Ads

Jumat, 10 Oktober 2014

Olahraga Tradisional Indonesia




1. Pencak Silat



Pencak Silat merupakan bagian dari kebudayaan masyarakat Indonesia yang sudah berkembang sejak jaman dahulu kala. Pencak silat berakar pada budaya Melayu dan telah dikenal luas di berbagai Negara seperti Malaysia, Brunei, dan Singapura. 

Pencak silat di Indonesia tidak hanya satu macam saja. Banyak versi olahraga pencak silat yang berkembang sesuai dengan nilai budaya masyarakat setempat. Misalnya pencak silat aliran Cimande yang konon bermula dari kisah seorang perempuan yang menyaksikan pertarungan antara harimau dengan kera, kemudian meniru gerakan kedua hewan tersebut.





2. Sepak Takraw


Sepak Takraw adalah Olahraga dimainkan dengan cara seperti bermain sepakbola dan bola voli, tetapi dilakukan di lapangan bulu tangkis. Olahraga ini berasal dari zaman Kesultanan Malaka (1402-1511) dan disebut juga dengan nama sepak raga. Jumlah pemain dalam sebuah permainan adalah tiga orang untuk masing-masing regu.

Pemain sepak takraw tidak boleh menyentuh bola dengan tangan, dan hanya boleh menggunakan kaki mereka sehingga sekilas gerakan-gerakan dalam permainan sepak takraw mirip dengan gerakan seni bela diri. Olahraga ini telah sejak lama ‘diperebutkan’ atau diklaim oleh berbagai Negara dari mulai Malaysia, Laos, Filipina, hingga Thailand.

Walaupun bukti-bukti yang kuat dari pakar sejarah bisa membuktikan bahwa sepak takraw adalah olahraga tradisional yang berasal dari Sulawesi Selatan, tidak akan ada artinya jika kita sebagai rakyat Indonesia tidak mempertahankannya dan melestarikannya. Jangan sampai setelah terlanjur kecolongan baru kita kebakaran jenggot.




3. Egrang



Egrang merupakan olahraga yang berasal dari daerah jawa. biasanya sering dijumpai saat perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indnesia sebagai salah satu olahraga yang dilombakan. Egrang termasuk olahraga yang murah karena hanya membutuhkan bambu dan kayu saja sebagai bahannya.




4. Karapan Sapi



Karapan Sapi adalah olahraga pacuan sapi yang berasal dari daerah Madura. Dalam permainan ini, sepasang sapi lah yang ‘berolahraga’ dengan menarik semacam kereta kayu melewati lintasan sepanjang 100 meter. 

Joki sapi atau penunggang sapi hanya perlu berdiri di kereta kayu dan mengendalikan laju sapi-sapinya agar tidak oleng. Tetapi jangan dikira menjadi joki karapan sapi itu pekerjaan yang mudah ya, karena tentu saja diperlukan latihan dan keahlian yang khusus..




5. Tarik Tambang



Mungkin olahraga ini masih populer karena masih sederhana kali ya. dari namanya saja sudah tau kalau olahraga ini itu menarik tambang, tambang yang ditarik itu bukan sembarangan karena ada lawan juga yang menarik dari arah berlawanan.





6. Bakiak



Sama halnya dengan bakiak, olahraga ini biasanya sering muncul saat perayaan HUT Kemerdekaan Indonesia sebagai olahraga yang dilombakan. bakiak ini dimainkan sedikitnya 3 orang dlama satu kelompok. Mereka berlomba untuk samaapi ke garis finish duluan dengan menggunakan bakiak.




7. Perahu Naga



ini merupakan olah raga dayung. Yang berbeda perahunya dilengkapi dengan dekorasi seperti naga. Olahraga ini bahkan sudah menjadi salah satu olahraa resmi yang diselnggarakan di SEA GMAES dan biasanya kita dapet medali emas..




Yang Mulai Hilang. . .




1. Galah Asin



Galah Asin atau gobak sodor ini dulu masih sering dimainkan, namun sekarang sudah menghilang ditelan zaman. Permainan ini dimainkan secara berkelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 3-5 orang. 

Permainan ini mulai menghilang karena semakin sempit pula lahan yang bisa di uakan. permainan ini memang membutuhkan lahan yang besar.



2. Panthol



Pathol adalah olahraga gulat tradisional yang berasal dari Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Konon permainan Pathol telah ada sejak jaman Majapahit, yang awalnya merupakan acara sayembara untuk mencari kesatria terbaik yang bisa menjaga pelabuhan Tuban yang pada waktu itu ramai oleh perompak dan penyamun.



3. Sepak Raga



Olahraga ini biasanya dimainkan oleh remaja. Permainan ini remaja memainkan bola yang pada dasarnya terbuat dari rotan. Permainan ini bertujuan untuk menunjukkan keahlian memainkan bola tersebut. Dahulu permainan ini biasanya digunakan untuk memikat hati wanita.




4. Boy-Boyan



Ini masih masuk dalam kategori olahraga. Permainan ini biasanya terdiri dari 2 tim, tim satu yang bertahan dan satu laginya menyerang. Oahraga ini mulai menghilang karena keterbatasan lahan yang bisa digunakan.




Apa salahnya kalau kita mengingat lagi olahraga yang berasal dari Indonesia. Bahkan kalau perlu kita andil dalam melestarikannya
Jangan baru pas diklaim negara lain, kita baru teriak-teriak. Tapi kalau suruh melestarikannya ogah-ogahan..





sumber:
  • http://www.kizzio.com/111-olahraga-tradisional.htm
  • http://ammarhamzah9.wordpress.com/2013/07/06/olahraga-dan-permainan-tradisional-di-indonesia/
.

Ads

Daftar Isi