngerilis game andalan mereka di sana, yakni beli versi orinya. Dengan ngelakuin hal seperti ini, citra PC sbg platform gaming di PC bakalan terlihat jauh lebih positif dan potensial, ngedorong buat banyak publisher lain ngelakuin hal yang sama. 

Lu tetap kepengen Hideo Kojima ngeluarin game-game MGS di masa depan di PC? Pastiin lu beli Phantom Pain PC versi ori buat jadi pesan enggak tertulis ke Kojima, “Eh..kita yang di PC seneng banget lho, abang Kojima mau rilis gamenya buat platform kita. Tuh buktinya laku kan? Nah, next time rilis lagi yak bang!”, semacam itulah. Kalau terus ngandelin game bajakan dan publisher enggak dapetin sesuatu yang terasa positif, ya jangan ngeluh dan teriak-teriak enggak jelas kalau misalnya serinya di masa depan absen di platfrom yang dipunya. Agan lah yang jadi pasar utama, agan yang nentuin game-game apa yang mau berlanjut atau enggak, itu doank.




c. Jangan Bangga Pakai Bajakan!


Apa yang bisa dibanggain jadi gamer bajakan? Itu pertanyaannya..

Ini mungkin salah satu simtom yang ckp bikin kita bertanya-tanya enggak jelas, sebenarnya ada apa di otak para gamer yang justru kelihatan bangga dan koar-koar di dunia maya kalau game yang mereka mainin itu versi bajakan. 

Bukannya seharusnya justru malu? Keputusan buat main game bajakan atau enggak itu memang dibalikin lagi ke diri masing-masing. Kalau memang enggak punya dana buat main game ori, ya silakan main game bajakan, tapi ya disimpan aja “aib” nya buat diri masing-masing, bukan jadi kebanggaan yang terus didengungin di dunia maya. Ini justru malu-maluin citra gamer Indonesia secara keseluruhan dan malu-maluin diri sendiri. Apa yang sebenarnya mau dicapai? Skenarionya enggak beda sama:

A: “Yeay! Akhirnya setelah nabung lama gua bisa beli buku Harry Potter”
B: “Cih..ngapain beli kalau bisa beli gratis. Ini gua ada fotokopiannya”
A: “Ya, beda aja sensasinya”
B: “Ah, sama aja. Lihat nih fotokopian gua. Keren kan? Keren kan? Keren kan?”
A: ……..
It’s stupid!




d. Butuh Perjuangan


You rack disciprine!!

Satu hal yang sebenarnya dibenci oleh gamer ori dari para gamer bajakan adalah perubahan mental dari kondisi terpaksa menjadi sebuah pilihan yang dilakukan secara sadar untuk memilih game bajakan. Para gamer bajakan mulai kehilangan semangat untuk bekerja lebih keras dan melakukan ekstra usaha untuk mencicipi dan membeli game-game ori, sekecil apapun. Sbg contoh? Menabung. Dengan status sbg pelajar dan dari keluarga dengan ekonomi yang terbatas, uang tabungan per bulan agan mungkin tidak akan bisa digunakan untuk membeli satu game ori AAA yang berada di kisaran harga 500-600 Ribu Rupiah. Sesuatu yang sangat dimaklumi jika pada akhirnya beralih ke pasar bajakan. 

Walaupun demikian, jadi enggak bisa ditoleransi kalau mental yang sama juga ditujukan untuk sebuah game indie atau masa diskon yang bisa menurunkan harga games sampai di kisaran 50-150 ribu Rupiah. Enggak bisa menabung sampai sebanyak itu? Hampir enggak mungkin. Jangan sampai terlalu enak mencicipi game bajakan, lupa bahwa ada kewajiban untuk paling enggak buat beli 1-2 game ori yang terjangkau, untuk paling enggak membrikan kontribusi.




e. Internet Bukan Alasan


The nightmare..

Salah satu alternatif paling keren buat nyicipin game ori yang murah sekarang adalah berkiblat dengan arah digital, sbg contoh, Steam. Karena kagak perlu ngerilis game dalam bentuk fisik yang notabene makan biaya produksi dan distribusi, publisher bisa ngerilis game dalam harga yang lebih bersahabat, atau cepat nurunin harga ketika masa diskon datang. Itu udah alternatif paling keren. 

Tapi pas ditawarin opsi ini? Banyak gamer yang ngeluarin satu alasan canggih yang lain, “Kuota internet gua gak bakal bisa buat download via Steam. Jatuhnya lebih mahal”. Padahal, bukan ini yang jadi target utama. Kalau mau berniat sebenarnya, alternatifnya adalah “Beli game Orinya – masukin ke Library – berkontribusi”. Selama udah beli game orinya, dan kalau internet masih jadi masalah yang kagak bisa diselesaiin, selalu ada opsi buat beli game bajakan fisiknya. Dan lu punya alasan yang valid buat main bajakan, selama lu udah beli game orinya. Itupun kalau yang jadi masalah utama, memang koneksi internet.




