Ads

Sabtu, 23 Agustus 2014

Bagaimanakah Proses Mandi yang Benar? Sudah Yakin dengan cara Mandimu?


Proses mandi kita biasanya adalah cuci muka, membasahi rambut, tangan, badan, lalu kaki. Selanjutnya kita akan pakai sabun, sampo, lalu membilasnya. Tapi bisa jadi cara ini nggak efektif membunuh kuman-kuman di tubuh kita. Akibatnya, mandi kita jadi sia-sia. Lah terus, cara mandi yang benar bagaimana?

kami menghimpun informasi dari stylist selebriti Edward Tricomi serta dr. Elizabeth Tanzi dari Washington Institute of Dermatologic Laser Surgery tentang proses mandi yang tepat, supaya kulit tetap terjaga dan rambut tetap sehat.



1. Suhu Air Yang Pas

Suhu air yang kita gunakan saat mandi mempengaruhi kelembaban tubuh kita. Jangan mandi menggunakan suhu air yang terlalu panas. Suhu air panas dapat mencuri kelembaban dari minyak kulit. Sebaiknya, kita mandi dengan menggunakan air hangat. Air hangat dapat membantu melancarkan aliran darah dan tidak akan membuat kulit kering. Kehangatan air bisa kamu ukur dengan ujung jarimu.




2. Gunakan Sampo Dengan Benar Dan Bilas Sampo Dengan Air Dingin Supaya Rambutmu Berkilau

Ketika menggunakan sampo, pastikan kamu menuang sampo ke telapak tangan, jangan langsung ke atas kepala. Masih banyak yang langsung asal taruh di kepala, padahal itu cara yang salah. Tuanglah sampo ke telapak tangmuan dan aplikasikan di rambut secara merata.

Bagian penting yang sering dilupakan orang saat pake sampo adalah membilas bagian tengkuk kepala. Bagian tengkuk kepala adalah bagian yang banyak menyimpan minyak dan kotoran. Pijat tengkukmu sekitar 30-60 detik, lalu bilas dengan air. Membilas dengan air dingin, dan bukan air panas, dapat membuat rambutmu berkilau loh.




3. Jangan Sabuni Seluruh Tubuh

Kita pasti terbiasa menyabuni seluruh tubuh. Ternyata cara itu kurang benar. Sabuni tubuh di bawah ketiak, bagian dada, bagian selangkangan dan wajah saja. Sabuni bagian-bagian yang tersembunyi karena justru bagian-bagian itulah yang menyimpan banyak kuman. Bagian lain cukup dibilas dengan air.




4. Cuci Muka Itu Bagian Paling Akhir

Cuci mukalah di bagian akhir. Dengan menunda mencuci muka, uap air hangat di kamar mandi akan punya waktu untuk membuka pori-pori wajahmu. Wajah yang pori-porinya terbuka akan lebih mudah dibersihkan.

Selain itu, mencuci muka di bagian akhir juga akan membersihkan wajahmu dari sampo dan minyak rambut yang kamu pakai. Dengan ini, kamu bisa mencegah sampo dan minyak rambut itu menetap di wajahmu (sampo dan minyak rambut yang menetap di wajah bisa menyebabkan jerawat).

Selain itu, lebih baik kamu mencuci muka dengan air hangat daripada air dingin. Air hangat bagus untuk melembutkan wajah.




5. Jangan Terlalu Sering MenggunakanScrub
Scrub sangat berguna untuk mengangkat sisa kotoran di tubuh. Tapi, kamu sebaiknya tak menggunakan scrub terlalu sering. Penggunaan srub yang terlalu sering bisa membuat kulit iritasi. Scrub sebaiknya digunakan sekali atau dua kali dalam seminggu.




6. Gunakan Hand-Body Lotion Setelah Kamu Mandi
Kebanyakan orang setelah mandi langsung pake handuk dan menunggu badan kering dulu baru pakai lotion. Ternyata, cara itu salah. Justru penggunaan lotion dianjurkan 5 menit setelah mandi atau saat badan masih lemban dan sedikit basah. Saat kondisi badan basah dan lembab, lotion bisa lebih maksimal dalam menjaga kelembaban kulit.


Nah, sekarang kamu tahu gimana cara mandi yang tepat, ‘kan? Semoga kamu makin bersih dan wangi bak melati! :p




sumber: http://www.hipwee.com/tips/kamu-sudah-yakin-dengan-cara-mandimu/
.

Ads

Daftar Isi