Sering nggak ngerasa satu hari yang punya 24 jam itu masih belum cukup buatmu karena aktivitasmu yang seabrek dan menggunung? Merasa belum ngelakuin apa-apa kok udah malam lagi ya? Atau merasa baru aja merem eh, tahu-tahu harus bangun karena sang Mentari udah menyapa dari balik jendelamu?
“Duh, kok hari ini cepet banget sih?! Masih capek, pengen tidur lagi nih… ” dan banyak-banyak lagi komentar lainnya yang sejenis.
Jika itu yang sering kamu rasakan, bisa jadi masalahnya ada pada caramu mengelola waktu dan aktivitasmu. Dan di dalam artikel ini, ada beberapa tips untukmu agar kamu bisa mengatur waktumu dengan lebih baik lagi. Yok, mulai diinget – inget!
1. Buat Catatan Kegiatanmu Tiap Harinya
Kamu bisa mulai membuat catatan kegiatan dengan mencatat apa saja yang akan kamu lakukan tiap 15 menit dalam satu hari, dan lakukan hal ini selama 2 minggu. Kemudian mulai evaluasi dan lihat bagaimana caramu menghabiskan semua waktumu.
Apakah kamu sering menonton TV bersama dengan keluarga, jalan-jalan bareng teman-temanmu, atau justru duduk dan tenggelam di dalam tumpukan pekerjaanmu? Catatan kegiatan akan berguna untuk membantumu mengetahui bagaimana caramu menghabiskan waktu dan kegiatan apa yang paling menyita waktumu sehingga kamu bisa lebih realistis dalam membuat jadwal harianmu.
2. Tentukan Prioritasmu
Setelah kamu mengerti bagaimana caramu menghabiskan waktu dan kegiatan apa yang paling banyak menyita waktumu, tahap kedua adalah dengan menetapkan prioritas kegiatan. Melakukan prioritas ini adalah tahap yang paling penting yang wajib dilakukan saat kamu ingin mengelola waktumu dengan baik.
Menurut Covey, Merrill and Merrill (1994) cara yang paling baik dalam menentukan kegiatan prioritas adalah dengan membagi kegiatanmu menjadi penting-mendesak, penting-tidak mendesak, tidak penting-mendesak dan tidak penting-tidak mendesak seperti gambar di atas.
Setelah itu, gunakan pembagian kegiatan tersebut sebagai panduan untuk beraktivitas. Fokuskan pada hal-hal yang penting (baik mendesak atau tak mendesak) karena pada kegiatan yang penting inilah seharusnya kamu mengalokasi paling banyak waktu yang kamu miliki.
3. Gunakan Alat Bantu
Tidak ada salahnya untuk menggunakan buku notes untuk membantumu mengatur semua jadwalmu, baik asli atau yang berbentuk aplikasi yang bisa kamu donwload di smartphonemu seperti Evernote, Everyday Note, Epistle, atau Any.do.
Menggunakan notes seperti ini tentu saja memudahkanmu agar “tetap berada di jalur” dan menghindarkanmu dari kegiatan yang menyia-nyiakan waktumu yang berharga itu.
4. Rapikan Barang-Barangmu
Merapikan barang-barang seperti kertas, buku, baju hingga pernak pernik yang kamu miliki akan sangat bermanfaat agar kamu tidak kelimpungan saat kamu membutuhkannya. Sering kan kamu menghabiskan 1 jam lebih untuk mencari kunci motor yang nyelip entah kemana?
Oleh karena itu untuk membuat waktumu lebih efisien dan tidak harus membuang waktu percuma, mulai rapikan barang-barangmu saat ini juga.
5. Masukkan Hobi Ke Daftar Agendamu
Kamu tetap harus memberikan “me time” disela-sela jadwal kegiatan harianmu itu. Mengatur jadwal dan mengelola waktu tidak melulu berkaitan dengan apa yang HARUS kamu lakukan, tapi juga apa yang INGIN kamu lakukan. Bayangkan saja jika dalam sehari kamu bekerja terus tanpa ada alokasi waktu buat break?
Yakin deh, selain merasa stres kamu bakal jatuh sakit karena terlalu memaksakan diri. Usahakan luangkan waktu di penghujung hari seperti jam 5 atau sehabis magrib untuk melakukan kegiatan yang menjadi hobbymu.
6. Biarkan Orang Lain Membantumu Dengan Menggantikan Kehadiranmu
Tidak jarang kegiatan kita tidak berjalan sesuai dengan rencana awal, sehingga kamu merasa waktu dan jadwal semua kegiatanmu terasa mencekikmu.
Saat itu terjadi, sebenarnya itu adalah tanda kamu membutuhkan pertolongan dari orang lain. Setidaknya, untuk melakukan beberapa kegiatan seperti rapat atau seperti yang ada di kuadran 3 (tidak penting-mendesak).
Dengan meminta pertolongan orang lain kamu akan memiliki waktu tambahan untuk melakukan kegiatan pentingmu yang ternyata menyita lebih banyak waktu daripada perkiraan awalmu.
7. Hentikan Kebiasaan Menundamu
Kebiasaan untuk menunda adalah kebiasaan buruk yang harus kamu hilangkan mulai kini! Selain tidak produktif, kebiasaan ini akan membuat hari-harimu berantakan dan mencegahmu untuk sukses dalam segala hal.
Bayangkan betapa stresnya hari-harimu jika kamu harus bekerja selama lebih dari 12 jam bahkan harus membawa pulang kerjaan karena kebiasaanmu menunda kerjaan. Mau seperti itu guys?
8. Perhatikan Pembuang-Buang Waktu Yang Ada Di Sekitarmu
Jauhkan ponsel pintar. Berhenti membuka e-mail, Twitter, Facebook, atau tautan-tautan yang nyasar ke desktopmu saat kamu sedang melakukan kegiatan penting. Ini musti kamu lakukan karena semua hal itu sering secara tidak sadar menghabiskan waktumu.
Selain itu, ini penting untuk membuatmu tetep fokus saat harus melakukan kegiatan pentingmu.
9. Sebisa Mungkin Hindari Multi-Tasking
Jika kamu berpikir multitasking itu menghemat waktumu, kamu salah besar,guys! Faktanya, menurut penelitian baru-baru ini, multitasking justru tidak efisien sama sekali dan justru membuatmu kehilangan waktu untuk mengembalikan fokusmu saat kamu harus beralih dari tugas satu ke tugas yang lainnya.
Jadi fokus ke satu tugas aja dulu ya, guys! Enggak usah maksain diri dan nggak perlu ngoyo, Bro..
10. Jaga Kesehatanmu
Kesehatan adalah harta kita yang tidak ternilai harganya.
Gunakan pengelolaan waktu yang baik agar tubuh dan pikiranmu tetap sehat dan produktif. Salah satu cara yang bisa kamu coba adalah memprioritaskan kegiatan pentingmu saat mood kamu sedang bagus-bagusnya, dan memberikan jeda di antaranya untuk istirahat dan bersantai agar energimu terisi kembali.
Nah, itu dia beberapa cara untuk mengelola waktu agar kamu enggak kelimpungan lagi waktu menjalani kegiatan dan aktivitas yang seabrek. Mulai dicoba yuk…
http://www.hipwee.com/tips/24-jam-masih-kurang-buatmu-coba-manajemen-waktu-ini-yuk/
.