Ads

Rabu, 19 November 2014

10 Tempat Dunia Nyata yang Menjadi Inspirasi Film Disney



Dimulai dari yang klasik hingga yang modern seperti Frozen, film Disney pasti memberikan dunia fantasi yang menakjubkan. 

Tapi ternyata tidak semua itu sekedar fantasi, banyak lokasi menakjubkan Disney berdasar atas tempat nyata yang ada di dunia ini dan mereka juga tidak kalah indah dari versi Disney tersebut. 

Berikut 10 tempat di dunia nyata yang menjadi inspirasi film animasi Disney.



1. Paradise Falls, Up - Angel Falls, Venezuela



Film hasil kolaborasi Disney dan Pixar ini menceritakan mengenai seorang pria tua bernama Carl pergi ke sebuah lokasi menakjubkan yang disebut Paradise Falls. Untuk dapat tiba di tempat itu ia pergi dengan cara yang sangat unik yakni dengan balon yang digantungkan ke rumahnya. Diceritakan bahwa Paradise Falls terletak di sebuah hutan di Amerika Selatan, namun pada kenyataannya tempat menakjubkan itu didasarkan dari sebuah lokasi ternama dunia yakni Angel Falls, Canaima National Park, Venezuela.

Untuk mendapatkan gambaran dari air terjun yang sangat indah maka Direktur film animasi Up mengunjungi secara langsung lokasi di dunia nyata yang juga memiliki air terjun indah tersebut, itulah Angel Falls.





2. Arendelle, Frozen - Trondelag, Norwegia



Daftar film animasi Disney tentu tidak akan lengkap tanpa hadirnya film animasi terlaris mereka, tidak lain dan tidak bukan adalah Frozen. Bersettingkan di sebuah tempat yang diselimuti oleh es dan dikenal dengan nama Arendelle. Tentu tidak ada yang membayangkan tempat menakjubkan itu ternyata didasarkan dari sebuah tempat asli yang berlokasikan di Norwegia, tepatnya di daerah bernama Trondelag.

Ide itu berawal di tahun 2012 saat tim dari Disney mengunjungi Norwegia dan dari lokasi inilah mereka menciptakan Arendelle. Trondelag sendiri memang sudah dikenal akan gaya hidup masyarakat yang unik, hal ini menyebabkan banyak fitur-fitur yang ada di tempat juga dijadikan basis dari film Frozen, dimulai dari rusa, pakaian trandisional, arsitektur, hingga si pedagang yang menjual ikan kod kering (lutefisk). Lebih spesifik lagi kota di wilayah Trondelag yang dijadikan referensi oleh tim Disney adalah Roros dan Trondheim, dimana untuk Roros digunakan panoramanya rusa, serta keretanya, sedangkan untuk Trondheim adalah arsitekturnya.





3. The Princess and The Frog - New Orleans, Louisiana, US



Tidaklah mengejutkan jika film Disney satu ini didasarkan dari dunia nyata, karena memang dari filmnya sendiri saja sudah mengatakan bahwa The Princess and The Frog memang berlokasikan di New Orleans, Louisiana, US. Lebih spesifik lagi tema kota unik dan indah ini berlokasikan pada tahun 1920 di New Orleans. Tema cerita dari The Princess and The Frog adalah hubungan si tokoh utama bernama Tiana dengan seorang pangeran yang diubah menjadi kodok namun dalam proses tersebut Tiana juga berubah menjadi kodok.





4. Brave - Callanish, Skotlandia



Anda masih ingat dengan momen akhir yang mengharukan film animasi Disney/Pixar Brave? Momen mengharukan itu bersettingkan di sekumpulan batu berdiri dimana Si Beruang kembali ke wujud aslinya, yakni seorang ibu dan ratu Elinor. Setting dan batu-batu itu sendiri benar-benar didasarkan dari lokasi asli di dunia ini yaitu Batu Callanish, Callanish, Skotlandia.

Selain batu callanish yang sangat serupa, Disney juga mengambil keseluruhan panorama Skotlandia seperti gunung, hutan, hewan-hewan Skotlandia, dan tentunya aristektur kastil yang memang adalah salah satu kelebihan Skotlandia. Melihat Skotlandia adalah tanah sejarah dan legenda, maka tema tersebut cukuplah masuk akal dimasukkan dalam film Brave.





5. Finding Nemo - Great Barrier Reef, Australia



Finding Nemo adalah film kolaborasi Disney dan Pixar yang pernah masuk ke dalam blockbuster. Berceritakan mengenai seekor ikan giru/badut (clownfish) yang ditangkap oleh seorang penyelam yakni Nemo, dan ayah dari nemo yakni Marlin yang berusaha mencari dan menyelamatkan anaknya. Lokasi keseluruhan dari cerita ini terjadi di Great Barrier Reef, Australia.

