Ads

Sabtu, 24 Januari 2015

Tips Menghadapi Teman yang Sedang Berkonflik



Persahabatan itu memang indah. Nggak ada yang mengalahkan manisnya persahabatan. Tapi kalo persahabatan diwarnai dengan pertengkaran, hmm pasti nggak enak juga kan. Apalagi kalo kamu berada di tengah-tengah pertengkaran itu, ribet juga kan?

Di satu sisi, itu temen kalian. Di sisi lain, kamu juga nggak bisa memihak satu di antara temen kalian. Nggak perlu bingung deh. Ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan ketika kamu berada di situasi seperti itu.





1. Tenangkan kedua belah Pihak
Langkah pertama yang bisa dan harus kamu lakukan adalah menenangkan suasana hati kedua belah pihak. Coba tanyakan hal apa yang mendasari pertengkaran mereka berdua. 

Berikan solusi yang tepat buat mereka masing-masing, Ungkapkan beberapa pernyataan yang mengesankan kalo kamu memihak mereka. Ingat, jangan terbawa suasana sampai-sampai kamu memihak salah satu di antara mereka berdua. Hal ini bisa membawa kehancuran ikatan persahabatan kalian dan menumbuhkan dendam di hati teman kamu yang lain.





2. Komporin Mereka dengan Hal-hal Positif
Langkah kedua yang bisa kamu lakukan adalah menjadi perantara komunikasi di antara mereka berdua. Yup, bener banget. Semacam merpati pos gitu. Dua temanmu nggak mungkin bisa langsung berkomunikasi. Pasti mereka butuh perantara. Ini tugas kamu buat ngomporin mereka dengan hal positif.

Ketika mereka menyuruhmu untuk mengungkapkan perasaan ke satu sama lain, tambahkan sedikit “bumbu penyedap” di antara kalimatmu. Omongin yang baik-baik, hilangkan yang buruk-buruk. Bohong dikit nggak masalah kok, kan demi kebaikan juga. #forgive-me-god




3. Manfaatkan Pihak Ketiga
Kalo cara kedua masih belum bisa mencairkan suasana, atau malah jadi makin keruh gara-gara kamu salah ngomong, kamu bisa mencoba cara yang ketiga, yakni melibatkan orang ketiga.

Orang ketiga ini bisa jadi teman lainnya atau orang tua mereka. Ceritakan kejadian yang sebenarnya tanpa sepengetahuan teman kamu. Orang terdekat mereka pasti lebih dituruti dibandingkan kamu, sehingga kemungkinan rukun kembali bisa meningkat drastis.





4. Ingatkan akan Kenangan Dulu
Orang ketiga masih nggak berhasil juga, hmm, masih ada cara pamungkas. kamu bisa memberikan kenangan-kenangan kalian ketika bersama dulu.

Dengan cara ini, pihak yang bertikai pasti lebih sedikit tenang dan berpikiran jernih sehingga semua kesalahpahaman mereka akan sedikit demi sedikit menghilang. Kalo udah kayak gitu, langsung aja deh kamu ajak mereka bertemu dan saling maaf memaafkan. Beres deh.





Nah, itu tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan ketika menghadapi situasi di tengah konflik. Ingat gan, jangan biarkan pertengkaran di antara teman ini berlarut-larut. Dendam mungkin saja terjadi kalo kamu membiarkan hal ini terjadi. Jadi, tetap rukun ya!






sumber: http://loop.co.id/
.

Ads

Daftar Isi