Ads

Selasa, 22 Juli 2014

Fakta dan Mitos Seputar Game Master


Buat kamu yang sering main game terutama game online pasti kenal dengan yang namanya GM atau Game Master dong? Tapi tahukah kamu apa sebenarnya tugas seorang GM itu? Sebelum melangkah lebih jauh, saya mau kasih 1 Fakta yang akan buat beberapa orang dari kamu terguncang.



GM / Game Master = Customer Service Representative
Gak Percaya? yuk kita bahas satu per satu....



1. GM Pasti Jago Programing, Networking dan Server


Langsung aja, kita simak beberapa Lowongan pekerjaan GM dari publisher-publiher game dalam negeri..


GM Point Blank
[LoKer]
Recruitment Game Master Point Blank :
[Job Description]
- Mengatur dan mengoperasikan game Point Blank Indonesia
- Menangani berbagai pertanyaan dan keluhan User
- Mengelola Forum, Fan Site , dan Mailing dari User
[Persyaratan]
- Orang yang memiliki pengalaman seputar Point Blank atau Game Lainnya
- Kreatif dan memiliki Semangat terhadap Game Point Blank
- Disiplin, Rajin, Sehat, Jujur dan Mempunyai tanggung jawab
- Dapat Berkomunikasi yang baik dalam bahasa Inggris untuk bekerja
- Antusias, bisa belajar dengan cepat dan proaktif
- Dapat bekerja Sendiri maupun Kelompok
- Siap bekerja dengan Giat
- Siap bekerja diluar jam kerja (Over Time)
- Lampirkan NickName dan Clan kamu



GM Lyto
Game Master (GM)
Jakarta Raya

Requirements:

  • Pria (usia min 22 tahun dan maks 28 tahun).
  • Pendidikan Minimum D3 atau setara.
  • Memiliki kemampuan baik dalam Microsoft Office.
  • Mampu berbahasa Inggris dengan baik dan benar.
  • Loyalitas tinggi dan bertanggung jawab.
  • Suka dan expertise di Game Online.
  • Bersedia shift malam.
  • Memiliki dedikasi dan loyalitas tinggi.
  • Bersedia dinas luar kota.
  • Kreatif dan mempunyai inisiatif.
  • Nilai tambah bagi yang memiliki pengalaman bekerja dibidang game online



GM VTC Online
Game master
Job Description :
- Memantau game.
- Menjawab pertanyaan dan keluhan player.
- Berinteraksi dengan player.
- Memeriksa, menguji, dan melaporkan bug
- Mengawasi dan memeriksa informasi atau keluhan player di forum.
- Memberikan dan menyusun ide-ide untuk event game.
- Pengawasan event dalam game atau lokasi event offline.
- Membangun dan menjaga komunitas baik secara offline maupun online
- Menguji patch ataupun update terbaru dari developer.
- Bersedia mengikuti dan menjalankan event offline di jakarta atau diluar kota

Persyaratan :
- Wanita / Pria usia maksimal 25 tahun.
- Minimum SMA atau sederajat.
- Memiliki pengetahuan yang baik dalam game online, terutama yang telah di publish di Indonesia.
- Mampu mengaplikasikan Microsoft Office.
- Bisa bahasa Inggris dengan baik (lisan dan tulisan).
- Memiliki pengetahuan yang baik tentang forum game & website.
- Memiliki pengetahuan yang baik tentang masalah pada PC.
- Mampu bekerja dengan deadline
- Mempunyai manajemen waktu yang baik.
- Gemar bermain game PC (offline & online).
- Bersedia untuk bekerja shift.
- Bersedia melakukan event Offline di luar kota.

Kalau kamu cermati beberapa lowongan di atas, tidak ada satupun publisher yang mensyaratkan kemampuan programing dan networking sebagai salah satu syarat untuk melamar menjadi GM. Bahkan dua kemampuan itu memang gak masuk ke job description seorang Game Master.