Melihat keindahan, keragaman, serta berbagai alasan mengapa Great Barrier Reef adalah salah satu tempat di dunia yang wajib dikunjungi, ia juga adalah rumah bagi berbagai spesies ikan giru. Hal itulah yang menjadi referensi nyata dari film animasi Finding Nemo dan apabila Anda memperhatikan secara seksama, latar belakang perkotaan film ini jelas-jelas menunjukkan Sydney Opera House di Australia. Sayangnya, alamat "P. Sherman, 42 Wallaby Way, Sydney" bukan alamat nyata.





6. Istana Kerajaan, Tangled - Mont Saint-Michel, Perancis



Menceritakan ulang mengenai kisah klasik Rapunzel, Istana Kerajaan di film Tangled didasarkan dari Mont Saint Michel di Normandy, Perancis. Mont Saint-Michel snediri adalah sebuah pulau komunitas yang berlokasikan di barat laut Perancis. Terdiri dari berbagai bangunan kuno, menara, monasteri, dan aula istana maka tempat ini memang adalah tempat yang seakan-akan sebuah dongeng bisa terjadi kapan saja. Hingga sekarang Mont St. Michel adalah tempat tujuan wisata turis dari berbagai belahan dunia.

Desainer seni Disney, Laurent Ben-Mimoun sendirilah yang mengatakan secara langsung bahwa idenya adalah sebuah istana yang mengingatkan kita akan Mont St. Michel.





7. Lilo and Stitch - Kauai, Hawaii



Lilo and Stitch adalah salah satu dari sedikit Film Disney yang bersettingkan di kehidupan sekarang. Pulau kecil Kauai di Hawaii menjadi inspirasi utama dari film utama, bahkan kebanyakan unsur nyata pulau itu juga dimasukkan ke dalamnya, seperti contohnya pantai yang indah hingga detail wilayah saat film itu dibuat. Film Lilo and Stitch dibuat pada tahun 2000 dan pada tahun itu wilayah Hawaii ini sedang mengalami kesulitan ekonomi tersendiri, detail itulah yang dimaksudkan di sini.

Namun tidak perlu mengetahui secara spesifik akan kota Kauai, dari film ini akan langsung terlihat bahwa detail umum Hawaii memang menjadi bagian yang tidak dapat terlepaskan dari film ini. Pembuat animasi Disney menggunakan kota Hanapepe sebagai referensi khusus pembuatan film animasi Lilo and Stitch.





8. Pocahontas - Jamestown, Virginia, US



Dalam Dongeng Disney Dengan Kisah Asli Yang Mengerikan, Pocahontas adalah salah satu kisah yang paling tragis. Kisah tragis itu menceritakan mengenai seorang Indian Virginia dengan nama asli Matoaka. Ternyata tidak hanya kisah dongengnya yang dapat ditelusuri secara nyata, inspirasi lokasi animasi Disney itu juga berasal dari Virginia, tepatnya Jamestown. Beberapa hal nyata yang dimasukkan ke film animasinya adalah penggambaran kapal, pemukiman suku indian, dan juga kisahnya yang diperbarui.





9. Istana Sultan, Aladdin - Taj Mahal, India



Taj Mahal adalah salah satu bangunan paling dikenal di dunia yang terletak di Agra, India. Dibangun di abad ke-17, bangunan ini dibangun oleh seorang raja yang sedang sedih karena harus kehilangan istri ketiganya, seorang putri Persia yang meninggal saat melahirkan. Sang Raja kemudian menciptakan sebuah tempat pemakaman untuk almarhum istrinya itu.

Melihat sejarah ini maka tidak mengejutkan Disney menggunakannya sebagai inspirasi nyata dalam film animasi mereka, yakni Aladdin. Sama halnya dengan Taj Mahal yang asli di India, istana Sultan di film animasi Disney Aladdin ini juga memiliki tembok putih sebagai fondasinya.





10. Istana Kerajaan, Sleeping Beauty - Istana Neuschwanstein, Jerman



Istana Neuschwanstein di Bavaria, Jerman adalah inspirasi nyata di balik istana yang terlihat di film klasik Disney Si Putri Tidur (Sleeping Beauty). Tidak hanya untuk film animasinya, istana ini juga adalah referensi untuk pembangunan istana dongeng putri tidur di taman hiburan Disney. Di dunia nyatanya, istana Jerman ini dibangun pada abad ke-19 di Barat Daya Bavaria sebagai tempat persembunyian raja Ludwig II.

Selain menjadi inspirasi besar bagi Disney, istana ini juga masuk dalam banyak film lainnya. Sekarang ini para turis dapat menikmati kastil dan pemandangannya dengan leluasa.







sumber: http://www.tahupedia.com/content/show/465/10-Tempat-Nyata-Di-Dunia-Yang-Menjadi-Inspirasi-Film-Disney
.

Ads

Daftar Isi