Ads

Selasa, 29 Juli 2014

5 Cara Bijak Mengelola Uang THR


THR adalah sesuatu yang paling orang tunggu-tunggu selama bulan ramadhan selain bedug maghrib. Gimana engga, di bulan yang sama, para karyawan bakalan dapet "gaji 2x lipat".

Beberapa diantaranya pake itu duit se-efisien mungkin, beli barang-barang yang berhubungan sama hari raya karena namanya juga tunjangan hari raya

Beberapa lainnya pake uang tersebut buat beli barang-barang yang mereka inginkan dengan kalap, yang selama ini mereka ga bisa beli dengan nominal gaji yang normal.

Apakah THR itu kudu dipake buat keperluan hari raja aja? Ya terserah sih, kan kalian yang punya uangnya, Tapi ga ada salahnya kok hal-hal di bawah ini buat jadi pertimbangan menggunakan THR anda..



1. Tabungan/Investasi


Ibarat gaji ke-13, THR selalu ditungu-tunggu oleh mereka yang bekerja sebagai PNS atau pegawai swasta. Sebelum uang THR anda ludes, sebaiknya sisihkan terlebih dahulu 20-30% untuk tabungan atau investasi. Inilah kesempatan untuk menambah pundi-pundi tabunganmu.





2. Berbagi dengan Sesama

Tidak ada salahnya jika berbagi kebahagiaan dengan sesama selama Lebaran. Jika Anda memiliki karyawan atau asisten rumah tangga, Anda dapat berbagi dengan mereka. Anda juga dapat berbagi dengan mereka yang membutuhkan melalui zakat atau donasi.

Lebaran juga identik dengan tradisi memberikan uang untuk anak-anak. Anda dapat berbagai dengan anak-anak di tempat Anda merayakan Lebaran. Oleh karena itu maksimalkan layanan penukaran uang dengan nominal kecil jelang Lebaran dari Bank Indonesia.






3. Bayar Utang

Sebelum Anda menggunakan uang THR untuk belanja konsumtif, sebaiknya Anda melunasi atau mencicil hutang anda. Akibatnya mungkin anggaran untuk belanja berkurang, tetapi beban hutang Anda semakin ringan. Menyelesaikan hutang akan membuat Anda merasa lebih lega saat merayakan Lebaran.




4. Membayar Kewajiban Tahunan

Tips mengelola uang THR selanjutnya adalah membayar kewajiban tahunan. Anda dapat menggunakan uang THR untuk membayar premi asuransi, pajak kendaraan, bangunan, STNK, maupun pembayaran tahunan lainnya. Tidak ada salahnya membayar kewajiban terlebih dahulu sebelum bersenang-senang.





5. Belanja Lebaran

Menjelang Lebaran, harga kebutuhan pokok biasanya naik. Tentunya hal ini dapat Anda tutupi dengan uang THR. Untuk berbelanja, prioritaskan berdasarkan kepentingannya. Utamakan barang yang Anda butuhkan terlebih dahulu, baru memenuhi keinginan berbelanja yang lain. Oleh karena itu bedakan antara kebutuhan dan keinginan. Jangan sampai hasrat berbelanja sekedar untuk memenuhi keinginan semata.



Itulah tips menggunakan uang THR dari kami, semoga ada manfaat yang bisa diambil...




sumber: 
  • http://www.kaskus.co.id/thread/53c8958c582b2e5c228b45dd/?ref=homelanding&med=hot_thread
  • http://intisari-online.com/read/tips-mengelola-uang-thr
.

Ads

Daftar Isi