Ads

Senin, 16 Juni 2014

Keterampilan Hidup yang harus dimiliki para Remaja agar tidak menjadi ABG Labil


Sebagai Seorang remaja kita dituntut untuk dapat hidup mandiri (Bukan MANDI sendiRI karena secara langsung kita akan menjalani liku-liku kehidupan ini. Oleh karena itu Sebagai remaja Kita dituntut untuk mempunyai Keterampilan Hidup.

Apa Itu Keterampilan Hidup ?
Keterampilan hidup adalah kemampuan dan keberanian untuk menghadapi dan mengatasi masalah dan kesulitan dalam hidup kita sehari-hari.

Apa Tujuan Keterampilan Hidup ?
Tujuan dari keterampilan hidup adalah agar kita bisa melindungi diri dari berbagai resiko dan ancaman sehingga kita bisa hidup dengan baik untuk mencapai cita-cita.


Keterampilan hidup berasal dari sikap dan Kemampuan Untuk :
1. Mengambil keputusan, yaitu mengetahui dan memilih perilaku dan cara-cara tertentu untuk menghindari risiko atau bahaya yang mempengarui hidup & kesehatan kita.

2. Memecahkan masalah, atau problemsolving adalah mencari tahu apa saja yang menyebabkan terjadinya suatu masalah dan bila sudah tahu bisa menghindarinya.

3. Berpikir kritis, yaitu berpikir mengenal hal-hal apa saja yang mempengaruhi atau mendorong perilaku dan tindakan kita, dan juga berfikir mengenai untung-rugi dari tindakan atau perbuatan yang kita pilih.

4. Berpikir kreatif, yaitu kemampuan untuk memilih cara-cara yang paling berguna atau menguntungkan untuk menjaga atau melindungi diri.

5. Berkomunikasi dengan efektif, yaitu kemampuan dan keberanian untuk mengatakan apa yang kita pikirkan,rasakan dan inginkan dengan cara yang tepat dan terus terang kepada orang lain.

6. Membina hubungan, yaitu menjaga dan mengusahakan agar hubungan dengan keluarga, teman dan orang lain selalu selalu positif dan menyenangkan.
7. Menyadari diri, yaitu kemampuan untuk mengenali kelebihan dan kekurangan, kebutuhan dan keinginan serta sifat-sifat diri sendiri.
8. Berempati, yaitu berusaha mengerti perasaan dan pikiran orang lain. Empati bisa membantu remaja mengerti dan menerima orang lain yang berbeda dengan dirinya. Dengan begitu maka hubungan kita dengan orang lain menjadi lebih baik dan menyenangkan.

9. Mengendalikan emosi, adalah mengendalikan perasaan-perasaan yang ada di dalam diri kita seperti rasa marah, sedih, benci dll. yang mempengaruhi perilaku kita. maka kita harus bisa mengendalikan perasaan tersebut. Kalau perasaan itu dibiarkan terus menerus maka kesehatan kita terganggu.

10. Mengatasi stres, adalah tahu dan sadar bahwa kita sedang merasa tertekan/stres, mencari penyebabnya, lalu mengurangi stres itu dengan cara yang tepat. stres yang berlebihan kita tidak bisa berbuat apa-apa yang seharusnya kita lakukan. Selain itu stres berlebihan bisa membuat kita sakit.


Kesimpulan:
Kesimpulan diatas adalah betapa pentingnya Keterampilan Hidup Untuk Remaja (Life skills) guna membangun kemandirian masa depan yang mampu bersaing tidak hanya sebagai subyek begitu saja melainkan sebagai subyek yang bisa menjadi inovator dan motivator. Jika hal itu dapat dicapai, maka faktor ketergantungan terhadap lapangan pekerjaan yang sudah ada dapat diturunkan, yang berarti produktivitas akan meningkat secara bertahap.

Tips untuk melewati masa remaja yang baik:
1. Berbagi rasa dengan orang tua atau orang yang dituakan dirumah
2. Carilah seorang sahabat
3. Tingkatkan kerpercayaan diri
4. Katakan tidak pada hal yang negatif
5. Bergabunglah dalam kelompok atau bentuklah kelompok dengan aktifitas positif
6. Jauhilah kelompok yang bersifat negatif
7. Jagalah kesehatan fisik sedini mungkin
8. Berfikirlah Positif
9. Peduli sesama
10. Hindari Stress
11. Pertahankan Iman

Jadi remaja gaul bukan berarti hanya dilihat dari penampilannya saja tapi menjadi remaja yang gaul juga mesti berwawasan yang luas…

jadi remaja gaul adalah remaja yang bisa menempatkan dirinya secara seimbang dalam lingkungan kehidupan, dikeluarga dia bisa menjadi anak yang baik dan tidak mengecewakan orang tua, mengerti dan menyayangi saudara, dilingkungan sekolah jadi siswa yang baik tentunya dan menjaga nama baik sekolah, dilingkungan pergaulan, dia bisa memilih teman dan lingkungan pergaulan, tau mana yang berakibat baik dan mana yang berakibat buruk, tidak kehilangan dirinya sendiri dalam arti, tidak mudah terpengaruh terhadap sesuatu yang sifatnya baru dan cenderung tidak jelas.




sumber: http://www.kaskus.co.id/thread/5363cff28807e72d088b45a4/keterampilan-hidup-untuk-remaja-life-skills
.

Ads

Daftar Isi