Kesimpulan: MITOS




2. GM Harus Bisa Benerin Bug, Error & Cheat



Seperti saya sebut di awal, tugas utama Game Master pada dasarnya adalah sebagai perwakilan Customer Service in Game. Tugas utama GM umumnya adalah menerima keluhan dari pelanggan (Player) tentang berbagai macam hal mulai dari bug, cheat, error dan lainnya untuk dilaporkan ke bagian lain seperti Developer & System Admin yang akan memperbaiki masalah tersebut. Saya ulangi sekali lagi, GM hanya menerima keluhan, kemudian melaporkan ke bagian yang bersangkutan untuk di perbaiki.

Kesimpulan: MITOS





3. GM Kerjanya Lambat / Magabut!



Kita semua tau bagaimana mental pemain game online Indonesia, ya meskipun gak semuanya tapi kebanyakan sering bilang kayak gini, "JING GM BENERIN TUH BUG", "TOD NICH GM GAK ADA KERJANYA, CHEATER MERAJALELA GAK DI BANNED". Nah daripada maki-maki seperti itu mari kita liat alur kerjanya:

Bug / Error / Cheat > Player > GM > Developer / System Admin > Patch > GM > Problem Solving!


Bisa dilihat sendiri kan, Cepat lambatnya masalah in game di selesaikan tidak selalu di karenakan GM nya lambat, tapi lebih ke berapa lama Developer bisa benerin bug nya dan kasih patch nya.

Kesimpulan: MITOS





4. GM Itu Kerjanya Enak, Main Game Terus Dapet Duit




Tugas utama GM sendiri sebenarnya sudah cukup berat apalagi mengingat mental-mental Gamer MMO Indonesia kebanyakan. Jika tugas menerima keluhan ini kurang berat, perlu kamu ketahui GM juga bertanggung jawab sebagai wasit / referee yang menentukan user di banned, patch implementor, mencari penyebab bug / error terjadi sebelum di laporkan ke developer, dan bahkan beberapa Publisher ada yang cukup kejam menyuruh GM bertugas double sekaligus sebagai Moderator/Admin di forum dan fanspage game nya masing2. Bisa bayangin gak? Udah di maki2 di game, di email juga, di Thread & Sosmed juga.

Kesimpulan: MITOS





5. GM Pasti Jago Main Game
Agak sulit nentuin point yang ini, karena jago atau enggak pasti relatif tergantung gamenya. Tapi pada dasarnya persyaratan untuk jadi GM di sebagian besar publisher adalah harus sudah paham dengan dunia game online. Jadi GM biasanya memang orang yang sudah berpengalaman dengan dunia game.

Lagipula GM biasanya di kasih previlage bisa merubah status dan equip char nya sesusa hati (meski ini lebih untuk keperluan testing), ya meski GM nya gak jago kalau nyawanya infinite dan sekali colek musuhnya mati ente mau bilang apa.

Kesimpulan: Fakta



Well, Fakta & Mitos seputar Game Master ini cukup menarik buat saya, karena meski game online di Indonesia sudah berjalan cukup lama mulai dari era Ragnarok, GunBound hingga sekarang tetapi masih banyak Gamer Indonesia yang belum tau apa itu sebenarnya Game Master / GM. Dan karena ketidaktauannya ini mereka dengan mudahnya menyalahkan GM atas semua masalah yang terjadi di dalam game.

Tapi apa salah Gamer complain ke GM kalau ada masalah? Ya tentu tidak, kan saya juga bilang pada dasarnya GM adalah customer service, asal tidak berlebihan, jelas, dan tidak mengarah pada personal insult. Salah satu customer service ISP di Indonesia pernah bilang ke saya, "Begini ya pak, kami CS memang disediakan untuk dimaki-maki pelanggan, tapi harap bapak tau meski bapak telepon 100 kali sehari atau mau teriak-teriak sampai pita suaranya putus kalau Admin kami belum solve masalahnya ya tetap akan terus masalah."

Sebagai tambahan, ada 1 thread menarik tentang Curhatan seorang GM tentang beratnya jadi GM di Indonesia, langsung aja disini.





sumber: http://www.kaskus.co.id/thread/53c8889350741011078b45c4
.

Ads

Daftar Isi