Ads

Senin, 16 Juni 2014

27 Tips Untuk Menjadi Master di Bidang Apapun yang Kamu Mau


Mau jadi master kedokteran kayak Ibnu Sina atau bisa main piano sambil merem kayak Mozart? Well, percaya deh kamu bisa jadi luar biasa di bidang apapun yang kamu mau, asalkan mau belajar, disiplin, sabar, dan tekun. Nah, biar lebih gampang, yuk ikutin 27 tips dari buku Mastery karangan Robert Greene ini!




1. Kenali Diri Kamu


Setiap orang punya insting untuk bisa tau kemampuan terbaik dalam dirinya. Sayangnya, mereka kadang lebih percaya omongan orang lain. Percaya diri dan yakinlah kalau kamu bisa sukses dengan pilihan karirmu, sekalipun banyak orang yang menganggap hal itu aneh. Leonardo da Vinci nggak tiba-tiba lahir dan langsung jadi master. Dia terus belajar dan mengikuti apa yang disukainya sejak kecil, yaitu arsitektur dan anatomi.




2. Mau Jadi Pegawai Negeri? Mending Jadi Penulis

Bukan mau nyindir, tapi mungkin ini adalah fenomena di lingkuan sosial kamu. Bayangin kalau satu lowongan kerja diperebutkan ribuan orang, sedangkan di lowongan kerja lainnya kamu nggak akan punya saingan. Pilih pekerjaan atau keahlian yang nggak mainstream. Dengan begitu, kamu lebih mudah berjuang jadi yang terbaik.



3. Hidup Ini Relatif: Ketika Menurutmu Itu Salah, Bisa Jadi Itu Adalah Yang Paling Benar


Dulu, Mozart dipanggil anak ajaib gara-gara jago banget main piano. Sang ayah kemudian memaksanya membuat komposisi musik. Sekalipun sebenarnya tidak begitu suka, Mozart justru ingin membuktikan bahwa dia bisa. Kadang, ketertarikan pada sesuatu bisa datang karena uang atau sekedar ingin dapat pengakuan.



4. Kalau Kamu Suka, Mulai Dari Yang Paling Dasar


Pikirkan sesuatu yang bisa membuatmu seketika berubah seperti anak kecil. Apa yang membuatmu tertarik maka itulah masa depanmu. Bagi Marie Curie si penemu teknologi radioaktif, yang paling menarik adalah peralatan di laboratorium milik ayahnya.



5. Pilihan Ada Di Tanganmu, Guys!


Waktu masih sekolah, Charles Darwin itu nggak pinter-pinter amat. Dia hobi berantem dan males masuk sekolah. Ketika ada kesempatan pergi ke Amerika, dia bahkan sempat nggak mau ikut. Tapi lihat, perjalanan itu justru melahirkan teori yang paling berpengaruh sepanjang masa. (mungkin si penulis beraliran darwinisme)



6. Kamu Lagi Belajar Naik Sepeda


Nggak perlu repot bikin orang terkesan. Cukup fokus mengamati dan terus belajar. Jangan malas latihan dan ulangi terus-menerus. Bayangin aja kamu lagi belajar naik sepeda. Yang pasti, kamu nggak akan sadar kalau kamu udah jadi master sebelum melakukan eksperimen. Segera lakukan sebelum kamu siap maka kamu akan belajar.



7. Guys, Uang Bukan Segalanya


Daripada kerja di perusahaan dengan gaji gede, Martha Graham lebih milih jadi guru dengan bayaran kecil. Tapi, dia nggak perlu kerja lembur atau dikejar deadline. Waktu luang dia gunakan buat belajar tari sampai akhirnya dia dapet julukan the mother of modern dance.



8. Belajar Itu Dengan Rendah Hati


Percaya deh kalau kamu nggak perlu merasa superior atau punya pikiran jelek apapun. Belajar itu harus rendah hati, menyerap sebanyak mungkin, secepat mungkin. Biar bisa diisi, gelas itu harus kosong dulu kan?



9. Kadang Kamu Harus Merasakan Sakit


Sadar cuma punya modal tinggi badan, pemain NBA Bill Bradley memilih cara latihan yang nggak biasa. Sepatunya diisi batu dan bagian bawah kacamatanya ditutup potongan kardus. Dia bermain tanpa melihat bola tapi merasakan permainan.



10. Belajar Itu Berani Salah


Sebagai programer, Paul Graham nggak sekedar belajar, tapi dia coba punya inisiatif menciptakan sesuatu. Dia gagal, mengatasi masalah, dan mencoba lagi.

(berani salah bukan berarti berbuat kesalahan dengan sengaja secara terus-menerus)


11. Harus Lebih Pintar Dari Gurumu


Cari tahu dan pelajari kira-kira kenapa dia bisa pintar terus bisa jadi guru. Catatan pentingnya, kamu tetep harus lebih pintar dari dia.



12. Pilih Guru Yang Membuatmu Tertantang


Dalam sejarah psikologi, Carl Jung yang berguru sama Freud justru punya teori yang melawan gurunya. Jung banyak belajar dan menemukan ciri khasnya sendiri.



13. Serap Ilmunya Dan Transformasikan


Minder belajar sama gurumu yang pintarnya tingkat dewa? Nggak bisa paham karena bahasanya juga tingkat dewa? Kamu cukup fokus aja, berusaha memahami apa yang dia ajarkan dengan caramu sendiri. Yakin kalau suatu saat kamu bisa melampaui dia.



