Ads

Rabu, 16 Juli 2014

Ukuran dan Kapasitas Bagian Organ Tubuh Manusia


Tubuh manusia merupakan keseluruhan struktur fisik organisme manusia. Tubuh manusia terdiri atas kepala, leher, batang badan, 2 lengan dan 2 kaki. Ketinggian rata-rata tubuh manusia dewasa sekitar 1,6 m (5-6 kaki). Ukuran tubuh manusia biasanya ditentukan oleh gen. Jenis dan komposisi tubuh dipengaruhi oleh faktor pascakelahiran seperti diet dan olahraga.

Pada saat manusia mencapai kedewasaan, tubuh terdiri dari hampir 100.000.000.000 sel. Masing-masing merupakan bagian sistem organ yang dirancang untuk melakukan fungsi kehidupan yang esensial. Sistem organ tubuh termasuk: kardiovaskular, kekebalan tubuh, pencernaan, pernapasan, ekskresi, perkemihan, muskuloskeletal, saraf, endokrin, dan reproduksi



MATA

Menurut penelitian, mata kita beresolusi 130 MP (per mata normal) dengan Super Amoled High Definitions yang sangat luar biasa dalam mode melihat dan merekam apapun di sekitar dengan suangat juernih tanpa kabur, patah-patah atau bahkan terbakar.

Jadi, jika satu mata saja 130 MP berarti dalam kondisi normal melihat, kita menggunakan media optik beresolusi 260 MP. Woow… Mata memiliki berat 7 gram, diameter 24 mm. Hebatnya, mata memiliki 130 juta sel fotoreseptor, sel yang mampu merubah cahaya menjadi sinyal yang akan diterima otak. Terdiri dari 6 juta sel kerucut dan 25 juta sel batang.



HIDUNG

Hidung adalah bagian yang paling menonjol di wajah, yang berfungsi menghirup udara pernapasan, menyaring udara, menghangatkan udara pernapasan, juga berperan dalam resonansi suara.Hidung Anda bisa mengingat 50.000 aroma yang berbeda.



OTAK

John von Neumann (orang pintar yang pernah jadi matematikawan, ilmuwan, engineer, dan birokrat) di Universitas Yale tahun 1956 pernah mengestimasikankapasitas otak manusia sebesar tiga puluh lima exabyte (satu exa = seribu peta = sejuta tera = semiliar giga)




AIR LIUR

Jumlah rata-rata air liur yang diproduksi manusia sepanjang hidup sekitar 24.000 liter. Jumlah tersebut bisa digunakan untuk mengisi 2 kolam renang ukuran besar.



USUS

Standar internasional yang berlaku untuk lapangan tenis selama ini adalah 36m x 18m atau seluas 648 m2. Artinya kalau dikatakan permukaan usus manusia jika dibentangkan luasnya 2 kali luas lapangan tenis, itu berarti sekitar 1.296 m2.

Jimmy Hariantono, PhD, ahli mikrobiologi dari PT Yakult Indonesia Persada mengungkap hal itu dalam coaching clinic di KidZania-Jakarta, Mal Pasific Place SCBD.



RAMBUT

Setiap manusia, rata-rata memiliki jumlah rambut sekitar 100.000 helai rambut di kepalanya.Rambut tumbuh lebih dari 10 milimeter per bulan. Itu sebabnya rambut merupakan bagian tubuh yang paling cepat tumbuhnya. Panjang pertumbuhan seluruh helai rambut di kepala Anda bisa mencapai 20 meterper harinya.



DARAH

Volume dalam tubuh bervariasi, pada orang dewasa volume darah sekitar 6 liter atau sekitar 7-8 % dari berat badan.
Misalnya berat badan 50 kilogram, berarti volume darah berkisar antara 3,5 liter sampai 4 liter.



TULANG

Pada tubuh manusia terdapat 206 tulang, dan tulang-tulang tersusun saling tersambung sehingga membentuk kerangka tubuh kita.
Pada setiap sambungan tuloang kita terdapat sendi. Sendi-sendi tersebutlah yang membuat nggota tubuh kita bergerak dengan luwes, contoh tulang pangkal lengan kita dihubungkan dengan tulang lengan duhubungkan dengan sendi engsel



LIDAH

Ada lebih dari 10.000 tunas pengecap pada lidah manusia, sel-sel ini tumbuh seminggu setelah itu digantikan oleh sel-sel yang baru. Sel-sel reseptor (tunas pengecap) terdapat pada tonjolan-tonjolan kecil pada permukaan lidah (papila). Sel-sel inilah yang bisa membedakan rasa manis asam, pahit dan asin.



OTOT

Sistem otot adalah sistem organ pada hewan dan manusia yang mengizinkan makhluk tersebut bergerak. Sistem otot pada vertebrata dikontrol oleh sistem saraf, walaupun beberapa otot (seperti otot jantung) dapat bergerak secara otonom. Manusia sendiri memiliki sekitar 650 jenis otot rangka.



GIGI

para peneliti memeriksa gigi predator pada kekuatan mekanik. Ditemukan, misalnya, bahwa struktur gigi dari berbagai jenis hiu sangat mirip. Terlepas dari kenyataan bahwa email gigi predator laut terdiri dari mineral fluorapatite sangat keras, dan enamel gigi manusia setidaknya dari mineral hidroksiapatit padat,gigi manusia lebih keras bila dibandingkan dengan gigi hiu, berkat struktur khusus mikro dan nano.

Ditemukan bahwa gigi dari kedua spesies tersebut memiliki struktur yang serupa, meskipun mereka hiu mako dan harimau menggunakan giginya dalam berbagai cara: mako merobek mangsanya sampai hancur, dan harimau memotongnya. Hydroxyapatite, komponen utama dari enamel manusia, juga hadir dalam tulang-tulangnya, kalah dengan kekuatan fluorapatite. Namun, kristal hidroksiapatit dalam gigi manusia terpaku dengan cara yang khusus, bila tumbuh tidak terjadi microkracks.



LAMBUNG

Lambung merupakan bagian yang paling lebar dari saluran pencernaan, mulai dari esophagus sampai duodenum dan berfungsi sebagai tempat penampungan makanan untuk kemudian dicerna dan menyerap sebagian kecil sari makanan. 

Lambung juga mengatur pengaliran hasil pencernaan tersebut ke usus kecil. Kapasitas lambung kurang lebih 1,5 liter, tetapi dapat melebar sampai 2-3 liter. pada bayi yang baru lahir kapasitasnya kira-kira 30 cc. Letak lambung dan bentuknya tergantung pada isi dan tingkat pencernaan,





sumber:
  • http://id.wikipedia.org/
  • http://www.kaskus.co.id/post/53bcc0061a997583678b4615#post53bcc0061a997583678b4615
  • http://www.kaskus.co.id/thread/53bd8466128b46b9728b46b2/?ref=homelanding&med=hot_thread
.

Ads

Daftar Isi