Ads

Kamis, 11 Agustus 2011

Tips Diet Berdasarkan Golongan Darah


Tahukah Anda diet golongan darah? Sebelum membahasnya, mari kita bahas sedikit mengenai barat badan. Memiliki berat tubuh yang berlebih tidak baik untuk kesehatan kita. Berat tubuh yang tidak ideal, dapat memicu terserang berbagai penyakit. Tidak ada data yang mutlak mengatakan bahwa kelebihan berat badan dapat menyebabkan sakit, karena mereka yang memiliki berat badan yang ideal pun, tak lepas dari penyakit.


Sebagai contoh, orang yang berbadan kurus, bukan berarti mereka bebas dari kolesterol yang merupakan salah satu penyebab penyakit jantung. Demikian juga halnya dengan penyakit Diabetes. Mereka yang berbadan gemuk tidak berarti yang rentang terhadap penyakit Diabetes. Hal ini disebabkan dengan pola makan yang diterapkan setiap orang berbeda-beda. Di samping itu juga, faktor genetik atau keturunan juga berperan.

Sehat tidaknya seseorang tidak ditentukan oleh berat badan. Namun, alangkah lebih baik, jika kita menjaga berat badan jangan sampai kelebihan. Sesuatu yang berlebihan tentu kurang baik. Di lain pihak kelebihan berat badan juga dapat mengganggu penampilan Anda. Khususnya bagi kaum hawa.



Diet Golongan Darah
Banyak di antara kita yang menginginkan bentuk tubuh yang ideal. Namun, sekuat apa pun usaha untuk menurunkan berat badan, tetap saja terkadang usaha kita sia-sia. Sudah diet ketat malah tak kunjung turun berat badan, bahkan malah ada yang makin bertambah berat badan.

Mengapa itu bisa terjadi? Apakah pola diet kita yang salah? Mungkin tidak ada yang salah dengan pola diet yang telah Anda lakukan selama ini. Hanya saja, Anda mungkin kurang memahami apa yang Anda lakukan dengan apa yang tubuh Anda perlukan.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Dr., Peter J.D’Adamo, yang tertuang dalam bukunya Eat Rigth For Your Type, mengatakan bahwa setiap orang memiliki respon yang berbeda terhadap makanan yang di konsumsi, berdasarkan golongan darah masing-masing. Oleh karena itulah, terkadang pola diet yang cocok untuk si A, belum tentu juga cocok buat si B.


Jenis Makanan Sesuai Golongan Darah
Setiap golongan darah yang ada, memiliki daya tahan terhadap makanan tertentu. Seperti untuk golongan darah A, sangat baik memakan sayuran hijau, kacang-kacangan dan tepung beras. Untuk yang bergolongan darah B, sangat baik memakan ikan laut, produk olahan susu, gandum dan daging.

Sementara golongan darah O, sayuran dan daging, karena daging dapat mengurangi peningkatan asam lambungnya. Terakhir untuk yang bergolongan darah AB, disarankan untuk mengkonsumsi protein yang terkandung dalam ikan, telur dan daging.



Diet Golongan Darah A
Mereka yang memiliki golongan darah A, mempunyai masalah dalam pencernaannya yang cenderung sensitif. Untuk melakukan diet, golongan darah A dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat yang tinggi dan rendah lemak. Baik juga untuk memakan makanan yang terbuat dari produk susu dan daging.



Diet Golongan Darah B
Golongan darah B memiliki sistem kekebalan tubuh yang kurang dibanding dengan pemilik golongan darah lainnya. Oleh karena itu, diet golongan darah B disarankan untuk membatasi asupan daging yang berlebih. Lebih dianjurkan untuk memakan dan meminum jenis makanan dan minuman yang berbahan dasar susu.



Diet Golongan Darah O
Untuk golongan darah O, cenderung memiliki masalah usus dan pencernaan, serta peredaran darah yang kurang baik. Disarankan untuk tidak mengkonsumsi karbohidrat berlebih. Hindari makanan yang banyak mengandung tepung terigu dan kacang-kacangan. Sangat dianjurkan memakan makanan yang kaya akan protein tinggi, seperti ikan dan daging.



Diet Golongan Darah AB
Golongan darah ini merupakan golongan darah yang beruntung. Tidak seperti golongan darah lainnya, pemilik golongan darah AB dapat menyesuaikan diri dengan berbagai jenis makanan. Untuk golongan darah AB, hanya dianjurkan makan dalam jumlah sedikit, tetapi sering. Lebih baik juga ditambah dengan berolahraga pada pagi hari setiap harinya.



.

Ads

Daftar Isi