Ads

Selasa, 26 Agustus 2014

Jangan Lakukan Hal ini jika Ingin Produktif di Pagi Hari


Setiap orang tentu mendambakan pagi hari yang produktif. Bisa bangun pagi dengan tenang dan menyelesaikan semua pekerjaan tepat waktu.

Nah, supaya bisa melewati pagi hari yang menyenangkan, sebaiknya kamu nggak melakukan hal-hal berikut ini ya…



1. Matiin Alarm Terus Tidur Lagi
Sebagian orang mungkin merasa bahwa bangun tidur, mematikan alarm, lalu tidur lagi adalah hal biasa. Padahal, hal ini justru bisa berdampak buruk bagi kesehatan kamu. Pasalnya, kembali tidur setelah sebelumnya sudah terbangun berarti membuat pola baru dalam waktu tidurmu.

Jika alarm sudah berbunyi, sebaiknya segera bangun dan mulai aktivitasmu. Kalau kamu memang merasa tubuhmu sedang kurang fit sehingga butuh waktu tidur yang lebih lama, itu juga bukan masalah kok. Tambahkan jam tidurmu dengan cara menyetel alarm lebih siang dari biasanya. Bagaimana pun, kamu lah yang paling mengerti kondisi tubuhmu ‘kan…




2. Merencanakan Banyak Kegiatan



Sekedar membuat daftar kegiatan mungkin emang gampang dilakukan. Tapi, akan lebih baik jika kamu bisa membuat daftar kegiatan yang efisien. Hal itu justru membuatmu semakin produktif.

Daftar kegiatan yang terlalu banyak justru akan membebani pikiranmu dan membuatmu stres. Ketika stres, maka kamu akan kehilangan fokus dan tingkat produktivitasmu pun terus menurun. Kenali dirimu dan bertanggung jawablah pada dirimu sendiri. Jangan berpikir bahwa kamu bisa jadi manusia super. Sedikit daftar pekerjaan tapi bisa kamu tuntaskan jauh lebih baik daripada banyak daftar pekerjaan tapi cuma bisa kamu selesaikan sebagian.





3. Bangun Tidur Langsung Nge-Cek Facebook/Twitter/BBM/Sosmed Lainnya

Di era ini kamu mungkin akan demikian penasaran dengan apa yang terjadi selama kamu tidur lalu, sehingga buka email atau media sosial adalah hal pertama yang kamu lakukan di pagi hari. Tapi, sebisa mungkin lawanlah hasratmu itu.

Membuka media sosial akan menyita waktumu dan mungkin menahanmu untuk mengerjakan sesuatu yang sebenarnya nggak ada dalam daftarmu. Padahal, kamu sudah punya sekian kegiatan yang harus segera kamu selesaikan. Jangan sampai pagi harimu berantakan hanya karena kamu nggak bisa menahan diri.





4. Menunda Pekerjaan Yang Bisa Dilakukan Pada Malam Sebelumnya
Cara terbaik untuk pagi yang produktif adalah persiapan maksimal di malam sebelumnya. Misalnya, ketika kamu sudah menyiapkan baju, sepatu, dan aksesoris yang akan kamu pakai ke kantor besok pagi. Kamu pun nggak perlu menghabiskan pagi harimu untuk mengacak-acak isi lemari demi menemukan pakaian yang paling keren. Dengan begitu kamu bisa menghemat waktu untuk melakukan hal lain dan siap memulai hari dengan penampilan prima.




5. Melakukan Beberapa Pekerjaan Sekaligus

Kamu sudah membuat jadwal untuk semua kegiatanmu di pagi hari, maka selesaikan semuanya menurut jadwal yang kamu buat. Fokuslah pada pekerjaan-pekerjaan itu, satu-persatu. Jangan mudah terdistraksi dan berusaha untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan sekaligus. Kamu mungkin merasa mampu. Tapi, apakah kamu benar-benar bisa atau justru membuat semuanya berantakan?




6. Malas Sarapan



Yup, sarapan adalah asupan makanan terpenting bagi tubuh. Banyak orang mungkin mengabaikan tentang pentingnya sarapan. Apakah kamu pernah membayangkan tentang mobil yang berjalan tanpa bensin? Nah, sama halnya dengan tubuhmu.

Sarapan adalah bahan bakar bagi tubuh. Sarapan sehat akan memberikan manfaat bagi tubuh secara mental, yaitu kamu lebih mudah fokus dan konsentrasi. Hal ini juga akan memberi dampak positif bagi aktivitasmu selama sehari penuh.




7. Datang Ke Kantor/Sekolah Tepat Waktu
Lho, apa salahnya datang ke kantor tepat waktu? Yah…ternyata untuk bisa lebih produktif, kamu sebaiknya datang ke kantor lebih awal daripada rekan-rekan kerjamu. Misalkan, kamu bisa datang satu jam lebih awal dari jadwal yang seharusnya. Dengan begitu kamu akan punya lebih banyak waktu untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Kamu bisa merapikan meja kerja atau merapikan dokumen untuk rapat dengan tenang. Nggak ada suara bising rekan kerjamu atau hasrat bersosialisasi yang mengganggu kinerjamu.




8. Buang-Buang Waktu

Jika ingin menjadi seseorang yang produktif maka jangan pernah katakan “aku nggak punya banyak waktu”. Faktanya, kamu punya waktu 24 jam, sama seperti Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Najwa Shihab, Dahlan Iskan, atau orang sukses lainnya. Lalu, kenapa kamu nggak sehebat mereka? Yup, kemampuanmu mengatur waktu adalah yang menentukan kesuksesanmu.




9. Memulai Hari Dengan Marah-Marah



Nggak ada yang lebih buruk dari memulai hari dengan marah-marah. Marah adalah ekspresi emosi yang kuat dan seringkali merugikan jika kamu nggak bisa mengendalikan dirimu. Ketika kamu keluar rumah dengan mood semacam ini maka fokus dan konsentrasimu akan tersita untuk kemarahanmu. Akibatnya, kamu sulit fokus dan berkonsentrasi pada hal lain yang sebenarnya lebih penting.



Nah, mulailah harimu dengan hal-hal yang positif agar kamu bisa lebih produktif. Kadang, banyak hal buruk yang bisa terjadi dan nggak bisa kamu hindari. Tapi setidaknya berusahalah untuk menjadikan hari-harimu lebih berkualitas dengan mencoba 9 tips di atas. Semoga hari-harimu lebih produktif ya…





sumber: http://www.hipwee.com/tips/jangan-lakukan-ini-kalau-kamu-pengen-bisa-produktif-di-pagi-hari/
.

Ads

Daftar Isi