Ads

Rabu, 23 Juli 2014

7 Pelajaran yang bisa diambil dari Video Game


Seringkali video game dianggap sebelah mata. Padahal jika dilihat dengan lebih bijak kita bisa mempelajari banyak nilai-nilai kehidupan dari video game. Berikut diantaranya:




Banggalah Dengan Hasil Pekerjaanmu, Meski Itu Bukan Hasil yang Terbaik

Dalam kehidupan kita sering kali merasa sudah bekerja sekuat tenaga untuk melakukan sesuatu tapi pada akhirnya hasil yang kita peroleh tidak seperti yang kita harapkan. Tidak perlu kecewa, banggalah karena bagaimanapun juga kita telah berusaha keras untuk mencapainya.






Terkadang Bagian Terbaik Dari Satu Tujuan Adalah Proses Mencapainya

Banyak dari kita yang menilai sesuatu hanya dari hasil akhir atau nilai, contoh sederhananya adalah IPK atau ujian akhir. Padahal ada yang lebih penting dari nilai tersebut, yaitu bagaimana proses kita untuk mendapatkannya.





Tidak Semua Hal Bisa Dicapai Sendirian

Kita harus sadar bahwa semua orang punya batasan masing-masing dan tidak semua orang terlahir untuk menguasai segalanya. Jadi saat kamu 'mentok' untuk melakukan sesuatu, tidak ada salahnya untuk meminta bantuan orang lain.






Musuh Terbesar Kita Bisa Jadi Adalah Diri Kita Sendiri

Beberapa diantara kita pasti pernah menemukan keadaan dimana penghalang terbesar untuk mencapai tujuan adalah diri kita sendiri. Jadi sebelum menyalahkan orang lain atau keadaan lingkungan ada baiknya kita introspeksi diri terlebih dahulu.






Kepercayaan Sangat Sulit Didapat, Tapi Lebih Sulit Saat Kehilangannya

Hampir semua orang pasti sangat sulit percaya sepenuhnya pada orang lain yang baru mereka kenal. Tetapi sebaliknya jika kita sudah sangat percaya pada seseorang lalu tiba2 ia mengkhianati kepercayaan yang kita berikan tentu saja akan sangat mengecewakan dan sangat sulit untuk mempercayainya lagi.






Fokuslah Pada Hal-Hal yang Kita Kuasai

Ada satu cerita yang menarik, suatu ketika pelatih timnas Ping Pong Amerika berkunjung ke China. Ia menanyakan kepada pelatih ping pong China, "Kenapa tim kami tidak pernah bisa mengalahkan tim China?".

Pelatih tim China pun menjawab, "Di tim kalian, jika ada pemain yang menguasai backhand dan tidak menguasai forehand kalian pasti akan terus melatih forehandnya dan mengurangi latihan backhandnya. Sebaliknya di tim kami, jika ada pemain yang menguasai backhand kami akan terus melatih backhandnya sampai di level dia sangat menguasainya dan itu bisa menjadi senjata terkuatnya."






Tidak Pernah Ada Kata Terlambat Untuk Melakukan Hal Yang Benar

"Ah udah terlanjur juga biarin aja". Kata-kata itu sepertinya sudah sangat lumrah di negeri ini, kita sering kali skeptis atau nyerah duluan untuk memperbaiki sesuatu yang sudah terlanjur salah. Padahal sesungguhnya tidak pernah ada kata terlambat untuk memperbaiki sesuatu.



Kita bisa mempelajari hal-hal menarik dari berbagai hal, dari lingkungan dari pergaulan atau bahkan dari sesuatu yang tidak terpikirkan sebelumnya, video game!

Dan untuk kamu yang seorang gamer, ada baiknya tidak hanya fokus dari kualitas graphic sebuah game. Sebisa mungkin simak dan nikmati alur cerita dalam game tersebut, karena mungkin kita bisa mempelajari banyak hal disana.






sumber: 
  • http://www.kaskus.co.id/thread/53c2c86dbfcb17ce488b45af/inspiring-7-pelajaran-yang-diajarkan-video-game-pada-kita
  • Julia Lepetit from Dorkly 
.

Ads

Daftar Isi