Ads

Selasa, 10 Juni 2014

Kamu Berambisi ingin Mengubah Dunia? Ini Dia 10 Caranya


Banyak orang yang ingin mencoba untuk mengubah dunia ini. Tapi nggak banyak orang yang tahu gimana cara untuk melakukannya. Banyak ide-ide yang tercetus untuk mengubah dunia, tapi karena nggak tau gimana carannya dan bagaimana harus memulainya, semua itu cuma jadi wacana dan angan-angan saja.


Kalau kamu bener-bener ingin mengubah dunia, coba deh baca beberapa tips ini yang mungkin bisa menginspirasi kamu untuk memulainya.


1. Mulailah Dari Hal-Hal Yang Kecil
Sesuatu hal yang yang besar berawal dari hal-hal yang kecil. Mulailah lakukan hal-hal kecil yang terkadang orang tidak sadari bahwa hal itu bisa membuat suatu perubahan besar. Kalau kita tidak bisa melakukan hal yang kecil, mana mungkin bisa kita melakukan hal yang besar. Ingatlah, kita bisa berjalan jauh beribu-ribu mil karena langkah-langkah kecil dari kaki kita.


2. Kamu Nggak Akan Bisa Mengubah Dunia Seorang Diri
Mengubah dunia bukanlah persoalan yang mudah. Kamu butuh orang lain untuk membantu mencapai misi besar ini. Buatlah sebuah tim! Carilah teman-teman yang memiliki semangat tinggi dan ambisi yang sama denganmu, carilah relasi sebanyak mungkin, dan ajaklah orang-orang yang mau bekerjasama denganmu untuk mengubah dunia.


3. Yang Terpenting Adalah Niat Bajamu
“Where There is A Will, There Is A Way“. Yup, dimana ada kemauan, pasti ada jalan untuk meraihnya. Hal yang terpenting adalah kemauanmu itu sendiri untuk mengubah dunia.

Seberapa besarkah keinginanmu? Secemerlang apapun ide kamu, sebanyak apapun teman dan relasi yang kamu punya, tapi kalau kamu sendiri sebenarnya tidak punya keinginan yang kuat untuk mewujudkannya, semua itu akan sia-sia saja.


3. Jangan Menilai Sesuatu Hanya Dari Luarnya
Seperti kata pepatah “don’t judge the book by it cover”, menilai suatu hal hanya dari luarnya atau permukaannya saja akan merugikan dirimu sendiri. Jangan pernah kamu lakukan itu, karena itu menunjukkan bahwa kamu suka meremehkan sesuatu. Kamu harus tetap waspada dan benar-benar teliti dalam memprediksi sesuatu.


4. Apapun Yang Terjadi Tetap Fokus Pada Tujuanmu
Banyak orang yang menganggap bahwa fokus pada tujuan adalah sebuah hal yang sepele untuk dilakukan. Jangan salah, kamu bisa saja dengan mudah lupa dengan tujuan prioritasmu.

Banyak hal-hal di luar sana yang dapat mengalihkan perhatianmu sehingga keinginanmu untuk mengubah dunia menjadi luntur.



5. Jangan Pernah Takut Gagal
Kesuksesan adalah kegagalan yang tertunda. Kamu pasti sudah sering banget denger pepatah itu. Tapi percayalah, memang itu benar adanya.

Kegagalan yang sebenarnya adalah saat kamu benar-benar berhenti untuk melakukannya. Orang yang sukses adalah orang yang bisa menjadikan kegagalannya sebagai batu pijakannya untuk menuju kesuksesan. Jangan takut untuk gagal, teruslah berjuang!



6. Harus Berani Ambil Resiko
Nggak banyak orang yang punya keberanian untuk mengambil resiko. Padahal kita tahu sendiri, di dunia ini nggak ada yang nggak beresiko. Apapun keputusan yang kita ambil, apapun yang kita lakukan pasti ada resiko yang harus kita terima.

Kalau kamu nggak cukup berani untuk ambil resiko, jangan harap kamu isa mendapatkan peluang-peluang besar yang bisa menghantarkanmu untuk merubah dunia. Jadi, berhentilah jadi save player, be the risk taker!



7. Berani Menghadapi Tantangan Di Depan Mata
Kalau kamu benar-benar ingin merubah dunia, berarti kamu sudah siap untuk menghadapi segala tantangan yang ada. Tantangan bisa datang dari mana saja, dari diri kamu sendiri dan bisa juga datang dari luar. Jangan menghindari tantangan, justru tantangan-tantangan ini bisa melatih mental juang kamu.


8. Do Your Best!
Selalu tunjukan performa terbaikmu di setiap kesempatan. Pada kenyataannya sih memang nggak gampang, tapi patut kamu sadari jika kamu bisa menunjukkan yang terbaik di setiap usahamu, kesuksesan akan semakin dekat denganmu.

Orang-orang yang melihat usahamu juga pasti akan memujimu, tetapi jangan sampai kamu terlena dengan pujian-pujian yang datang kepadamu.


9. Percayalah Bahwa Pasti Selalu Ada Harapan
Jangan berhenti untuk berharap! Ketika kamu berada dalam masa-masa yang sulit atau bahkan dalam keadaan terpuruk, kamu harus tetap yakin bahwa selalu masih ada harapan. Seringkali keajaiban akan muncul dengan sendirinya ketika kita memiliki sebuah harapan.

Teruslah berharap, asal kamu juga tetap berusaha sebaik mungkin untuk mewujudkannya. Tanpa sebuah harapan, kamu mungkin nggak akan punya motivasi dan semangat yang besar untuk bisa mengubah dunia.


10. Tidak Ada Kata Menyerah
Pernahkah kamu mendengar kisah orang sukses yang menyerah? Yeah, bagi orang-orang yang sukses, menyerah adalah kata yang pantang untuk diucapkan. Orang yang mudah menyerah tidak akan pernah merasakan bagaimana rasanya jadi seorang pemenang.

Gagal itu wajar, tapi yang terpenting adalah bagaimana kamu bisa belajar dari kegagalan dan mampu bangkit lagi.


Gimana guys? setelah kamu baca tips di atas, apa kamu jadi semakin bersemangat buat mengubah dunia? Semoga 10 tips ini bisa memotivasi kamu ya. Kita praktekin yuk biar impianmu buat merubah dunia nggak cuma sekedar mimpi aja!


sumber: http://www.hipwee.com/inspirasi/kamu-ingin-merubah-dunia-baca-10-tips-dari-angkatan-laut-amerika-ini/
.

Ads

Daftar Isi