Ads

Rabu, 09 Juli 2014

21 Cara Simple Agar Kamu Lebih Produktif

Sebagai generasi muda yang punya semangat juang tinggi, pastinya kamu ingin lebih produktif untuk melakukan sesuatu hal. Kamu bisa memicu produktivitasmu melalui langkah-langkah kecil dan bertahap. Berikut ini 21 tips sederhana yang dapat membantumu untuk bisa lebih produktif lagi:

1. Tetapkanlah Sistem, Bukan Hanya Cita-Cita

Sistem yang baik akan membantu mencapai tujuanmu
Sistem yang baik akan membantumu menggapai cita-cita via centum.es
Bergantung pada cita-cita saja nggak akan cukup. Kamu harus bisa menciptakan sebuah sistem demi mencapai tujuanmu itu. Bercita-cita menciptakan hubungan yang harmonis dengan klien tak akan cukup, kamu harus aktif menghubungi mereka dan bertanya apa yang bisa kamu lakukan dengan lebih baik. Fokuslah pada apa yang harus kamu lakukan, alih-alih apa yang kamu harapkan.



2. Buat Keinginan Yang Sulit Didapat

Kenyamanan akan membuatmu malas
Kenyamanan akan membuatmu malas via www.sarikohn.de
Ketika kamu merasa bahwa sesuatu itu mudah dicapai, kamu rentan malas untuk berusaha. Jadi agar tetap produktif, buatlah keinginanmu sulit dicapai. Kadang kamu nggak sadar, kalau yang bikin kamu males dan nggak produktif itu karena kamu udah terlalu nyaman.



3. Maksimalkan Tugas Yang Paling Penting

Prioritaskan ha terpenting
Prioritaskan ha terpenting via www.afreshspace.com
Buatlah skala prioritas. Utamakan hal-hal yang paling penting bagimu. Utamakan hal-hal yang bisa membuatmu mencapai sebuah kesuksesan. Utamakan hal-hal yang paling bisa menambah penghasilanmu. Eliminasi hal-hal lain yang sekiranya tidak begitu penting untuk kamu lakukan.




4.  Buatlah Daftar Pekerjaan Yang Lebih Efektif

Buatlah to-do list yang efektif
Buatlah to-do list yang efektif via lifehacker.com
Agar lebih produktif dan efektif, cobalah untuk membuat “To-do list 1-3-5.” Tulis 1 prioritas utama yang harus kamu lakukan. Lalu tulis 3 hal prioritas menegah yang ingin kamu lakukan, dan tulis 5 hal kecil yang yang tidak begitu wajib untuk kamu lakukan.
Kamu tetap harus menjadi orang yang fleksibel dalam menghadapi sesuatu yang akan datang padamu, tapi dengan membuat daftar seperti ini setidaknya bisa membantumu untuk memprioritaskan pekerjaan yang penting bagimu.



5. Buatlah Batas Waktu Untuk Mengerjakan Hal Penting

Berilah batasan waktu
Berilah batasan waktu via www.ou.org
Jangan habiskan seluruh waktumu hanya untuk mengerjakan tugas-tugasmu. Buatlah batas waktu sendiri untuk mengerjakan dan
menyelesaikan hal-hal terpenting.Dengan memberikan tenggat waktu, kamu terpacu lebih fokus, lebih bersemangat, dan pekerjaanmu menjadi lebih cepat selesai.




6.  Berhentilah Di Tengah-Tengah

Berhenti sejenak di tengah-tengah
Berhenti sejenak di tengah-tengah via www.zastavki.com
Seperti kata novelis dan cerpenis Amerika Ernest Hemingway: “Cara terbaik adalah berhenti saat kamu melakukan sesuatu yang bagus dan ketika kamu tahu apa yang akan terjadi selanjutnya. Jika kamu melakukannya setiap hari.. kamu tidak akan pernah terjebak.”
Ketika kamu berhenti di tengah-tengah pekerjaanmu, kamu tahu  apa yang telah kamu lakukan, sehingga kamu bisa memprediksi dan merencanakan apa yang akan kamu lakukan selanjutnya.



