Ads

Kamis, 11 September 2014

7 Manfaat Jika Kamu Sering Menghabiskan Waktu Untuk Sendirian


Menjadi sendiri adalah salah satu ketakutan terbesar manusia. Seseorang yang sering menghabiskan waktu ‘sendirian’ dinilai gagal dalam kehidupan sosialnya; dianggap sebagai pribadi yang kurang menyenangkan sehingga tidak punya orang-orang yang mempedulikannya.

Tapi, penyair Sufi Jalaluddin Rumi pernah mengatakan: “Sendirian di kamar adalah hal paling berharga yang bisa kamu berikan pada dirimu sendiri.” Yup: jauh dari anggapan umum, menghabiskan waktu ‘sendirian’ ternyata banyak manfaatnya lho…




1. Sendiri Adalah Waktu Yang Tepat Buat Istirahat

Setiap harinya, berapa banyak waktu yang kamu habiskan bersama orang lain? Bekerja bersama tim-mu di kantor, belajar kelompok dengan teman kuliah, berinteraksi dengan orang lain lewat media sosial: banyak hal yang akhirnya membuatmu lupa pada diri sendiri.

Padahal, kamu perlu sejenak menjauh dari semua hal itu. Kamu butuh mengistirahatkan tubuh dan pikiran dari segala macam distraksi di sekitarmu. Menikmati kesendirian untuk bersantai dan memanjakan diri. Dengan kata lain, meluangkan waktu untuk sendiri berarti mengecas tubuh dan pikiranmu agar kembali fit.






2. Sendiri Bisa Jadi Obat Paling Manjur Ketika Kamu Sedang Stres

Kesendirian sering dikaitkan dengan stres dan depresi. Sibuk memikirkan masalah-masalahmu sendiri, kamu menarik diri dari pergaulan. Kamu belum ‘selesai’ dengan dirimu sehingga nggak merasa nyaman berhubungan atau berinteraksi dengan orang lain.

Anggapan seperti itu tentu nggak sepenuhnya benar. Penelitian Reed W. Larson di tahun 1997 membuktikan bahwa kesendirian erat kaitannya dengan proses penyembuhan depresi. Ternyata, stres dan depresi akan lebih cepat sembuh ketika kamu bisa menghabiskan waktumu untuk sendiri.





3. Inilah Kesempatanmu Untuk “Memacak Diri”

Dalam kehidupan sosial, kamu harus selalu mempertimbangkan kemauan orang lain, perasaan orang lain, kepentingan orang lain. Kadang, hasratmu untuk memuaskan dan menyenangkan orang lain membuatmu harus terus berkompromi. Ini bisa membuatmu mengabaikan kepentingan dirimu sendiri.

Dengan beristirahat sejenak dari kehidupan sosial, kamu bisa memiliki waktu untuk “memacak” diri. Apakah kamu sudah menjadi pribadi yang baik selama ini? Hal apa saja yang seharusnya diubah atau dipertahankan dari dirimu?






4. Kemampuan Fokus Dan Daya Ingatmu Bisa Lebih Meningkat

Richard Arum dan Josipa Roksa dalam buku Academically Adrift: Limited Learning on College Campuses menyebutkan bahwa cara belajar siswa akan mempengaruhi nilai akademisnya. Siswa yang memilih belajar sendirian punya nilai akademis jauh lebih baik daripada siswa yang memilih belajar kelompok.

Dengan belajar sendirian, kamu akan lebih mudah berkonsentrasi. Kamu bisa fokus pada apa yang sedang kamu baca atau kamu pelajari. Nggak ada lagi yang namanya terganggu dengan suara atau aktivitas temanmu. Kamu pun akan lebih mudah mengingat apa yang kamu pelajari.




5. Terbiasa Sendiri Membuatmu Lebih Percaya Diri

Merasa nyaman sendirian, kamu telah menjalin hubungan yang baik dengan dirimu. Di saat inilah kamu akan mengingat kebaikan dan hal-hal positif yang kamu punya. Kamu baik, menarik, pintar, mandiri, peduli sama orang lain, pekerja keras: ada banyak hal dari dirimu yang bisa kamu banggakan. Yup, menyadari kelebihan diri akan membuatmu semakin yakin dan mempercayai apa yang bisa kamu berikan pada dunia.





6. Kamu Bisa Semakin Kreatif

Sendiri berarti membebaskan pikiran dan imajinasimu. Kamu bisa memikirkan hal-hal yang ‘cuma kamu sendiri’ yang mengerti. Kamu juga bisa melakukan hal-hal yang unik atau dianggap aneh sekalipun. Ketika sendirian, kamu akan mengabaikan anggapan atau komentar orang lain atas dirimu. Hal ini, lho, yang membuatmu berani berpikir berbeda.

Entah itu berimajinasi tentang dunia paralel, membayangkan reinkarnasi, atau menulis kisah cinta alien — kamu berhak untuk membebaskan imajinasi dan kreativitasmu!





7. Bersenang-Senang Sendiri Membuatmu Merasa ‘Puas’ Dengan Dirimu

Bersenang-senang itu bukan perkara dengan siapa, melainkan bagaimana. Sekalipun nggak ada pacar atau teman yang bisa menemani, toh kamu masih bisa pergi ke bioskop, traveling, atau jalan-jalan sendirian. Bahkan, ketika sendiri kamu nggak perlu repot menyesuaikan diri dengan kepentingan orang lain.

Di saat inilah kamu akan merasakan bahagia yang sebenarnya. Kamu akan merasa bahwa hidupmu sudah cukup memuaskan.




Nah, nggak ada salahnya ‘kan ketika kamu lebih sering menghabiskan waktu buat sendirian? Kamu bukan orang yang harus dikasihani cuma gara-gara sering sendiri. Justru mungkin, kamu adalah orang yang paling berbahagia dan menikmati hidup!






sumber: hipwee.com
.

Ads

Daftar Isi