Ads

Minggu, 28 September 2014

5 Kegiatan yang bisa bikin Kamu Cinta Lingkungan dan Alam


Kenapa harus mencintai alam? Rasa cinta akan menimbulkan kepedulian, sedangkan kepedulian akan menciptakan tindakan. tindakan yang berdasarkan cinta dan peduli terhadap alam akan menciptakan kelestarian alam dan lingkungan kita.

apa gunanya kelestarian alam? kelestarian alam akan menopang kenyaman kehidupan kita. banyak orang bertanya, kenapa bencana ini-itu terjadi? coba instropeksi diri kita sendiri.

banjir! terjadi karena sungai meluap. meluap karena tidak adanya kesadaran pentingnya membuang sampah pada tempatnya. Longsor! dikarenakan ketidakpekaan kita terhadap bahaya penebangan liar yang serakah. kekeringan! dikarenakan tidak adanya daerah penyerapan air yang telah habis digerogoti oleh pembangunan yang membabi buta.
Akankah alam sudah muak akan tingkah laku kita?

Marilah kita sebagai generasi yang telah diwariskan dengan berbagai keindahan dan kekayaan alam saat ini. Cobalah untuk mencintai alam kita ini, marilah kita belajar bersahabat dengan alam. Supaya hidup kita saat ini bisa mewariskan alam yang lebih indah kepada anak-cucu kita nanti.



Berikut kami paparkan kegiatan-kegiatan yang bisa ikuti untuk belajar mencintai dan bersahabat dengan alam :



1. Susuri Pantai dan Sungai


Bagi kamu yang doyan pergi kepantai atau renang disungai, pastikan kalian ikut acara ini. soalnya didalamnya ga cuma kita jalan-jalan dipinggir pantai dan sungai. tapi kita juga membersihkan sampah yang ada disana, setelah selesai baru kita bisa bersantai ria di sungai dan pantai yang bersih. saat kita bersih pantai dan sungai biasanya kita diberi trashbag.

selain itu berdasar pengalaman penulis, ada juga yang bersihin pantai lalu mendata jenis sampah apa saja yang ada disitu. sehingga diperoleh data yang akan diberikan kepada pihak berwenang.

Asli, kamu kagak bakalan nyesel. emang sih capek, tapi lihatlah kontribusi kamu. kamu pastinya dapet amal kebaikan dan Para penduduk sekitar ataupun wisatawan pasti pada senang tempatnya bersih.





2. Bersih Gunung


Bagi kamu yang hobi mendaki gunung, pasti udah ga asing sama yang namanya pendakian massal. nah klo pendakian massal kita cuma naik dan turun gunung bersama-sama. maka klo bersih gunung itu tujuan utamanya emang mendaki tapi lebih kepada kita mendaki sambil membersihkan sampah-sampah yang ada digunung.

bersih gunung ini ada gara-gara banyak para pendaki yang tidak sadar akan pentingnya kelestarian alam. mereka hanya mengejar puncak dan kebanggaan semata, namun melupakan esensi pendakian itu sendiri.

ketika digunung banyak sampah, maka kita akan merasa tidak nyaman dalam mendaki. alampun enggan menampakkan eksotisme yang ia miliki. sehingga bersih gunung menjadi salah satu alternatif untuk membersihkan sampah itu dan menanamkan kesadaran buanglah sampah pada tempatnya kepada para pendaki peserta.




3. Acara Go Green


Nama Go Green sendiri tidak mutlak. namun kami cuma bisa menjelaskan bahwa acara go green itu acara yang mendukung tentang pelestarian alam. kalau namanya terserah yang buat, atau tergantung dari daerah masing-masing. acara ini dapat berupa sosialisasi, ataupun seminar. sehingga belajar mencintai alam itu ga mesti di outdoor tapi bisa juga indoor.

materi go green sendiri bermacam-macam bisa tentang daur ulang, biopori atau bahkan fotografi alam. sehingga semua kalangan bisa ikut didalamnya, sehingga kita bisa menganggap bahwa belajar mencintai alam itu mudah. asal ada kemauan dan tekad sehingga kemudahan akan selalu datang. 

biasanya (berdasar pengalaman penulis) didalam acara ini juga terdapat prakteknya juga. sehingga bisa dengan mudah kita mendapat gambaran dalam aplikasi secara rill.






4. Ikut Kegiatan Lingkungan Pada Hari Tertentu


Pada hari atau waktu tertentu terdapat beberapa himbauan aksi yang berkaitan dengan pelestarian lingkungan. contohnya adalah earth hour, aksi memadamkan lampu selama satu jam (20.30-21.30) dan biasanya diadakan di bulan maret. 

Kegiatan ini dicanangkan oleh WWF untuk menghemat energi listrik. loh kok listrik? soalnya menghasilkan listrik itu butuh energi, dan biasanya energi yang digunakan adalah BBM. sehingga menimpulkan polusi, selain itu kegiatan earth hour dapat mencegah perubahan iklim.

selain itu masih banyak lagi kegiatan lain yang digunakan untuk memperingati hari lingkungan seperti hari bumi tanggal 22 April ataupun hari lingkungan hidup sedunia PBB pada 5 juni.

untuk lebih lengkapnya bisa dilihat di Hari Lingkungan ,kalau ga ada peringatannya di lingkungan sekitar kita, maka kita bisa jadi pioneernya.




5. Berpetualang di Spot Indah

Berpetualang mencari cinta. emang ga bisa kita hindari. namun petualang ini adalah bertujuan untuk mencari cinta terhadap kelestarian alam kita. gimana petualangannya? sekarang udah banyak EO yang menawarkan petualangan diberbagai spot keindahan alam yang ada diberbagai dunia. bahkan dilingkungan sekolah atau kampus sudah ada yang bisa menawarkan petualangan di spot-spot yang indah.

sehingga saat kita berpetualang dan kita merenungkan betapa pentingnya dan betapa indahnya spot petualangan kita. maka akan timbul rasa untuk menyanyangi dan merawat juga melestarikan karunia itu untuk anak cucu kita.




Kalau kegiatan diatas terasa sangat sulit, melelahkan bahkan membosankan untuk kamu semua. Tapi contoh kegiatan diatas dapat memberikan pelajaran yang sangat penting. soalnye selain menyenangkan juga dapat membentuk pola pikir kita dalam bersahabat dengan alam. 

Namun jika kamu tidak ingin untuk ikut kegiatan yang kami jelaskan juga tidak apa. soalnya masih ada banyak kegiatan lain yang bisa kalian coba untuk menumbuhkan kecintaan kamu terhadap alam dan lingkungan.






sumber: http://www.kaskus.co.id/thread/53eada0c0f8b46fd3f8b4583/?ref=homelanding&med=hot_thread

.

Ads

Daftar Isi