Ads

Sabtu, 18 Oktober 2014

6 Hal Aneh yang Terjadi saat Tidur



Bagi sebagian besar orang, tidur merupakan kegiatan yang dapat membuat mereka merasa damai dan tenang. Namun bagi sebagian orang lainnya, seringkali muncul perilaku aneh saat tertidur. 

Menurut beberapa penelitian, hal-hal ini terjadi tergantung pada kegiatan yang mereka lakukan di siang harinya. Gangguan ini sendiri disebut dengan parasomnia atau melakukan hal aneh saat tidur..



1. Berjalan saat tidur



Perilaku yang juga dikenal dengan istilah sleepwalking ini umumnya terjadi pada anak-anak dengan kelompok usia 4-8 tahun dan berlangsung hingga usia remaja. Gejala lain yang biasanya mengiringi adalah buang air kecil di lemari..




2. Merasa seperti jatuh



Seringkali ketika Anda tidur, Anda akan merasa seperti akan terjatuh atau dikenal dengan istilah hypnagogic. Diperkirakan ditemukan hampir 70% orang mengalami gangguan ini. Hypnagogic sering terjadi karena Anda berhalusinasi akan suara keras atau sensasi jatuh yang berasal dari otak Anda..



3. Sleep paralysis



Sleep paralysis atau badan terasa seperti ditindih saat tidur sering dikaitkan dengan hal misteri. Padahal sebenarnya gangguan ini terjadi karena Anda mengalami gangguan pernapasan beberapa detik saat tidur. Sehingga sleep paralysis juga diiringi dengan kesulitan untuk berbicara..



4. Sleep eating



Selain berjalan saat tidur, sleep eating atau makan saat tidur juga menjadi perilaku tidur yang cukup umum. Orang dengan gangguan ini akan cenderung untuk makan dalam jumlah besar namun tidak disadari..




5. Night terrors



Gangguan tidur ini mirip dengan mimpi buruk. Namun gangguan ini tidak dianggap sama dengan mimpi sebab hal ini adalah reaksi dari ketakutan yang tersimpan di alam bawah sadar Anda..



6. Sleep talking



Berbicara saat tidur atau somniloquy atau ngalindur terjadi ketika seseorang tidur namun tiba-tiba membuat suara atau seperti berbicara. Biasanya terdapat beberapa alasan medis yang mendasarinya.





sumber: http://www.merdeka.com/sehat/6-hal-aneh-yang-terjadi-saat-tidur.html
.

Ads

Daftar Isi