Ads

Kamis, 12 Maret 2015

Nostalgia sambil Merinding bareng Goosebumps



Hallo guys *terutama yang seumuran sama kami* Buat kalian yang masih SD pas masa 90-an *yang berarti membuat kalian sekarang berumur twenty-something* pasti inget banget sama nih Goosebumps? 

Goosebumps adalah novela (novel tapi lebih pendek) horor yang diciptain oleh penulis RL Stine, jauh sebelum novel-novel kayak Harry Potter, Hunger Games, dan Percy Jackson sukses besar, buku-buku ini yang jadi favorit anak-anak pada zamannya. 

Goosebumps dulu ngetop banget pas kami SD, alasannya karena ceritanya serem (untuk ukuran anak seumuran kami) dan juga ceritanya cukup pendek (kalo dibandingin novel) jadi enak banget dibaca.



Goosebumps diciptakan oleh penulis bernama asli Robert Lawrence Stine yang sekarang mungkin udah jadi kakek-kakek ya, soalnya beliau lahir di tahun 1943. Beliau seorang lulusan Sastra Inggris, pantes aja beliau hobi banget menulis. Sebelum menjadi penulis buku horor anak-anak, beliau ternyata pernah bekerja sebagai tim kreatif di Nicklelodeon. Nggak heran kalo beliau deket banget sama dunia anak-anak. Uniknya, sebelum menulis buku-buku horor, beliau ternyata gemar menulis buku-buku komedi lho..

Pada akhir 90-an, beliau memutuskan banting setir menulis novela horor remaja berjudul “Fear Street”. Melihat kesuksesan buku horor ciptaannya, RL Stine mulai menulis buku horor untuk anak-anak pada tahun 90-an. Maka lahirlah serial Goosebumps, Namanya juga pas ya sama isi bukunya, soalnya “goosebumps” dalam bahasa Inggris berarti merinding atau berdiri bulu kuduknya.

Buku Goosebumps pertama yang beliau luncurkan adalah “Welcome to the Dead House” pada 1992 yang ternyata di luar dugaan, meraup kesuksesan yang luar biasa. Buku itu langsung terjual 1 juta kopi pada minggu pertama penjualannya! Buset deh, dahsyat banget! Nggak heran, beliau terus-menerus ketagihan memproduksi lanjutannya. Hingga akhir periode 90-an dimana serial Goosebumps ini berjaya, tercatat sudah ada 62 jilid dan terhitung seluruh edisinya terjual hingga 350 juta kopi! Buku-buku ini juga sudah diterjemahkan dalam 32 bahasa, termasuk Indonesia tentunya.

Rahasia kesuksesan Goosebumps tentu adalah kepiawaian RL Stine dalam menulis plot twist yang bikin ending tiap bukunya sama sekali nggak terduga. Buku-buku Goosebumps juga sukses membuat anak-anak di seluruh dunia merinding karena tak pernah gagal mengeksploitasi ketakutan anak pada hantu, monster di kolong tempat tidur, ruang bawah tanah, atau pada kegelapan. 




Beberapa buku juga punya cover-cover yang disturbing dan cukup menakutkan buat anak seumuran kami dulu. Berikut ini beberapa judul Goosebumps yang kami ingat..



Serigala Rawa Demam


Menurut kami sih ini seri Goosebumps yang paling serem. Ceritanya tentang manusia serigala yang berkeliaran di rawa-rawa.




Darah Monster


Yang ini juga lumayan serem dan dibikin sekuelnya, menceritakan darah monster yang menyebabkan manusia yang terkena menjadi raksasa.




Misteri Hantu Tanpa Kepala


Lupa ceritanya, tapi covernya bikin ... hiiiiiy....




Boneka Hidup Beraksi


Yang ini juga cukup sukses dan dibikin beberapa sekuelnya. Ceritanya tentang boneka yang bisa hidup dan berbicara.




Kutukan Makam Mumi


Salah satu cerita favorit kami. Bercerita tentang seorang anak yang ikut penggalian arkeologis orang tuanya di Mesir dan bertemu dengan, tentu saja, mumi.




Masalah Besar


Ceritanya tentang anak yang nyelametin putri duyung. Gara-gara buku ini kami jadi suka banget sama hiu martil..wkwk




Rahasia Kepala Terpenggal


Udah pernah baca belum ya... lupa. Tapi judulnya aja udah disturbing banget.




Topeng Hantu


Seingat gue ini salah satu buku Goosebumps yang terkenal. Lihat covernya aja dulu kami udah merinding.




Tetangga Hantu


Hahaha.. kami juga ingat buku yang satu ini. Endingnya si tokoh utamanya yang ternyata hantu.




Bergaya Sebelum Mati


Bercerita tentang kamera yang bisa nangkap kematian seseorang. Cover buku ini juga bikin kami ketakutan dulu (maklum anak SD).




Jauhi Ruang Bawah Tanah


Kalo nggak salah ceritanya tentang seorang anak yang ayahnya melakukan penelitian dengan tanaman di ruang bawah tanah. Salah satu cover buku Goosebumps favorit kami.



Ini beberapa buku Goosebumps lainnya (yang kami ingat covernya saja)




Nah, salah satu spin off dari buku Goosebumps ini yang kami suka banget adalah game-book berjudul “Seri Petualangan Maut” soalnya isinya kreatif banget. Jadi kita bisa memilih petualangan kita sendiri. Contohnya nih, dalam halaman yang kita buka, kita ketemu mumi. Nah nanti ada petunjuk: kalo mau menghadapi mumi, lompat ke halaman berapa; tapi kalo mau kabur, lompat ke halaman berapa. Duh seru banget deh, soalnya ada ending bagus (kita selamat) dan ada juga ending yang jelek (kita ikutan jadi mumi atau apa). Wah keren banget! Sayang sekarang buku model beginian nggak ada lagi. hiks..




Buku RL Stine ini kerap mendapat pujian karena tema bukunya yang bebas dari kekerasan, walaupun bergenre horor. Beliau juga kerap memasukkan unsur humor ke dalam buku-bukunya yang lebih bikin anak-anak betah membacanya. Dan yang paling penting, buku Goosebumps ini membuat anak menjadi gemar membaca. Padahal biasanya kan anak-anak sukanya buku yang banyak gambarnya. Nah, Goosebumps ini isinya tulisan semua tapi tetep bikin anak-anak betah bacanya. Jarang-jarang lho ya.. Salut deh buat penulisnya.
Ngomong-ngomong Goosebumps juga pernah ditayangkan dalam serial TV, seingat kami pernah tayang di Trans TV yang saat itu belum bergabung sama TV7.. hehe


Apa kalian juga ingat juga sama serial Goosebumps ini? Buat yang masih muda *alias lahirnya tahun 2000-an ke atas* dan nggak begitu tahu tentang buku ini, boleh kok dibaca *tapi agak susah sih nyarinya sekarang* soalnya seru. Kalo punya adek yang suka cerita horor dan masih duduk di sekolah dasar, bisa juga tuh disaranin baca buku Goosebumps ini.. hehe

Buat yang kangen atau kepengen mengenal seri buku Goosebumps, ini ada beberapa link yang bisa kami kasih.


http://horortime.blogspot.com/2013/05/tetangga-hantu.html

http://gundhanasevi.blogspot.com/2014/07/r.html

http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000006002317/buku-goosebumps/


Nah, apa buku Goosebumps favorit kalian? Jangan lupa kasih komentar ya...






sumber: http://mengakubackpacker.blogspot.com/2014/10/nostalgila-90-goosebumps-efects.html
.

Ads

Daftar Isi