Ads

Kamis, 21 Agustus 2014

Beginilah Penampakan Sinyal Wifi



Bermacam gelombang elektro magnetik yang merambat di udara kita terus bergerak. Mereka berjalan, mengirim, menerima dan memancarkan sinyal, data dan segala tetek bengek digital yang kita butuhkan. Jika smartphone, laptop, komputer dan router-router wifi kafe dapat memancarkan gelombang yang bisa ditangkap oleh mata manusia, maka gelombang tersebut akan terlihat seperti jaring laba-laba yang terbuat dari pelangi. Setidaknya begitulah menurut Luis Hernan, seorang disainer, fotografer, dan kandidat doktor dalam karyanya bertajuk Digital Ethereal.





Dengan sedikit eksperimen dan teknik fotografi long exposure Hernan menciptakan gambar-gambar indah melalui pergerakan sinyal wifi. Awalnya, Hernan menciptakan alat bernama Received Signal Strength Indication (RSSI) yang terus-menerus men-scan sinyal wifi yang dipancarkan smratphone/router.





Yang Hernan gak ketahui adalah sinyal wifi ternyata memiliki warna yang mengindikasikan kuat atau lemahnya sinyal. Merah melambangkan sinyal yang kuat sementara biru artinya sinyal melemah. Dan gradasi warna antara merah ke biru melambangkan sinyal wifi kadang menguat dan kadang melemah.





Tertarik dengan ini, Hernan mengambil kamera dan meminta model untuk mengayunkan ponsel (atau alat pemancar/penerima wifi). Gerak ayunan yang dilakukan model telah diatur dengan sedemikian rupa sehingga membentuk untaian garis yang indah ketika ditangkap oleh kamera.





Menakjubkan bukan? Kalau kamu masih mau menikmati karya-karya Luis Hernan lainnya, silakan kunjungi website-nya di sini.





sumber: http://www.hipwee.com/hiburan/pertanyaanmu-udah-terjawab-beginilah-penampakan-sinyal-wifi/
.

Ads

Daftar Isi