Ads

Kamis, 07 Agustus 2014

Sudah Siap Menghadapi Segala Kondisi di Masa Depan?


Setiap orang pasti punya banyak cara dan persiapan untuk menghadapi kehidupan di masa mendatang. Entah itu soal pekerjaan, kehidupan pribadi, percintaan dan yang dan yang lainnya. Beberapa persiapan untuk menghadapi masa depan adalah dengan menyiapkan semua rencana, keterampilan, membangun relasi dan masih banyak lagi.

Tetapi masalah utamanya adalah kita nggak pernah tahu apa yang akan kita hadapi di masa mendatang. Kita nggak mungkin menghabiskan seluruh waktu kita hanya untuk bersiap-siap. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu kamu persiapkan agar kamu bisa siap dalam menghadapi berbagai situasi yang akan kamu temui nanti!


1. Miliki Kesadaran Berpikir


Kamu bisa memulainya dengan melatih kesadaran berpikirmu. Ketika kesadaran berpikirmu terlatih dengan baik, maka emosi dan pikiranmu bisa berjalan dengan selaras. Kamu bisa merasakan hal-hal yang terjadi di dalam tubuhmu sebagai sebuah rangsangan pada otakmu.

Melatih kesadaran berpikir bertujuan agar dirimu lebih peka terhadap berbagai perubahan yang terjadi di dalam maupun di luar tubuhmu. Kamu juga akan dengan mudah dapat merespon segala hal yang akan masuk ke dalam pikiranmu.

Kamu bisa melatih kesadaran berpikirmu dengan cara bermeditasi. Dengan bermeditasi, kamu bisa melatih kepekaan tubuhmu terhadap berbagai rangsangan yang berasal dari dalam maupun dari luar tubuhmu.



2. Melatih Respon Internal


Melatih respon internal dapat membantumu untuk bisa lebih mengatur tindakanmu dalam merespon rangsangan dari luar tubuh. Contohnya, ketika kamu hendak maju ke depan kelas untuk mepresentasikan tugas, biasanya kamu akan cemas dan panik.

Nah, kalau respon internalmu udah terlatih dengan baik, kamu bisa mengontrol reaksi tubuh dengan bijak. Ketika kamu udah bisa mengontrol reaksimu sendiri, kamu akan lebih mudah dalam mengambil tindakan.



3. Berpeganglah Pada Sesuatu Yang Kamu Yakini


Saat kamu sedang dalam keadaan yang sulit, misalkan rasa marah, benci, cemas, atau takut, terkadang kamu nggak tahu apa yang menyebabkan kamu merasakan hal-hal itu. Perasaan seperti itu terkadang muncul karena apa yang terjadi padamu nggak sesuai dengan apa yang kamu harapkan.

Mungkin pada awalnya kamu memang kesulitan untuk mendeteksi kenapa kamu mengalami perasaan-perasaan seperti ini. Tetapi jika kamu memiliki sebuah pandangan yang cukup membuatmu yakin bahwa kamu telah berbuat sesuai dengan keinginanmu, kamu bisa lebih tenang dalam menghadapi sebuah perbedaan yang dapat membuatmu terganggu.




4. Tetap Realistis


Nggak mungkin jika kita nggak punya sebuah idealisme. Tetapi berusaha terus mewujukannya bisa menghambat kinerjamu atau bahkan bisa membuatmu terluka.

Kamu harus bisa menerimanya dan membiarkannya pergi begitu aja. Terkadang kita memang harus sedikit lebih realistis, karena memang harus diakui nggak semua yang kita inginkan bisa terjadi dengan mudah.




5. Bertindaklah Secara Tepat


Bersikap realistis dan menerima kenyataan yang ada bukan berarti kita jadinya nggak berbuat apa-apa. Bagaimanapun juga, kamu tetap harus melakukan apapun yang memang harus kamu lakukan, meskipun itu nggak sesuai dengan idealisme yang kamu miliki.

Kamu tetap harus bertindak dengan secara tepat, tanpa mengikutsertakan rasa kesal, marah atau bencimu.




6. Fokus Dengan Apa Yang Terjadi Saat Ini


Fokus pada apa yang kamu lakukan pada saat ini, bukan hal yang kemarin atau hal yang akan kamu lakukan di masa depan. Memikirkan hal yang sudah atau yang belum terjadi padamu tidak akan membawa kebaikan.

Lakukan apapun dengan sebaik mungkin, sehingga di masa depan kamu udah nggak ada alasan lagi untuk menyesali masa lalu karena kesalahan yang sudah lewat. Merencanakan sesuatu untuk masa depan itu perlu, tapi jangan sampai membuatmu melalaikan hal-hal yang kamu kerjakan sekarang.




7. Bersyukur Atas Apa Yang Sudah Terjadi Padamu


Saat semua harapanmu nggak sesuai dengan kenyataannya, kamu pasti akan menganggap bahwa kenyataan itu memuakkan. Tapi jika kamu masih terus menuntut akan hal itu, kamu nggak akan bisa merasa tenang sama sekali. Bersyukurlah dan terimalah kenyataan dengan ikhlas, karena hanya dengan cara itulah kamu akan merasa tenang dan bisa menikmati hidup.


Hal-hal di atas cukup simpel bukan? Kamu hanya cukup mengandalkan kemampuan internalmu sendiri. Karena pada dasarnya yang bisa menolongmu untuk bisa tetap bertahan dalam mengahdapi masa yang akan datang hanya dirimu sendiri!




sumber: http://www.hipwee.com/inspirasi/sudah-siap-menghadapi-segala-kondisi-di-masa-depan-baca-ini/
.

Ads

Daftar Isi