Ads

Kamis, 07 Agustus 2014

Ikuti Cara Ini Jika Mau Jadi Pelajar Yang Produktif dan Berprestasi


Sebagai mahasiswa atau pelajar tugasmu seakan nggak pernah berhenti. Kamu pun dituntut untuk terus bisa produktif. Nah, ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan produktivitasmu dan mencapai harapan-harapan akademik kamu. Dan kalau kamu bingung cara apa aja itu, baca yuk tips berikut ini!


Ciptakan Suasana Belajar Yang Nyaman

Bakal sangat sulit untuk bisa tetap produktif kalau ruangan dimana kamu belajar sangat nggak nyaman. Meja belajar berantakan, buku-buku berserakan, lantai yang ubinnya udah tertutup seratus persen sama pakaian kotor: duh! Biar ini nggak terjadi, sebelum mulai belajar, yuk atur tempat belajarmu senyaman mungkin agar kamu bisa belajar maksimal!



1. Pakai Perabot Belajar Yang Nyaman


Kalau kamarmu cukup luas dan kamu punya uang yang cukup, nggak ada salahnya kamu beli meja belajar yang besar sekaligus. Kamu bisa meletakkan buku-buku serta berkasmu dan menatanya dengan rapi. Jangan sepelekan pula kursi yang kamu duduki. Pilih kursi yang ergonomis alias mendukung performa terbaik tubuh, karena kursi yang nggak ergonomis bisa berdampak buruk pada punggungmu.



2. Rapikan Meja Dan Buanglah Barang-Barang Yang Nggak Perlu


Tempat belajar yang berantakan dan nggak tertata rapi bakal bikin kamu semakin malas untuk belajar. Ujung-ujungnya, kamu nggak akan produktif sama sekali. Jadi singkirkan barang-barang yang udah nggak kamu perluin lagi. Tata dan rapikan barang-barangmu. Kosongkan tempat sampahmu.



3. Beli Alat Tulis Yang Bagus


Jangan ragu-ragu untuk membeli peralatan tulis menulis yang bisa membuat hatimu senang. Alat-alat tulis yang bagus dan kamu sukai bisa memancing semangatmu untuk terus produktif dan giat belajar.



Jauhkan Gangguan

Kalau kamu udah berhasil bikin tempat dan suasana belajarmu nyaman, langkah selanjutnya adalah menjauhkan berbagai bentuk gangguan yang bisa merusak konsentrasi belajarmu.


4. Cari Tempat Yang Tenang


Kamu nggak akan bisa belajar dengan efektif kalau masih terganggu dengan teriakan adik, kakak atau ibumu. Kamu nggak akan bisa belajar dengan tenang kalau tiba-tiba ibumu memintamu untuk membantunya cuci piring. Saat kamu ingin belajar, beri tahulah mereka kalau kamu butuh ketenangan. Tutup pintu kamarmu. Kalau perlu, kunci pintu agar kamu bisa belajar dengan tenang.



5. Musik Dapat Membantumu


Nggak semua orang bisa belajar sambil dengerin musik, tetapi beberapa orang bisa menjadi lebih fokus, enjoy dan produktif ketika sedang belajar. Kamu bisa coba sambil dengerin musik favoritmu. Lebih naik dengarkan musik yang berirama santai, atau kalau kamu ingin lebih produktif lagi kamu bisa mendengarkan musik-musik klasik dari Mozart, Bach, atau Beethoven.



6. Matikan Ponsel


Matikan ponselmu agar konsentrasimu tidak terpecah oleh suara-suara sms, telepon atau instant message. Kalau perlu, titipkan ponsel ke orang tuamu untuk mengantisipasi kabar penting dari temanmu. Dengan cara ini, kamu nggak lagi penasaran dan tergoda untuk ngecek ponsel setiap menitnya.



7. Matikan Televisi


Meskipun kamu beranggapan bahwa kamu selalu bisa belajar dan mengerjakan PR-mu di depan televisi, multitasking bukan hal yang baik — dan televisi seringkali membuyarkan konsentrasimu. Proses belajarmu pasti akan terganggu dan kamu jadi nggak produktif.



8. Jangan Buka Akun Media Sosialmu


Jangan tergoda untuk mengecek akun sosial media milikmu. Sering kali ketika belajar, setiap lima atau sepuluh menit sekali orang akan tergoda untuk membuka facebook atau twitter karena komputer mereka selalu terhubung dengan internet. Kamu bisa gunakan beberapa software yang bisa mencegahmu untuk mengakses Facebook dalam jangka waktu tertentu, seperti Dark Room atau Facebook Limiter.



