Ads

Kamis, 26 Juni 2014

25 Trik Rahasia Dapur Yang Akan Membantumu


Ternyata, banyak sekali rahasia yang tesimpan dalam urusan dapur. Nggak hanya soal resep makanan, trik-trik menyimpan makanan supaya awet, memotong buah dengan mudah, atau membersihkan peralatan dapur dalam dua menit ternyata juga ada. Trik-trik ini bisa cukup membantu kamu nantinya. berikut beberapa trik yang bisa kamu praktekin di rumah sendiri!


1. Agar Tomatmu Nggak Cepat Busuk…


Menyimpan tomat dengan tangkai yang masih utuh akan membuat tomat tidak cepat membusuk. Tangkai yang masih menempel pada buah tomat akan menjaga kelembaban buah tersebut, mencegah udara luar untuk masuk dan melakukan oksidasi. Menyimpan tomat pada suhu kamar juga bisa membuat tomat tidak mudah membusuk.



2. Menjaga Agar Bawang Merah Dan Bawang Putih Tetap Segar


Bawang merah dan bawang putih memang dari sananya nggak cepat membusuk. Tapi kalau kamu ingin menyimpannya dalam waktu yang bahkan lebih lama — seperti satu bulan – yang kamu butuhkan hanya kantong kertas. Beri lubang yang cukup banyak pada kantong kertas itu, lalu tutup dengan penjepit. Cara lebih jelasnya kamu bisa lihat di sini.



3. Agar Potongan Kentang Tetap Terlihat Bersih


Sebelum kamu memasaknya, rendamlah potongan-potongan kentang ke dalam air dingin. Ini akan mencegah berubahnya warna kentang menjadi kecoklatan atau keabuan — hal yang biasanya terjadi karena proses pelepasan zat tepung pada kentang.



4. Agar Buah Pisang Cepet Matang


Kamu bisa membuat buah pisang yang masih hijau jadi lebih cepat matang. Caranya cuma dengan menyimpannya ke dalam kantong kertas. Dengan ini, gas etilen pada pisang akan terkonsentrasi, dan akhirnya membantu mempercepat kematangan.



5. Menjaga Potongan Buah Agar Tidak Menguning


Selain dengan menggunangan perasan buah lemon, kamu juga bisa menggunakan madu untuk menjaga potongan buah tidak menguning. Asam sitrat dan vitamin C dalam buah lemon serta peptida dalam madu dapat memperlambat proses oksidasi yang menyebabkan pencoklatan pada buah.



6. Mengupas Kentang Tanpa Menggunakan Pisau


Rebus kentang hingga matang, setelah itu angkat dan segera celupkan ke dalam air dingin. Setelah itu, kamu dapat dengan mudah melepaskan kulitnya.



7. Membersihkan Buah Dan Sayuran Tanpa Bahan Kimia


Bersihkan sayuran dan buah-buahan segar dengan soda kue yang sudah dicampurkan dengan air. Gosok-gosok hingga buah-buahan dan sayuran di tanganmu bersih dari tanah, kotoran atau pestisida.



8. Mengupas Telur Lebih Cepat


Menambahkan soda kue atau cuka ke dalam rebusan telur akan membuat cangkang telur lebih mudah dikupas. Kedua zat tersebut mampu menembus cangkang telur dan membuat putih telur menjadi mudah untuk terlepas dari cangkang.



9. Mengupas Telur Lebih Cepat Dalam Jumlah Yang Banyak


Taruhlah beberapa telur rebus sekaligus dalam sebuah wadah tertutup, lalu kocoklah berulang-ulang hingga cangkang telur terihat pecah-pecah. Dengan cara ini, kita bisa lebih cepat mengupas telur daripada dengan menggunakan cara yang biasa.



10. Memisahkan Kuning Telur Dari Putih Telurnya


Memisahkan telur memang sedikit merepotkan, tapi kamu bisa mencoba dengan cara mudah ini. Pecahkan telur, lalu letakkan dalam sebuah mangkuk. Gunakan botol plastik kosong yang sedikit kaku dan dekatkan bibir botol itu pada kuning telur. Setelah itu remas botol tersebut. Saat kamu lepaskan, kuning telur dengan sendirinya akan tersedot masuk ke dalam botol.



11. Membuat Mayones Sendiri


Kamu bisa membuat mayones kamu sendiri dengan mudah dan cepat. Tuangkan telur ke dalam sebuah gelas, tambahkan secangkir kecil minyak. Kemudian blender dengan immersion blender dari bawah ke atas. Voila! Jadilah mayonesmu sendiri.



12. Agar Tidak Menangis Saat Memotong Bawang


Untuk mencegah keluarnya air mata, dinginkan terlebih dahulu bawang yang ingin kamu potong. Kamu juga bisa menggigit sepotong roti (dengan catatan hanya sebagian yang masuk mulut) saat memotong bawang. Ini agar roti bisa menyerap gas air mata dari bawang sebelum sampai ke hidung kita.



13. Menjaga Gula Merah Agar Tidak Mengeras


Agar gula merah atau gula aren yang kamu simpan tidak mudah menggumpal dan mengeras, cukup letakkan sepotong roti tawar di dalamnya. Roti tawar tersebut akan menjaga gula merah agar tetap lembut dan tidak akan kotor atau berjamur.



