Ads

Sabtu, 16 Agustus 2014

7 Alasan Kenapa Kamu harus Keluar dari Zona Nyaman


Berada di zona nyaman itu benar-benar melenakan. Kerjaanmu nyantai, bisa senang-senang, gak ada tekanan… pokoknya rasanya udah settle deh. Tapi, tanpa sadar kenyamanan itu sendiri membelenggumu dari satu hal yang penting: keinginan untuk maju dan berkembang.

Nah, alasan-alasan kenapa kamu harus meninggalkan zona nyamanmu ini mungkin akan membuka mata kamu untuk kembali berkembang.



1. Masa Depan Adalah Hal Yang Tidak Pasti.



Kita gak akan pernah tau apa yang akan terjadi. Memprediksi masa depan itu seperti berjalan di tengah kegelapan yang sunyi: kita gak akan pernah tau kapan kita akan menabrak dinding atau jatuh ke jurang. Perubahan akan selalu terjadi, dan kalau kamu menyangkal itu, kamu gak akan survive.

Charles Darwin menulis: “Survival for the fittest.” Keberlangsungan hidup hanya akan dipertahankan bukan oleh yang paling kuat, melainkan yang paling sanggup beradaptasi terhadap perubahan. Kalo kamu merasa takut sama perubahan, justru inilah saatnya untuk keluar dari gua nyamanmu. Mulai perjalananmu untuk menerima perubahan dan menemukan makna bagi hidupmu.





2. Tidak Melakukan Apa-Apa Hanya Akan Membuatmu Membenci Dirimu Sendiri.


Tinggal di zona nyaman itu emang enak dan aman pada awalnya. Tapi akan tiba saat di mana kamu akan menyesal karena kamu memilih untuk gak ngapa-ngapain, dan akhirnya kamu sadar bahwa hidupmu itu sangat membosankan.

Lebih baik mati karena berusaha menjalani hidup yang “hidup” tanpa rasa sesal dan malu di kemudian hari, daripada menyesal hanya karena kita gak berani keluar dari zona nyaman.




3. Perjalanan Ke Luar Zona Nyaman Itu Layak Untuk Dikejar.


Perjalanan menuju ke luar goa nyamanmu mungkin bakal penuh cobaan dan kesulitan. Emang gak bakal semudah tetap tinggal di zona nyaman, tapi itu adalah hal yang layak untuk dikejar. Rintangan-rintangan yang kamu temui sepanjang jalan akan bikin kamu lebih kuat dan sanggup bertahan dari ketidakpastian hidup.

Mengejar kebahagiaan mungkin akan didahului dengan kenyataan yang kejam, tapi jangan gentar dulu. Persiapkan dirimu dan nikmati tiap langkahnya. Karena pada akhirnya, kamu akan mengerti bahwa yang paling penting itu bukan tujuan akhirnya, prosesnya juga penting.




4. Kamu Akan Menemukan Sesuatu Yang Berharga.


Joseph Campbell pernah berkata, “Gua yang takut kamu masuki menyimpan harta karun yang kamu cari.”

Harta karun bisa berupa apapun yang bagimu sangat berharga; bisa passion-mu di bidang musik, kecintaanmu terhadap anak-anak suku pedalaman, pengalaman berharga di berbagai tempat, dan sebagainya.

Sejarah mencatat pahlawan-pahlawan luar biasa yang berani menantang zona nyaman dan menemukan hal yang berharga. Jadi buat apa kuatir? Percaya sama dirimu sendiri dan terjunlah dari zona nyaman, karena kita hidup dengan keyakinan.





5. Kamu Akan Tumbuh Menjadi “Seseorang”
Kamu punya potensi untuk menjadi “seseorang” di dalam diri kamu, dan kamu gak akan tau itu kecuali kamu berkembang. Petualangan di luar zona nyaman bisa memberimu kesempatan untuk tumbuh secara spiritual dan menyesuaikan diri.

Bumi terus berputar. Hidup penuh dengan paradoks yang cuma bisa kamu pahami jika kamu berkembang menjadi dewasa di dalam dirimu.




6. Kamu Akan Menemukan Tujuan Hidupmu.


Tujuan paling penting dalam hidupmu bukan ditentukan oleh nasib, melainkan harus kamu temukan sendiri. Kamu baru bisa menemukan tujuan ini jika kamu sudah berani keluar dari zona nyamanmu, karena tujuan hanya bisa ditemukan lewat perjalananmu.

Kalo kamu tetap tinggal di zona nyaman sambil merenungi tujuan hidupmu, bisa dipastikan kamu tidak akan memecahkan teka-teki itu. Tujuan hidupmu gak akan kamu temukan kecuali kamu berangkat dari zona nyaman.




7. Kamu Akan Mencapai “Nirwana.”
“Nirwana” bisa diartikan sebagai bentuk tertinggi dari pencapaian manusia. Itu adalah keadaan yang luar biasa dalam mengatasi rasa takut dan nafsu. Nah, perjalanan keluar dari zona nyaman akan mengujimu secara mendalam untuk mengatasi rasa takut akan ketidakpastian dan meniadakan keinginan-keinginan yang gak penting.

Jika kamu bisa mengatasi semua itu, kamu bisa mencapai kebahagiaan yang kamu cari-cari sepanjang hidupmu.



Keluar dari zona nyaman memang gak menjaminmu bisa mendapatkan apa yang kamu inginkan. Tapi yang pasti, akan ada banyak hal yang bisa kamu temukan bila kamu berani keluar dari zona nyaman yang sudah kamu jalani selama ini.





sumber: http://www.hipwee.com/inspirasi/ini-dia-alasan-kenapa-kamu-harus-meninggalkan-zona-nyamanmu-sekarang-juga/
.

Ads

Daftar Isi