3. SOLUSI



a. Yang Kita Butuhkan? Peralihan..


Yang kita butuhkan adalah proses peralihan, Tidak harus instan, tetapi setidaknya memperlihatkan progress menuju ke penggunaan game original.

memandang masalah perseteruan antara gaming dengan bajakan versus ori? Kita pribadi menolak untuk melihat masalah ini seperti lembaran hitam putih yang enggak punya wilayah abu-abu sama sekali. Pembajakan video game di Indonesia muncul dari beragam latar belakang masalah yang kompleks dan beragam, yang harus diakuin, beberapa di antaranya memang bisa dimaklumin dan dimengerti, terutama karena keterbatasan di beberapa sektor kehidupan. Lagipula, sebagia dari kita yang ngebaca tulisan ini juga ngenal video game dari pembajakan. Gua pribadi masih inget gimana bokap pertama kali bawa NES pulang dan bawaiin catridge 1001 in 1 yang isinya macem-macem, yang udah pasti produk bajakan. Gua masih ingat gua ketemu “surga” game PS 1 waktu di salah satu toko di daerah dan kagum luar biasa kalau ini konsol punya “harga kaset” yang terjangkau banget. Bajakan ngenalin gua pribadi dan banyak dari kita ke industri game, dan mungkin berperan sama ke generasi muda yang baru ngenal ini industri saat ini. Dia enggak selalu buruk.

Tapi bukan berarti ini menjadi semacam legitimasi kalau kita bisa seenak jidat untuk terus ngandelin game bajakan, hingga di masa depan. Mindset ini bakalan pelan tapi pasti, ngebunuh industri game itu sendiri. JagatPLay enggak akan pernah ngelihat gamer bajakan sebagai “warga kelas dua”, tetapi sangat menyarankan, untuk mulai melakukan usaha apapun untuk mulai belajar dan beralih ke game original. Enggak harus cepat, sangat dimengerti kalau semuanya butuh proses. Bahkan Indomie yang katanya mie instan pun, butuh 3 menit buat dimasak matang dan dinikmatin. Semuanya butuh proses. Tapi inget, semua proses itu harus DIMULAI baru bisa berakhir. Lakukan dari hal yang sederhana, dari membeli sekedar game indie dan merasakan kebanggaan punya game original di library Steam, atau beli game original seken dari orang lain. Pelan-pelan saja. Yang dibutuhin sekarang adalah keinginan dan tindak nyata untuk mulai berkontribusi, dan enggak cuman sekedar nikmatin. Kita sangat mengerti kok rasa frustrasi yang muncul karena enggak bisa nikmatin game-game baru dengan cepat yang bikin bajakan jadi kelihatan kayak solusi terbaik. Tapi pastiin, semua game bajakan yang dimainin, entar dibeli versi originalnya ketika jatuh harga, apalagi kalau Steam lagi diskon besar-besaran. Inget, enggak harus didownload (biar alasan Internet enggak berlaku lagi), tapi mastiin diri aja berkontribusi.

Sementara buat gamer ori? Public shaming dengan terus ngatain gamer bajakan enggak pernah teruji sebagai metode alternatif buat nge-convert mereka biar lebih peduli terhadap perkembangan industri game sendiri. Akan jauh lebih sehat sebenarnya, kalau yang diperlihatkan adalah dukungan secara penuh, dan fakta bahwa kita semuanya gamer. Sederhana aja, bisa dimulai dari ngasih informasi soal retailer-retailer game fisik dan digital yang bisa diandelin buat dapetin game ori dengan harga lebih murah atau sekedar ngasih tempat jualan game seken yang bisa dipercaya. Ngerasa kalau hanya orang berduit doank yang bisa nikmatin video game justru munculin kelompok elitist yang kelihatan kayak orang-orang enggak peka, orang-orang yang enggak bisa ngerti kalau enggak semua kelompok gamer itu berangkat dari tatanan ekonomi yang sama. Empati dan edukasi itu yang dibutuhin.

Mau gamer bajakan ataupun ori, kita semua berangkat dari semangat dan ketertarikan yang sama, dan berbagi rasa cinta yang sama dengan industri yang udah nemenin hari-hari kita ini selama bertahun-tahun lamanya. Mau lu ori, mau lu bajakan, kita semua terikat pada air mata yang keluar pas ending Final Fantasy X, kemarahan waktu main Dark Souls, kesenangan waktu lu berhasil nyelesaiin Super Mario Bros, atau kebingungan waktu plot twist Bioshock Infinite terbuka. Kita semua ngerasaiin pengalaman itu, dan jatuh cinta karenanya. Dan itu yang seharusnya jadi sudut pandang terbaik buat ngelihat sesama gamer. Terlepas dari beragam latar belakang yang memosisikan sebagian dari kita yang termasuk beruntung secara ekonomi, dan yang lainnya tidak cukup beruntung. Itu saja.





sumber: http://m.kaskus.co.id/thread/5451138ac2cb17002a8b4571
.

Ads

Daftar Isi