Ads

Rabu, 16 Juli 2014

Suka Duka jika Kita Aktif ber-Organisasi


Organisasi, menurut wikipedia adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali. disini, saya akan berbagi pengalaman tentang suka duka aktif berorganisasi di sekolah.

Dukanya nih:

1. ketinggalan pelajaran

karena terlalu sibuk ngurusin organisasi, kadang kita sampe mengorbankan tujuan utama pergi ke sekolah, yaitu belajar. sering ijin keluar kelas buat ngurus event, perwakilan sekolah, dsb. alhasil, kita ketinggalan pelajaran dan dapet nilai pas-pasan.




2. kurang disukai guru


karena seringnya ijin keluar kelas, bisa jadi kita jadi inceran guru killer buat diomelin. sebenernya kalo siswanya pinter, sering ijin keluar kelaspun kagak masalah sih. soalnya tetep bisa ngikutin pelajaran.
ah.. andai saja saya rada pinteran dikit..




3. kehilangan waktu bermain


biasalah, kita juga butuh waktu bermain sama temen temen. tapi bisa jadi kita kehilangan waktu bermain gara gara sibuk berorganisasi. pulang sekolah, temen temen pergi futsal, kita ngurus organisasi. hari libur, temen temen liburan, kita ngurus organisasi. malem minggu, temen temen keluar maen+jalan-jalan, kita malah ngurus organisasi...




4. punya masalah yang lebih kompleks


biasanya temen temen yang lain cuman mikirin gimana caranya agar nilai bisa bagus. tapi kita yang ikut organisasi punya masalah yang lebih kompleks. gimana caranya biar punya event gede, gimana caranya biar event sukses, gimana caranya biar nilai tetep bagus..




5. Dimarahin orang tua


kadang kadang kita lupa diri dan terlalu sibuk berorganisasi. akhirnya ortu pun turun tangan. .




tetapi ada juga sukanya:


1. melatih mental

itulah kebanyakan tujuan utama seseorang terjun ke dunia organisasi. untuk melatih mental. dengan berorganisasi, kita jadi terbiasa bicara di depan banyak orang, mental kita terlatih. alhasil jiwa kepemimpinan kita terlatih..




2. belajar bekerja di dalam team

di dalam organisasi, kita terbiasa punya beragam opini. tiap orang pemikiranya bisa berbeda. tapi kita harus bisa menekan ego masing masing, bermusyawarah, hingga tercipta kerja team yang bagus..



3. Melatih kemampuan manajemen waktu


sebagai siswa, tujuan utama adalah belajar. organisasi cuma kegiatan sampingan siswa. jadi jangan sampai kita terlalu sibuk berorganisasi hingga melupakan tujuan utama. karena itulah kita terbiasa melatih kemampuan menyeimbangakan waktu antara organisasi dan akademik juga berkomitmen dengan apa yang telah kita niatkan sedari awal. (yang ini paling susah biasanya..)




4. Punya banyak kenalan

Biasanya yang aktif berorganisasi dan ikut event gede pasti banyak kenalan. gak hanya dari temen sekelas, tapi juga dari satu sekolah, bahkan dari luar sekolah sampai luar kota pun punya. soalnya di event gede berkumpulah para siswa teladan dari puluhan sekolah. jadi bisa kenalan sama para siswa itu. apalagi kalo ada yang cakep.. wkwk




5. Ketika event kita sukses, Rasanya dunia ini milik kita sendiri


Saya sama temen temen organisasi dulu pernah bikin event pertandingan basket yang lumayan gede. dan alhamdulillah, event tersebut lumayan sukses. saat partai final berakhir, segala masalah dan kesusahan seperti meluap dari diri kami, menyisakan euforia yang luar biasa. rasanya, dunia ini milik kita sendiri..




sumber: http://www.kaskus.co.id/thread/53c3529f0f8b46f9238b45d7/?ref=homelanding&med=hot_thread
.

Ads

Daftar Isi