7. Lakukan Pekerjaan Rumah

Cobalah mengerjakan pekerjaan rumah
Cobalah mengerjakan pekerjaan rumah via alphaspringcleaning.com.au
Meskipun kamu harus fokus pada hal-hal paling penting di daftar pekerjaanmu, kamu juga masih punya beberapa hal kecil yang harus kamu lakukan. Misalnya saja, tugas rumahan. Ketika kamu sedang jenuh akan tugas utamamu, cobalah untuk mengambil jeda dan membersihkan rumah atau kamarmu. Cara ini bisa membuatmu tetap merasa produktif meskipun kinerja profesionalmu sedang kurang maksimal.



8. Berani Katakan “Tidak”

Katakan tidak untuk melindungi waktumu
Katakan tidak untuk melindungi waktumu via memarketingservices.com
Kamu adalah orang yang sopan, hormat, dan penolong. Kamu ingin menjadi pemain yang kooperatif dalam tim kerjamu. Tapi, kalau kamu terus berkata iya pada hal-hal yang sebenarnya nggak kamu relakan, kamu akan mudah merasa terbebani dan kewalahan. Beranilah untuk mengatakan “tidak” — setidaknya sesering kamu mengucapkan kata “ya”.
Kamu masih akan tetap menjadi orang yang sopan kok saat kamu sedang melindungi waktumu sendiri. Kamu harus bisa menjaga waktumu. Waktu adalah aset berharga yang tidak sayang untuk disia-siakan.



9.  Mulai Dari Yang Kecil Agar Lebih Ringan

Mulai dari langkah kecil dahulu
Mulai dari langkah kecil dahulu via www.goodreads.com
Ketika kamu ingin melakukan kebiasaan baru, mulailah dari langkah kecil terlebih dahulu sehingga usahamu benar-benar berjalan. Tetap lakukan itu meskipun untuk memulainya memang sulit. Tapi yakinlah kebiasaan barumu lama-lama akan terbentuk dan akan berjalan.



10. Seringlah Beristirahat

Sering-seringlah beristirahat sejenak
Sering-seringlah beristirahat sejenak via www.truelocal.com.au
Menambah frekuensi beristirahat adalah cara yang baik untuk me-refresh otak dan mengisi energimu kembali. Jika kamu melakukan pekerjaan selama 25 menit, luangkan waktu 5 menit untukberitirahat sejenak. Sering beristirahat adalah salah satu cara untuk menghindari rasa lelah yang berlebihan.




11. Kerjakan Tugasmu Sekarang Juga, Meskipun Hanya 2 Menit

Meskipun hanya sedikit, jangan ditunda
Meskipun hanya sedikit, jangan ditunda via www.smartenergysolution.it
Ketika kamu mempunyai pekerjaan yang mudah dan kamu bisa menyelesaikannya dalam waktu kurang dari 2 menit, jangan pernah
menundanya. Kerjakanlah sekarang juga. Lagipula kalau kamu meletakkannya prioritas pengerjaan tugas itu di bagian bawah to-do list, bukankah sebenarnya ada saja tugas lain yang harus kamu selesaikan?



12. Buat Jadwal Untuk Beristirahat

Luangkan waktu untuk beristirahat
Luangkan waktu untuk beristirahat via crazy-frankenstein.com
Kamu punya waktu beristirahat bukan karena kebetulan. Rencanakan waktu luangmu — tanggal berapa dan untuk berapa lama kamu mau mengambil rehat dari pekerjaan rutinmu? Rencanakan juga kegiatan menyenangkan yang ingin kamu lakukan di waktu luang itu. Dengan ini, kamu akan tahu bahwa tak ada alasan lagi untuk menunda-nunda pekerjaan. Semua harus bisa diselesaikan tepat waktu agar rencana liburanmu tidak kandas dimakan rasa malas.



13. Olahraga Di Pagi Hari

Olahraga pagi membuatmu leih produktif
Olahraga pagi membuatmu leih produktif via wellness.leisurefitness.com
Olahraga bisa menambah energi, membuatmu lebih sehat dan cerdas, serta meningkatkan mood-mu hingga 12 jam setelah aktivias itu. Berolahragalah selama 20 menit di pagi hari, maka kamu akan lebih produkif sepanjang hari.



14. Konsumsi Makanan Sehat Setiap Hari

Konsumsi makanan yang mengandung banyak protein
Konsumsi makanan yang mengandung banyak protein via zigomatico.com.br
Makanan adalah sumber energi untukmu. Makanlah makanan yang lebih bergizi, yang banyak mengandung protein. Makan juga sayur-sayuran dan buah-buahan pada saat makan siangmu. Kalau kamu sempat, bawalah makanan dari rumah sendiri, karena sudah pasti terjaga kebersihannya.