Get Organized!

Kamu bisa belejar dengan sangat efektif jika mau mengorganisir semua catatan, berkas dan buku-bukumu. Kalau kamu tahu dengan baik dimana kamu menyimpan semua berkas dan catatan pentingmu, kamu bisa menemukannya dengan mudah saat tiba-tiba kamu membutuhkannya. Nggak hanya soal berkas dan catatan aja, kamu juga bisa mengatur dan merencanakan kegiatan belajarmu lho.


9. Atur Berkas-Berkasmu


Kelola semua berkas atau catatan-catatan mu dengan menggunakan map. Pilih dan pilah lalu masukkan ke dalam map sesuai dengan mata pelajarannya.



10. Atur File Di Komputer


Kalau kamu banyak menggunakan komputer untuk belajar, kamu juga harus merapikan semua file dan folder yang ada di komputermu. Penataan folder dan file yang baik akan membuat matamu nyaman dan akan mempermudah kamu saat belajar.



11. Buatlah To Do List


Buatlah to do list yang berisi jadwal belajar dan mengerjakan PR, lalu jangan lupa juga untuk menyertakan batas waktunya. Setiap kali kamu melihat to do list yang sudah kamu buat, kamu akan merasa termotivasi untuk menuntaskan semuanya.



12. Cobalah Pakai Software Trello


Coba juga dengan menggunakan Trello. Trello adalah sebuah aplikasi komputer yang biasanya digunakan untuk kepentingan bisnis secara luas. Di sini akan terdapat beberapa kolom kartu yang digunakan untuk menuliskan pekerjaan yang harus kamu kerjakan. Dalam kartu itu, kamu bisa menuliskan informasi penting mengenai pekerjaan yang akan dilakukan dan kamu juga bisa mengatur batas waktu pengerjaannya.


Atur Waktumu

Dan ini adalah salah satu aspek terpenting yang harus kamu perhatikan agar kamu bisa lebih produktif. Yup, mengatur waktumu!
Rahasia untuk tetap bisa produktif adalah dengan menggunakan waktu semaksimal mungkin untuk belajar. Ini dia cara-cara yang bisa kamu terapkan:


13. Atur Jadwal Belajar


Buatlah jadwal belajarmu setiap hari. Sisihkan waktu tertentu di mana kamu bisa benar-benar fokus belajar pada jam-jam tersebut. Dan jangan lupa juga untuk membuat jadwal istirahat.



14. Hentikan Kebiasaan Menunda-Nunda


Jangan hobi menunda-nunda pekerjaan. Kalau kamu bisa belajar dan mengerjakan pekerjaan rumahmu sekarang juga, kenapa harus menundanya besok? Jangan berpikir untuk membuka-buka akun sosial mediamu dulu. Segeralah belajar dan menyelesaikan pekerjaan rumah. Waktumu tidak banyak, jadi manfaatkanlah sebaik mungkin



15. Jangan Pakai Sistem Kebut Semalam


Jangan mencoba untuk mengerjakan sesuatu dalam jumlah yang banyak sekaligus. Itu hanya bakal bikin kamu terbebani, capek, dan kurang teliti. Daripada memaksa diri begitu, cobalah untuk mencicil atau membagi tugas — supaya apa yang kamu pelajari bisa kamu telaah dengan baik dan benar.



16. Jangan Tunda Sampai Menit-Menit Akhir


Meskipun kamu adalah orang yang bisa bekerja dalam tekanan dan deadline, menunda tugas hingga menit-menit terakhir pengumpulan akan membuatmu stres yang nggak perlu. Selalu rencanakan untuk mengerjakan tugasmu di waktu senggang. Menyelesaikan tugas di waktu luang juga bisa memberikan kamu banyak waktu untuk mengerjakan hal yang lainnya. Jangan sia-siakan waktu luangmu ya!



17. Sempatkan Belajar Saat Di Perjalanan


Kalau kamu sudah terbiasa menjalani komuting, jangan biarkan waktu perjalananmu terlewati begitu saja! Dalam perjalanan menuju ke sekolah atau kampus, gunakanlah waktu untuk membaca buku atau mendengarkanaudiobooks. Dengan ini, kamu nggak cuma bakal bengong sepanjang perjalanan.


