Ads

Kamis, 10 Juli 2014

Mau Disukai Orang dan Punya Banyak Teman?


Inti dari cara disukai orang dan memiliki banyak teman sebenarnya simpel: always behave. Mau punya tampang oke atau segudang prestasi, kalau kamu gak bisa menjaga perilaku di hadapan orang lain, itu semua percuma.

Kalau selama ini kamu sulit membangun hubungan sehat di tempat kerja, kampus, atau sekolahmu; kalau kamu susah akur sama saudara di rumah dan bahkan sering bikin ribut di luar rumah, tanya deh ke dirimu sendiri: kira-kira apa biang masalahnya?

Jangan-jangan nih, masalahnya adalah diri kamu sendiri. Sadar atau nggak, jangan-jangan kamu lah yang suka bikin orang lain kesal. Komentarmu selalu annoying bagi yang dengerin. Kasarnya, kamu adalah orang yang agak brengsek.

Tapi kalau kamu adalah brengsek yang pingin tobat, artikel ini cocok buat kamu. Ini dia 10 langkah untuk berhenti jadi orang brengsek:


1. Diam Dan Jangan Banyak Omong

Walau cuma sebentar, cobalah untuk diam. Jangan sebutin semua hal yang melintas di kepalamu. Gak semua orang di sekitarmu pengen dengar semua hal yang kamu pikirkan.

Berusahalah mensensor perkataanmu. Ini berlaku nggak cuma di dunia nyata, tapi juga di dunia maya: seperti Facebook, Twitter, Path, dan media-media sosial lainnya. Jika kamu bisa diam bentar aja, kamu bakal bisa terhindar dari ngomong yang ketus dan menyakiti hati orang. Gak ada juga yang tahu apa yang kamu pikirin. Kamu pun jadi lebih bisa memelihara relasi yang baik dengan orang lain.


2. Ngaca Dulu Setiap Mau Berkomentar

Sebelum kamu mencari-cari kekurangan dan kesalahan orang lain kayak juri kontes bakat, mending kamu ambil kaca yang besar buat lihat diri kamu dulu. Persis seperti kamu, gak ada di dunia ini orang yang sempurna.



3. Gak Usah Nyindir

Nyinyir
Nyinyir via chelseaholson.com
Nggak usah nyindir, please. Kalau kamu memang nggak suka sama sesuatu, bilang dengan sopan dan terus terang. Ini adalah cara yang paling adil karena dengan begitu, kamu bisa memberikan kesempatan ke orang yang kamu kritik untuk mengutarakan permasalahan dari sisinya. Jangan menyindir karena itu bisa bikin orang yang kamu sindir sakit hati. Dia juga bisa kok, cukup dewasa untuk mendengarkan unek-unekmu.



4. Jangan Maksain Senyum. Be Real.

Jangan maksa senyum!
Jangan maksa senyum! via images.wikia.com
Senyum yang dipaksakan gak akan membuat kamu terlihat manis. Suara yang dibikin-bikin sok halus gak akan bikin orang lain terpesona. Be real. Gak ada yang suka sama orang yang berpura-pura, apalagi kalau pura-puranya kelihatan banget. Jadi aja dirimu yang sebenarnya. Jangan dibuat-buat.


5.Temukan Motivasi Di Balik Setiap Tingkah Lakumu

Kenapa sih kamu begitu mudah bersikap nggak toleran? Apa motivasi kamu untuk selalu mempertanyakan hal-hal remeh, atau sedikit-sedikit mengkritik orang lain di depan umum? Memangnya perlu banget ya mencak-mencak di restoran hanya karena pelayannya lupa mengucapkan selamat datang? Perlu banget bilang kalau baju teman kerja kamu bikin badannya terlihat tambah besar?

Tanyakan dirimu sendiri: motivasi kamu berbuat begitu sebenarnya apa?

Kamu ingin merasa dihormati? Kamu ingin diakui sebagai orang yang lebih pintar? Kalau iya, berarti masalahnya ada di kamu yang kurang pede, bukan di orang-orang sekitar kamu!



6. Minta Orang Lain Membantu Kamu Jadi Lebih Baik

Kamu Butuh Bantuan
Kamu Butuh Bantuan via movies.inquirer.net
Jika kamu sudah mengakui bahwa kamu sedikit brengsek dan punya kesulitan besar memelihara sebuah hubungan, itu sendiri adalah hal yang bagus. Selanjutnya, kamu harus minta bantuan. Bicara pada teman dan keluarga minta pendapat mereka tentang dirimu. Tanya bagaimana bisa mereka mau berteman denganmu Minta saran agar kamu bisa menjadi lebih baik dihadapan mereka.


7. Temukan Role Model Yang Baik Bagi Kamu

Cari orang kamu kagumi kepribadiannya lalu jadikan dia panutan. Panutan bisa jadi orang yang kamu kenal, tokoh, seleb atau super-hero favorit kamu. Sudah saatnya kamu ganti attitude.


8. Lakukan Kegiatan Yang Bikin Kamu Senang

Rasa frustasi, kekecewaan dan ketidakpuasan menyebabkan kamu jadi brengsek. Buang jauh-jauh hal negatif itu dengan melakukan hal yang bikin kamu senyum, senang dan positif. Ketika kamu menjadi postif, ‘si brengsek’ tadi makin jauh dari kamu.



9. Sambung Lagi Urat Malu Kamu

Bukan hanya malu kalau berbuat salah, tapi juga malu ketika kamu menerima pujian. Prestasi memang harus dibanggakan, namun jika kamu keterusan dan sok pamer, orang yang melihatmu bakal kehilangan simpati. Terima pujian dengan rendah hati, dan berusahalah melakukan yang lebih baik lagi esok.



10. Tebus Kesalahanmu Yang Kemarin-Kemarin

Langkah kesepuluh ini baru kamu jalankan ketika benar-benar siap. Temui teman dan keluargamu, berbagi sepatah dua patah kata dengan orang-orang yang pernah kamu bikin kesal. Akui kalau kamu memang pernah jadi orang yang brengsek, tapi kini gak lagi. Tunjukkan kalau kamu sudah berubah sekarang.


Menyadari bahwa kita punya sifat yang jelek itu aja sulit, apalagi kalau mau mengubahnya. Tapi langkah-langkah ini sangat bisa dilakukan, kok. Yuk, sama-sama kita belajar menjadi pribadi yang lebih baik!




sumber: http://www.hipwee.com/hubungan/agar-kamu-disukai-banyak-orang/
gambar cover: danshi kokousei no nichijou
.

Ads

Daftar Isi