Ads

Jumat, 09 Januari 2015

Kenapa Kita tidak Merasakan Rotasi / Perputaran Bumi ?



Kita semua tentu tahu bahwa bumi berotasi/berputar terhadap porosnya serta berevolusi mengitari matahari, namun mengapa kita tidak merasakan bahwa bumi itu berputar? 

Mengapa tidak ada goncangan sedikit pun yang terjadi, atau kenapa kita tidak merasakan pusing? Coba kamu berputar-putar terus menerus tentu kamu akan mengalami pusing, namun kenapa kita tidak merasakan pusing saat bumi berotasi/berputar? Baiklah berikut penjelasan ilmiahnya..



Hukum Newton I


"Jika resultan gaya yang bekerja pada benda yang sama dengan nol,maka benda yang mula-mula diam akan tetap diam. Benda yang mula-mula bergerak lurus beraturan akan tetap lurus beraturan"


Kok malah jadi belajar fisika sih?



Begini, misalkan ada sebuah batu diletakan diatas meja, maka batu tersebut tidak akan bergerak jika tidak ada gaya/dorongan yang diberikan kepada benda tersebut. Ataupun juga benda akan tetap bergerak konstan/tetap jika tidak diberi gaya dari luar.

Kenapa Kita tidak bisa merasakan bumi itu berputar? hal itu dikarenakan bumi berputar dengan kecepatan konstan/tetap. Walaupun bumi berotasi/berputar dengan kecepatan tinggi 1600kph kita tidak merasakan pusing ataupun goncangan karena bumi berputar dengan kecepatan konstan. kita baru akan merasakan goncangan atau pusing jika bumi ditabrak oleh benda asing dari angkasa, karena tabrakan tersebut membuat kecepatan bumi menjadi tidak konstan.





Masih belum ngerti juga ?




Misalkan kita naik sebuah mobil yang sedang bergerak dalam lintasan lurus dan mobil berjalan dengan pengaturan kecepatan sehingga bergerak dengan konstan. Kita tidak akan merasakan gaya apa pun yang mendorong tubuh kita. Akan tetapi jika mobil memasuki tikungan, tubuh kita akan merasakannya, karena kita akan terdorong sedikit ke arah luar lintasan lengkung mobil yang menikung.

Atau lebih sederhana lagi, misalkan mobil tadi tiba-tiba di rem, tubuh kita akan menyadarinya dan tubuh terdorong ke depan.






sumber:
  • http://www.kaskus.co.id/thread/54aa3a2b60e24b61308b456d/?ref=homelanding&med=hot_thread
  • http://davitchemicalz.blogspot.com/2012/11/bumi-berputar1600kmjam-namun-kenapa.html.

Ads

Daftar Isi