Jaga Kesehatan Tubuh

Kalau tadi kamu sudah mencoba untuk mengatur waktu beajar, mengorganisir, dan mencitakan suasana belajar yang nyaman, sekarang saatnya untuk memikirkan tentang kesehatan tubuhmu! Tubuh yang sehat adalah kunci utama untuk tetap produktif.


18. Makan-Makanan Yang Sehat Dan Teratur


Apa yang kamu makan akan punya dampak langsung pada produktivitasmu. Makanan yang kurang karbohidrat dan protein akan membuatmu cepat lesu, dan tidak cukup makan akan membuyarkan konsentrasimu. Ingat, selalu awali hari dengan sarapan. Sebaiknya kamu sarapan dengan makanan yang tidak begitu berat tapi cukup membuatmu berenergi, seperti bubur oatmeal dan roti gandum.



19. Minum Banyak Air Putih


Rajin-rajinlah minum air putih. Jangan biarkan dirimu kehausan dan dehidrasi. Kekurangan cairan pada tubuh bisa membuatmu sakit kepala dan lesu. selalu sediakan botol air minum, dan pastikan untuk selalu mengisinya penuh. Selain bisa menghemat uangmu, kamu juga bisa jadi lebih rajin meminum air putih.



20. Tidur Nyenyak Di Setiap Malam


Usahakan untuk bisa tidur setidaknya selama 8 jam setipa malam. Jangan belajar hingga larut malam, apalagi sampai begadang semalaman. Tidur memiliki peran penting dalam mengubah informasi dari memori jankga pendek menuju memory jangka panjang, jadi tidur teratur dan nyenyak sangatlah membantu!



21. Olahraga


Berolahraga pastinya bisa bikin tubuhmu menjadi lebih bugar, dan perlu banget kamu tahu bahwa olahraga bisa mengeluarkan hormon endorfin, yang dikenal sebagai hormon pemicu rasa bahagia. Cobalah untuk berolahraga selama 20 menit setiap hari, dan kamu akan bisa mengawali harimu lebih semangat.


Perhatikan Faktor Psikologis

Tahap terakhir untuk menjaga dan meningkatkan produktivitasmu adalah dengan cara meningkatkan dan memanfaatkan kekuatan dari pikiranmu sendiri.


22. Pertahankan Mental Yang Positif


Nggak mudah memang untuk bisa mengembangkan mental yang positif dalam diri seseorang. Tapi kamu bisa mencobanya dengan menciptakan cara pandang yang positif pada saat belajar. Cobalah untuk melihat sisi menarik dalam berbagai hal dan membayangkan sebuah hasil yang sudah kamu impikan sebelum-sebelumnya.



23. Rutinitas Itu Penting


Rutinitas yang selalu ditaati akan memberi struktur yang jelas pada hidupmu. Kamu jadi tahu kapan harus memulai dan mengakhiri sesuatu. Jam biologis kamu pun lama-lama akan menyesuaikan rutinitasmu ini. Kamu bisa tidur, bangun, dan makan di jam-jam yang pasti. Di akhir hari, kamu akan bisa lebih meningkatkan produktivitas.


24. Belajar Kelompok


Ajaklah teman-temanmu untuk belajar bersama-sama. Nggak cuma bisa bikin kamu dan teman-temanmu saling bertukar pikiran aja, tapi juga bisa meringankan bebanmu karena kamu secara otomatis punya semangat belajar yang sama dengan teman-temanmu.



25. Beri Penghargaan Untuk Diri Sendiri


Paling akhir tapi nggak kalah penting: jangan lupa memberi penghargaan pada diri sendiri atas pencapaian yang sudah kamu dapatkan. Memberi penghargaan pada diri sendiri juga akan memancing timbulnya semangat baru, dan akan membuatmu terpacu untuk makin produktif lagi.


Bagi seorang pelajar atau mahasiswa, tuntutan utama mereka adalah untuk tetap menjaga produktivitas mereka selama menuntut ilmu. Jika selama belajar aja kamu udah bisa meng-handle hal ini, pasti kamu akan dimudahkan saat bekerja nanti. Selamat mencoba ya guys!




sumber: http://www.hipwee.com/tips/mau-jadi-pelajar-atau-mahasiswa-yang-produktif-ikuti-cara-ini/
.

Ads

Daftar Isi