Ads

Minggu, 26 Oktober 2014

Tips dan Trik Membuat Video Stop Motion



Yap, kali ini kami mau share tips-tips bikin stopmotion cuma dengan menggunakan kamera handphone dan beberapa barang penunjang. 

Pasti udah pada tau kan apa itu stopmotion? kalo kagak tau cari di google aja yaa. Langsung aja dah ah...



1. Persiapan Sebelum Mulai 

Sebelum mulai buat bikin stopmotion, kami rekomendasikan kalian untuk mempunyai barang di bawah ini:


a. Tripod Minipod


Tripod ini lumayan berperan penting untuk membuat video stopmotion, supaya keliatan rapih dan nggak goyang-goyang.




b. Tombol Shutter (tidak wajib)


Alat ini juga bagus nih untuk dipakai buat bikin stopmotion. Jadi nggak perlu nyentuh-nyentuh handphone kamu lagi buat ambil foto yang akan dijadiin stopmotion. Tapi barang ini nggak wajib punya kok, soalnya kami juga nggak make ginian sih.




c. Software Video Editor


Ini juga penting sih. Buat pemula gunain aja yang mudah buat di gunain seperti movie maker atau AVS video editor. Untuk pengguna macbook bisa juga di iMovie. kami sendiri kalo buat stopmotion pake Sony Vegas Pro.

Selain untuk menggabungkan foto-foto menjadi video stopmotion, video editor ini juga bisa kamu gunain untuk menambahkan suara atau musik, bisa juga efek-efek khusus gitu.






2. Menggeser/Menggerakan Kamera Saat Shooting


Kalo kalian mau buat stopmotion kayak begini






otomatis kamu perlu menggerakan kameranya juga, kalian bisa menggunakan 2 cara yaitu :

a. Cara Pertama

 

Pakai apapun yang mempunyai roda dan permukaannya datar. Misal, skateboard.



b. Cara Kedua


Pakai kardus agar mudah menggerakan/menggeser kamera.








3. Membuat Stopmotion Langsung dari App Android

Nah, ini sih buat kalian yang nggak mau ribet sama software video editor. Nama app ini adalah "Lapse It". 

Fungsi utama dari app ini adalah untuk membuat timelapse, tapi bisa juga di gunain untuk ngebuat stopmotion. Kalo bisa download yang versi "pro" nya yee..



Klik disini untuk download






4. Lighting



Jangan remehkan masalah pencahayaan loh gan, ini juga penting. Pastiin cahaya di sekitar objek stabil dan nggak labil, misal ntar-ntar agak gelap, ntar-ntar agak terang, jadinya bakal jelek nanti stopmotionnya.

Bahkan lebih bagus lagi kalo kalian punya peralatan lighting, tapi agak mahal keknya Yaa, pokoknya intinya pencahayaan di sekitar objek stopmotion jangan labil ya..





5. Guidelines



Jika smartphone kamu mempunyai fitur guidelines, gunakanlah fitur ini. Fitur ini cukup membantu untuk mengetahui perbedaan foto sekarang dengan foto sebelumnya.






Kunci utama untuk ngebuat stopmotion sih "be creative" Uji kreatifitas kamu dengan membuat sesuatu yang unik dan beda daripada yang lain.

Ohiya, jangan lupain juga faktor "niat". Tanpa ini kami yakin stopmotion bikinan kita bakal berenti di tengah jalan atau nggak sama sekali, dan hasil video stopmotionnya jadi nggak maksimal.





Tambahan :

Kalo pake iOS, tombol shutter nya lebih baik pake earphone bawaan apple nya biar ga cape mencet tombol dan ga perlu beli tomsis lagi.

trus pake app Party Party di ios, applikasinya berbayar. simpel dan user friendly menurut kami, bisa bikin gif juga. cuma kekurangannya cuma bisa bikin video yang dimensinya kotak.



semoga info dari kami membantu kalian yang mau bikin stop motion video.




.

Ads

Daftar Isi