14. Kuncinya Adalah Interaksi


Freddie Roach mengakui bahwa Manny Pacquiao adalah muridnya yang paling interaktif, menyenangkan, mau mendengar, cerdas, dan menyerap ilmu dengan cepat. Itulah alasannya kenapa Pacquaio bisa jadi juara dunia.



15. Mau Jadi Master? Please Jangan Anti Sosial!


Kamu harus berperan mematahkan mitos kalau orang pintar biasanya introvert, nggak punya temen dan kesepian. Seorang master sejati nggak menganggap lingkungan sosial sebagai penghambat, tapi justru mendukung kesuksesannya.



16. Mau Dikritik Dan Bisa Beradaptasi


Tau nggak kalau penemu antiseptik, Ignaz Semmelweis, meninggal di umur 47 tahun tanpa uang sepeserpun? Yup, ketika itu Semmelweis adalah ilmuwan arogan yang nggak terima kalau ada orang lain yang mengkritik penemuannya.



17. Jangan Jadi Orang Yang Kaku


Teresita Fernandez adalah ahli patung sukses dan pemenang MacArthur “Genius Fellowship”. Sekalipun membuat patung dan memahat besi sebenarnya keahlian laki-laki, tapi dia asik-asik aja. Sebagai wanita, dia justru bisa lebih lembut dan jujur dalam berkarya. Guys, bersikap kaku, nggak fleksibel, dan susah kompromi adalah penghalang buat kesuksesanmu lho!



18. Bermain Dengan Kebodohan Disekitarmu


Penyair dan penulis novel, Johann Wolfgang von Goethe melewati masa muda membosankan di lingkungan kerajaan. Bahkan, saat usia remaja dia berada dalam budaya pengadilan kerajaan yang juga membuat dia merasa bodoh. Tapi, hal itu justru jadi sumber inspirasi untuk karya-karyanya.



19. Berani Membuat Perubahan


Jangan mau tenggelam dalam budaya kerja yang konservatif dan membuatmu bekerja seperti robot. Kunci sebuah kesuksesan adalah berani merubah tradisi. tentunya berarah ke yang positif.



20. Biarkan Otak Bekerja Secara Alami


Otak nggak boleh dibiarkan tegang karena itu bikin kamu nggak bisa berpikir kreatif. Banyak membaca dan biarkan otakmu bekerja secara alami untuk menyerap ilmu. Itulah yang dilakukan Louis Pasteur selama bertahun-tahun hingga ketika melihat beberapa ekor ayam bisa selamat dari wabah penyakit, ia pun siap dengan teori vaksin.



21. Buat Sesuatu Yang Luar Biasa


Otak manusia cenderung memikirkan hal yang mudah dan sepele. Tapi, untuk jadi seorang master, kamu harus memikirkan hal besar dan nggak biasa. Tau nggak kalau Larry Page dan Sergey Brin bergabung dengan Google dan bikin perubahan besar di sana?



22. Jangan Suka Buru-Buru


Pemain saxofon, John Coltrane bermain dengan banyak improvisasi. Tapi, dia baru sadar bahwa musiknya nggak otentik dan sekedar imitasi. Setelah bertahun-tahun belajar, berlatih, dan banyak mendengar, ia pun bisa menemukan gaya bermain saxofon yang asli alias original.



23. Nggak Usah Rumit, Simple Tapi Kreatif


Tau nggak udah berapa banyak insinyur yang gagal bikin pesawat terbang? Banyak! Dua mekanik sepeda, Orville dan Wilbur Wright akhirnya sukses menemukan masalah, bahwa kuncinya adalah keseimbangan. Pesawat terbang lebih mirip sepeda, bukan kapal laut yang jalannya lurus aja. Kuncinya fokus, integensi kuat, fokus pada fungsi, dan harus kreatif.



24. Ngerti Teori Emang Penting, Tapi Proses Belajar Nggak Kalah Penting


Penemu tangan robot, Yoky Matsuoka, menganggap idenya terlalu mustahil. Bahkan, teori dan ilmu mekanik yang sudah ada nggak bisa membantunya. Tapi, proses mempelajari kondisi dan fungsi tangan manusia justru menjawab semua teka-tekinya.



25. Pakai Naluri Dan Logika



Fokus pada satu bidang, punya pengalaman, belajar sama guru, dan selalu berpikir kreatif bikin kamu siap menghadapi situasi apapun. Percaya deh sama naluri dan insting kamu. Pokoknya harus logis dan rasional. Yakin deh kamu siap jadi master sesuai potensimu.



26. Kamu Bisa Merubah Dunia


Albert Einstein itu ilmuwan sableng yang merubah dunia, nggak suka ilmu fisika klasik dan benci eksperimen. Insipari dalam menemukan teori justru datang dari hal-hal sederhana. Misalnya, ketika dia liat lokomotif, cahaya, bahkan ketika liat cowok sama cewek. Dia ilmuwan yang pakai intuisi, keliatan nggak logis, tapi justru paling rasional. Yang jelas, banyak orang yang mikir kalau dia gila.



27. Sekali Lagi, Latihan Dan Latihan!


Cesar Rodriguez nggak lahir dengan bakal alami sebagai pilot militer. Dia pernah mengalami kecelakaan terbang tapi nggak nyerah. Dia tau tubuh dan tulang-tulangnya bisa dilatih. Baginya, dunia nggak perlu tau udah berapa ribu jam yang dia habiskan buat latihan. Yang jelas, Rodgriguez udah jadi masternya pesawat militer Amerika.

Gimana? Udah siap ngikutin 27 tips di atas dan jadi lur biasa di bidang yang kamu suka?



sumber: http://hipwee.com/
.

Ads

Daftar Isi