Ads

Rabu, 23 Juli 2014

4 Penyebab Pertikaian Antar Pengendara di Jalanan


Lalu lintas makin hari makin semrawut. Jalanan udah jadi arena perang dingin buat para pengguna jalan. Yang paling kayak Tom and Jerry sih antara pengendara mobil dan bikers.

Yang satu ngotot sebagai pemilik jalan karena berasa "bodinya" besar, sementa yang stau lagi merasa hal yang sama karena bisa lebih melesat kencang. Masih banyak lagi hal-hal yang bikin mereka bersitegang. Contohnya, pengendara motor menganggap pengendara mobil sok gaul dan sok kaya.

Udah nggak harus kena terik matahari dan dinginnya air hujan, mereka malah nggak mau kasih jalan ke pengendara motor. Padahal disadari atau nggak, mereka berdua sama-sama salah!

mari kita telusuri 4 fenomena bikers dan pengendara mobil pengundang pertikaian di jalan..



1. Tukang nyelip dan tukang salip Bagi pengendara mobil


bikers tuh punya karakter khas yaitu paling suka nyelip. Celah sesempit apapun di jalan raya diterabas aja. Inilah yang bikin pengendara mobil deg-degan saban ujung mobil nyaris diserempet motor.Mulai dari nggak pake lampu sen, sampe pake lampu sen tapi nggak liat spion atau ngecek keadaan samping kanan kirinya. Penyebabnya:
udah pasti napsunya gede.

Solusi: Buat bikers, harus sabar lah, kalo celah udah sempit mending biarin mobil melaju dulu.Jangan main sikat aja. Salah-salah justru mencelakakan diri sendiri. Buat mobil, kalo mau pindah jalur, harus yakin kalo di belakang udah aman. Kadang spion nggak mampu melihat, harus pake spion tengah.




2. Nyenggol spion dan ngerem mendadak


Pengendara mobil paling sewot kalo spionnya ditabrak sama motor pas lagi macet Maklum, bikers kan suka nyari celah di kemacetan, tapi kadang maksain banget. Udah gitu biasanya langsung ngeloyor pergi mentang-mentang kecil.

Sementara itu, bikers paling nggak suka ngeliat mobil yang kurang sigap. Soalnya, beda sama motor yang bisa ngeles, mobil lebih kaku gerakannya. Sehingga kalo pengendaranya kurang sigap akan halangan didepannya, mereka cenderung mengerem secara mendadak. Bikers pun nggak jarang harus mencium aspal gara-gara nyangkut di bemper belakang mobil.

Solusi: Motor sah-sah aja sih nyari celah, tapi ada etikanya juga dong. Kalo udah nggak bisa masuk ngapain maksa. Untuk pengendara mobil yang suka ngerem mendadak, konsenlah di jalan. Liat semua hambatan.




3. Sangarnya para bikers dan pengemudi mobil Di mata pengendara mobil


Bikers suka bikin ulah, Mulai dari nyerempet bodi mobil lantas kabur, ugal-ugalan di jalan sampai membahayakan diri sendiri. Pengendara mobil sampai udah paham banget kelakukan para biker nakal ini. Sampai ada istilah kalo motor yang salah, pengendara mobil malah yang ganti rugi.

Belum lagi perilaku berteduh di kolong jembatan penyebrangan yang selalu menjadi penyebab kemacetan di jalan. Atau berhenti di zebra cross pada saat lampu merah, yang menyulitkan penyebrang jalan.

Sedangkan para pengemudi mobil mereka malah sering mancing-mancing balapan. Beberapa bikers ngerasa ada aja pengendara mobil yang sengaja ngajak tarik-tarikan. Motifnya, dengan cara nyejajarin mobil dengan motor atau dengan ngegeber bunyi knalpot.




4. Saling jadi penguasa jalanan!

Di jalan yang lebar dan sepi, tiba-tiba ada motor yang jalannya nyantai banget di jalur paling tengah. Dengan begitu, laju mobil jadi kehambat. Pas niat nyalip, mobil jadi ragu karena takut nyenggol.

Nyari serupa, pengendara mobil juga sering bikin repot bikers. Para bikers sering kebingungan milih jalan lantaran ketutup mobil. Lebih parah lagi, mobil sengaja menghalangi laju motor pas belokan.

Keduanya, malah berasa sang penguasa jalanan dan saling maki. Padahal saling melakukan kesalahan yang sama.

Solusi: Bila berjalan di kanan harus lebih cepat dari yang berjalan di lajur kiri.




sumber: http://www.kaskus.co.id/thread/53cb1efe14088d7a1d8b4643/?ref=homelanding&med=hot_thread
gambar cover: animevice.com
.

Ads

Daftar Isi