Ads

Senin, 15 September 2014

Cukup Dengan Ponselmu, Kamu Bisa Memfoto Ala Fotografer Profesional (UPDATE)


Kamu suka fotografi tapi gak punya kamera DSLR? Gak perlu minder. Kamu tetap bisa menghasilkan foto-foto keren sekelas fotografer profesional hanya dengan kamera ponselmu kok. Ikuti saja tips-tips berikut ini!



1. Kenali Karakteristik Kamera Ponselmu



Sebelum mulai memotret, kenali dulu karakter kamera ponselmu: seberapa besar resolusinya, seberapa cepat dia bisa menangkap gambar, apa saja fitur-fiturnya, serta apa kelebihan dan kekurangannya. Bereksperimenlah dengan fitur-fitur di kamera ponselmu, seperti ISO, white balance, exposure, maupun fitur-fitur lainnya.

Dengan mengetahui kekuatan dan kelemahan kamera ponselmu, kamu akan mengetahui bagaimana mengaturnya dan kapan harus memencet tombolshutter untuk mendapatkan foto yang bagus.




2. Gunakan Memory Card Dengan Kapasitas Besar



Kartu memori yang besar membantu kita mengabadikan banyak momen tanpa perlu takut kehabisan ruang penyimpanan foto. Kamu gak mau kan, gagal mengabadikan momen penting cuma gara-gara kehabisan ruang memori?





3. Pakai Resolusi Tertinggi Yang Tersedia



Kamu udah punya memory card dengan kapasitas cukup besar, lalu kenapa mesti pelit memotret dengan resolusi rendah? Set di resolusi tertinggi untuk menghasilkan kualitas foto maksimal.




4. Perhatikan Pencahayaan



Pencahayaan memegang peranan yang sangat penting untuk menghasilkan foto yang berkualitas. Cahaya terbaik adalah cahaya alami dari matahari. Saat memotret, pastikan objek fotomu cukup diterangi cahaya. Kalau kamu berada di dalam ruangan, pastikan kamu membelakangi cahaya.

Kamu juga bisa bereksperimen dengan sensitivitas ISO. Untuk mendapatkan gambar yang halus dan minim noise, set kameramu di ISO rendah — meskipun untuk bisa mengabadikan gambar yang baik dengan ISO rendah harus ada cukup pencahayaan pada objek yang kamu foto.





5. Hindari Penggunaan Digital Zoom



Digital zoom cuma akan memperburuk kualitas fotomu. Jika memungkinkan, mendekat saja ke objek fotomu.




6. Pertimbangkan Komposisi

Pada sebagian besar kamera ponsel, kamu akan menemukan pengaturan garis grid. bagi kamu yang belum tahu, garis grid tersebut digunakan untuk membantumu menentukan komposisi dalam aturan sepertiga atau rule of thirds.



Aturan sepertiga memandu fotografer menempatkan objek foto pada sepertiga dari keseluruhan bidang gambar. Mempertimbangkan komposisi seperti ini akan membantumu menghasilkan foto yang keren.

Cobalah untuk selalu menyalakan garis grid saat kamu memotret.




7. Perhatikan Latar Belakang Gambar

Ketika memotret, jangan sampai latar belakang mengganggu objek yang difoto. Perhatikan orang-orang yang “bocor” masuk ke dalam bingkai, atau benda-benda yang mengganggu pemandangan seperti sampah.



8. Manfaatkan Aplikasi Olah Digital



Kamu bisa menghasilkan foto yang keren dengan bereksperimen menggunakan aplikasi olah foto digital. Beberapa foto tampak lebih keren dan kreatif jika ditambahkan efek filter.



9. Potret Dulu, Edit Belakangan


Hindari menggunakan filter saat memotret, karena hasil foto yang mentah memberi kamu keleluasaan lebih untuk selanjutnya mengolah foto itu.



10. Stabilkan Posisi Saat Memotret



Posisi yang stabil menghasilkan foto yang bagus. Sebelum menekan tombolshutter, pastikan pijakanmu stabil untuk menghindari hasil yang blur atau kurang fokus. Lebih parah lagi, ponselmu bisa terlepas dari tanganmu dan jatuh ke tanah.

Kamu juga bisa memanfaatkan fitur image stabilizer di kamera ponsel kamu, jika ada.