14. Cara Mengukur Madu Atau Sirup


Saat mau mengukur cairan yang lengket seperti sirup atau madu, sebaiknya olesi gelas ukur dengan air panas atau minyak goreng terlebih dahulu. Air panas atau minyak akan menjaga sirup atau madu tidak menempel pada gelas ukur.



15. Membuat Hot Chocolate Yang Enak Dengan Permen Cokelat


Kamu bisa membuat hot chocolate sendiri dengan rasa yang mirip banget dengan cokelat asli. Panaskan segelas susu putih dengan menggunakan microwave selama dua menit. Lalu tambahkan tiga hingga empat butir permen cokelat truffle dan aduk-aduk hingga merata.



16. Gunakan Pisau Yang Panas Untuk Memotong Kue


Untuk memotong kue ulang tahun dengan sempurna, gunakanlah pisau yang sudah dipanaskan sebelumnya. Caranya, rendam pisau dengan air panas, lalu keringkan dengan menggunakan lap.



17. Mengeraskan Mentega Yang Sudah Leleh


Kamu bisa mengeraskan kembali mentega yang sudah terlanjur meleleh. Cukup letakkan lelehan mentega ke dalam sebuah mangkuk kecil, lalu letakkan ke dalam sebuah mangkuk besar yang sudah diisi oleh beberapa es batu.



18. Mengeluarkan Biji Pada Buah Melon


Bersihkan biji-biji pada buah melon, blewah, timun suri atau labu dengan menggunakan scoop es krim. Karena ujung pinggiran scoop es krim sedikit tajam, dia bisa membersihkan biji pada buah-buah tersebut dengan lebih cepat dibandingkan tangan atau sendok.



19. Memotong Tomat Cherry Secara Bersamaan


Kamu bisa memotong buah tomat cherry atau tomat yang berukuran kecil dalam jumlah banyak hanya dalam sekali iris. Letakkan tomat-tomat tersebut pada sebuah piring yang datar, lalu tutup dengan menggunakan piring yang sejenis. Kemudian tekan dengan perlahan, dan potong melalui sela-sela piring yang masih terbuka dengan pisau tajam.



20. Memotong Semangka Dengan Cara Yang Unik


Kamu mungkin sudah terbiasa dengan potongan semangka berbentuk setengah lingkaran atau segitiga. Nah, sekarang kamu bisa mencoba memotongnya hingga jadi seukuran jari. Hasilnya akan terlihat lebih banyak, dan makannya pun bisa lebih gak pake ribet. Lihat caranya di sini.



21. Menyuguhkan Es Krim Dengan Menggunakan Pisau


Kalau kamu sudah bosan dengan bentuk es krim yang tergulung seperti bola, kamu bisa menggunakan pisau untuk memotongnya menjadi bentuk persegi. Masukkan sekotak es krim ke dalam panci berisi air panas selama 15-30 detik. Ambil, dan tuanglah es krim pada sebuah piring. Kamu bisa dengan mudah memotong es krim itu.



22. Memotong Keju (Lembut) Tanpa Merusaknya


Saat memotong jenis keju yang lembut seperti brie atau camembert, kamu harus sangat hati-hati supaya bentuk keju itu nggak rusak. Nah, untuk menjaga keutuhannya, kamu bisa memotongnya menggunakan dental floss(benang pembersih gigi). Cara ini juga bisa digunakan untuk memotong kue atau cheese cake.



23. Membersihkan Loyang Dan Wajan Agar Tidak Berkarat


Membersihkan loyang dan penggorengan dengan menggunakan sabun secara berkala akan menimbulkan karat. Nah, kamu bisa mengakali ini dengan menggunakan garam. Gosok-gosokkan garam pada bagian yang masih terdapat sisa-sisa makanan yang menempel. Ini akan mencegah timbulnya karat di kemudian hari.



24. Menjaga Talenan Kayu Agar Selalu Nampak Baru


Gosoklah talenan kayu dengan butiran-butiran garam yang kasar, dan tambahkan perasan lemon untuk membersihkan sisa-sisa dan bau makanan yang masih menempel. Lalu olesi dengan menggunakan minyak pada permukaannya. Lakukan ini sekali dalam sebulan.



25. Menghilangkan Bau Bumbu Masakan Di Tangan


Setelah memasak, biasanya tanganmu masih tercium bau-bau bumbu masakan seperti bawang merah, bawang putih atau jahe. Netralisir bau bumbu yang menempel pada tanganmu dengan menggosokkan air lemon, soda kue, dan besi tahan karat (stainless steel). Kenapa harus pakai besi tahan karat? Karena partikel pada besi tahan karat itu bisa mengikat zat atau gas yang masih menempel pada tanganmu.



Itulah tadi beberapa trik-trik rahasia dapur yang belum banyak orang ketahui! Semoga trik-trik ini cukup bermanfaat dan membantu dalam urusan dapurmu nanti, ya




sumber: http://www.hipwee.com/tips/25-trik-rahasia-dapur-yang-berguna-banget-buat-kamu/
.

Ads

Daftar Isi