Ads

Selasa, 02 September 2014

10 Fobia Unik yang Membuat Kamu Heran


Fobia merupakan kondisi kesehatan psikologis yang merupakan kombinasi dari faktor eksternal (traumatik) dan faktor internal (keturunan atau genetika) yang terjadi di dalam diri seseorang. 

Fobia juga merupakan gangguan mental yang dengan mudah menjangkiti seseorang dan biasanya dimulai dengan hal yang kecil. Oleh karena itu ketika Anda merasakan rasa takut akan sesuatu muncul, segera lawan rasa takut tersebut agar tidak menjadi fobia.

Mereka yang mempunyai fobia terhadap hal-hal tertentu akan mengalami ketakutan yang tidak masuk akal dan disertai dengan gangguan fisik seperti sesak napas, detak jantung tidak teratur, berkeringat, dan mual.

Setelah kita tahu 7 Fobia yang mainstream, fobia pun ada bermacam-macam jenisnya, unik, dan bahkan cenderung aneh. Berikut adalah beberapa jenis fobia yang unik dan membuat Anda merasa heran. Berikut beberapa diantaranya.




1. 
Alliumphobia, takut bawang putih



Alliumphobia adalah salah satu jenis fobia yang unik yaitu ketakutan akan bawang putih. Orang dengan fobia ini akan menghindari mengonsumsi bawang putih dan bahkan takut dengan aroma bawang putih.

Nyamuk juga merupakan hewan yang memiliki alliumphobia. Oleh karena itu semprotan bawang putih merupakan alat yang efektif untuk mengusir nyamuk.




2. Didaskaleinophobia, takut pergi ke sekolah



Sekitar 5% anak-anak dilapokan memiliki didaskaleinophobia yang ditandai dengan keengganan untuk pergi ke sekolah.

Akar dari hal ini dapat disebabkan oleh ketidakmampuan anak tersebut untuk belajar, ketidakmampuan untuk mengatasi tekanan akademis, dan peristiwa traumatik. Oleh karena itu para guru harus memiliki kemampuan ekstra dalam menangani anak dengan fobia ini.




3. Soceraphobia, takut mertua



Soceraphonia merupakan ketakutan yang konstan dan rasa cemas yang timbul saat bertemu mertua. Hal ini biasanya disebabkan karena rasa takut yang timbul dalam diri sendiri dan bayangan yang tidak realistis tentang mertua.




4. Pogonophobia, takut jenggot



Pogonophobia berasal dari bahasa Yunani yaitu pogono yang berarti berkaitan dengan jenggot. Ketakutan ini muncul sebab orang tersebut mempunyai pemikiran negatif bahwa jenggot adalah sesuatu yang acak-acakan dan tidak higienis.




5. Euphobia, takut mendengar kabar baik



Siapa yang tidak suka mendengar kabar baik atau berita bahagia? Namun nyatanya, ada beberapa orang yang menderita fobia unik ini. Alasan dibalik munculnya fobia ini sebab mereka takut bahwa berita tersebut adalah berita bohong. Seseorang yang menderita euphobia memenuhi pikirannya dengan persepsi negatif. Terapi perilaku diperlukan dalam menangani hal ini.





6. 
Hippopotomonstrosesquipedaliophobia/Sesquipedalophobia, Takut kata-kata panjang



Nama fobia ini memang unik dan sesuai dengan arti dari kata itu sendiri. Hippopotomonstrosesquipedaliophobia adalah fobia dari kata-kata yang panjang atau muluk-muluk.

Pengalaman rasa takut dan bersalah saat mempelajari kosakata ketika masih kecil adalah salah satu penyebab dari fobia ini.





7. 
Aligynephobia/venustraphobia, Takut wanita cantik



Beberapa pria yang menderita fobia ini akan muncul rasa takut, cemas, gelisah, bahkan depresi ketika mereka berhadapan dengan wanita cantik. Hal ini mungkin berasal dari peristiwa traumatis saat mereka menghadapi wanita cantik dan mereka merasa rendah diri.





8. 
Hexakosioihexekontahexaphobia , takut angka 666



Angka 666 disebut sebagai angka buruk dalam Alkitab. Dalam Kitab Wahyu, orang yang terkait dengan nomor ini dibiarkan menghadapi konsekuensi yang mengerikan.

Dalam literatur fiksi dan musik, angka 666 sering dikaitkan dengan hal buruk. Itulah yang kemudian menjadi penyebab munculnya fobia ini.




9. 
Vestiophobia, takut mengenakan pakaian



Vestiphobia adalah keengganan yang muncul dalam diri seseorang untuk memakai pakaian. orang dengan fobia ini cenderung untuk memilih pakaian yang sangat longgar atau bahkan tidak berpakaian sama sekali.

Fobia ini muncul karena trauma ketika mereka pernah digigit oleh serangga yang tersembunyi di lipatan pakaian. Mereka yang menderita fobia ini akan mengalami rasa sesak napas, tercekik, mual, gemetar, dan panik ketika memakai baju.





10. 
Pneumatiphobia, takut akan roh



Fobia ini merupakan fobia yang takut akan roh atau hal-hal yang berhubungan dengan makhluk halus. Fobia ini dapat dikategorikan ke dalam beberapa jenis seperti Spectrophobia (takut bayangan seram), Phasmophobia (takut hantu), Demonophobia (takut roh jahat), Bogyphobia (takut sosok seram), Satanophia (takut setan), Stygiophobia atau Hadephobia (takut neraka), dan Wiccaphobia (takut penyihir).

Gejala yang terjadi karena fobia ini adalah paranoia, serangan panik, mual, berkeringat, gangguan mental, dan perasaan dikejar atau dianiaya oleh roh.

Cerita hantu, setan, dan penampakan lainnya yang dipopulerkan oleh banyak cerita sastra, film, dan mitologi mampu memperburuk fobia ini.





sumber: http://www.merdeka.com/sehat/intip-10-jenis-fobia-unik-dan-bikin-kaget-ini.html
.

Ads

Daftar Isi