11. Bersihkan Lensa Kameramu




Jangan sampai hasil fotomu jadi kurang jelas dan kamu melewatkan momen penting untuk diabadikan hanya karena lensa yang kotor. Bersihkan lensa kamera ponselmu secara teratur.




12. Selalu Ambil Lebih Dari Satu Foto

Kalau kamu mengikuti saran sebelumnya, seharusnya kamu sekarang mempunyai kapasitas memori yang besar. Nah, saat mengambil foto, jangan pelit menekan tombol shutter. Pastikan kamu dua atau tiga foto dari sudut yang sama.



13. Gunakan Aksesoris Tambahan


Kamu bisa menempelkan aksesoris lensa tambahan di kamera ponselmu untuk menghasilkan foto yang lebih kreatif.



14. Bereksperimenlah Dengan Sudut Pengambilan

Tak ada aturan baku dalam fotografi, bereksperimenlah dengan sudut pengambilan foto yang kamu rasa menarik. Kamu bisa mencoba sudut tinggi atau rendah, maupun memiringkan kameramu untuk menghasilkan foto yang kreatif.




UPDATE


15. Mendekat!



Kebanyakan kamera smartphone, khususnya iPhone, bisa menghasilkan detil yang baik ketika memotret di jarak dekat. Selain detil foto, memotret pada jarak dekat juga membuat kamu lebih mudah mengontrol kapasitas cahaya yang menyinari objek.




16. Jangan Zoom!



Kamera smartphone umumnya punya fitur digital zoom. Tapi tahan dulu. Jangan gunakan fitur ini karena malah bisa merusak fotomu. Bahkan saat masih dalam mode live view, kamu bisa menemukan sejumlah penurunan kualitas foto ketika mencoba melakukan zoom digital.

Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan fitur crop pada aplikasi pengeditan foto. Kamera-kamera smartphone umumnya punya kekuatan 8 megapiksel. Ini cukup untuk mempertahankan kualitas gambar saat kamu melakukan crop.




17. Edit Fotomu



Potretlah menggunakan kamera smartphonemu tanpa filter. Setelah menemukan gambar yang pas, baru terapkan filter yang kamu inginkan. Dengan cara ini kamu bisa menerapkan preset filter yang standar untuk hasil potretmu. Artinya foto hasil jepretan dan editan kamu akan punya ciri khas.

Soal mengedit ini sebaiknya kamu menggunakan aplikasi editor foto yang punya kontrol lengkap. Misalnya Snapseed, Photoshop Express ata iPhoto. Aplikasi tersebut membuatmu bisa mengendalikan kontras, kecerahan, serta warna gambar.




18. Blur Jadi-jadian



Jangan membuat blur palsu di latar belakang potretmu. Kamera smartphone memang punya masalah dengan Depth of field. Persoalannya terletak pada sensor yang kecil serta lensa yang cenderung wide. Tapi membuat blur palsu menggunakan aplikasi editor foto pun bukan solusi.

Blur palsu justru merusak tampilan foto. Sebabnya adalah kontrol blur yang cenderung seragam di semua bagian foto. Sedangkan blur yang dihasilkan oleh kamera SLR biasanya punya kapasitas berbeda di tiap bagian foto.





19. Gunakan Aplikasi Camera



Sejumlah aplikasi kamera punya fitur yang berguna untuk mengendalikan proses pemotretan. Misalnya menampilkan panduan komposisi Fibonacci atau memisahkan AF Lock dengan Exposure Lock. Aplikasi apapun yang kamu gunakan, pastikan untuk mempelajarinya sehingga bisa memanfaatkannya di momen-momen penting.




20. Matikan Flash!



LED Flash yang ada di kamera smartphone biasanya bukanlah flash dalam arti sebenarnya. Piranti penerangan tersebut hanyalah sebuah lampu LED biasa; tanpa kemampuan untuk membekukan gerak atau temperatur warna yang tepat. Memotret menggunakan LED Flash ini biasanya justru memperburuk hasil potretmu.





sumber: 


  • http://www.hipwee.com/tips/tips-mengabadikan-foto-foto-keren-ala-fotografer-profesional-dengan-ponselmu/
  • http://www.lintas.me/article/editor/begini-cara-dapat-foto-bagus-pakai-kamera-hp/slide/7

.

Ads

Daftar Isi