15. Perbanyak Minum Air Putih

Rajin meminum air putih
Rajin meminum air putih via image.gyartastrend.hu
Kamu pasti udah tahu kan, banyak banget manfaat minum air putih. Sayangnya, kebiasaan untuk rajin meminum air putih belum banyak dimiliki orang. Padahal banyak minum air putih akan berfungsi menahan rasa lapar, membuatmu lebih berenergi, dan mencegah tertularnya penyakit. Selain itu, kamu pastinya jadi lebih sering ke toilet — yang akan membuatmu jadi lebih aktif sepanjang hari.




16. Tidur Siang

Tidur siang bikin kamu lebih kreatif
Tidur siang bikin kamu lebih kreatif via infosmi.net
Sempatkan untuk tidur siang sebentar. Tidur siang dapat meningkatkan kreativitas, daya ingat, serta kemampuanmu untuk fokus.



17. Luangkan Banyak Waktu Untuk Orang-Orang Yang Kamu Sayang

Luangkan waktu berkumpul dengan orang-orang yang kamu sayangi
Luangkan waktu berkumpul dengan orang-orang yang kamu sayangi via 5z3udk.assets-01.cdndrive.com
Pikirkan orang-orang yang ada di sekitarmu. Siapakah yang bisa membuatmu merasa termotivasi, lebih bersemangat, dan lebih bahagia? Luangkan banyak waktu untuk berkumpul bersama mereka. Kelilingi dirimu dengan orang-orang yang bisa meningkatkan kualitas hidupmu.



18. Bersyukur Sebelum Tidur

Sykuri apa yang sudah kamu miliki
Sykuri apa yang sudah kamu miliki via drtihanyi.com
Saat sebelum tidur, renungkan hal-hal apa saja yang telah terjadi padamu. Berhentilah mengkhawatirkan hal-hal yang belum kamu miliki. Pikirkan hal-hal yang sudah kamu miliki. Dan banyak-banyaklah bersyukur atas apa yang sudah kamu miliki. Hitunglah hal-hal yang seharusnya kamu syukuri, kamu akan bisa berpikir jauh lebih positif.



19. Cari Tahu, Jangan Sekedar Menghapal

Berfikir, jangan hanya mengingat saja
Berfikir, jangan hanya mengingat saja via ruidelgado.com
Jangan paksa otakmu untuk mengingat daftar mengenai hal-hal yang harus kamu lakukan, atau informasi-informasi penting. Daripada hanya mengingat, lebih baik kamu menggunakan pikiranmu untuk mencari tahu tentang hal apa yang sebaiknya kamu lakukan.



20. Matikan Semua Reminder

Matikan semua pengingat
Matikan semua pengingat via torradastostadas.com
Matikan semua reminder di handphone atau email. Setiap kali reminder-mu berbunyi, konsentrasimu akan pecah. Setiap satu jam sekali, lihatlah apa yang terjadi di sekitarmu. Cari tahu: apakah kamu melewatkan sesuatu? Ketika kamu yakin kamu tidak melewatkan satu apapun, harimu berjalan lancar, konsentrasimu tak pecah, dan kamu juga akan terlatih untuk lebih fokus.



21.  Buat Dirimu Terpacu Oleh Kesuksesan-Kesuksesan Kecilmu

kesuksesan kecil dapat menginspirasimu
kesuksesan kecil dapat menginspirasimu via blog.edgeaurora.com
Kesuksesan, meskipun kecil skalanya, dapat memotivasimu untuk menciptakan kesuksesan-kesuksesan lainnya. Lakukan langkah kecil, lakukan terus menerus, dan suatu hari nanti mimpi besarmu akan menjadi kenyataan.

Untuk bisa menjadi orang yang sukses, kamu wajib untuk bisa terus produktif dan pintar dalam menggunakan waktunya. Semoga tips ini dapat memotivasimu untuk bisa lebih produktif lagi ya guys!




sumber: http://www.hipwee.com/inspirasi/21-cara-simpel-agar-kamu-lebih-produktif/
gambar cover: tvtropes.org
.

Ads

Daftar Isi