Ads

Minggu, 08 Maret 2015

Ketika Sekolah Hanya Untuk Ijazah



Buka MATA, HATI dan PIKIRAN 
Ini tentang KEMALASAN yang terjadi di SEKOLAH
Dan KEBIASAAN yang harus DIRUBAH !

Coba deh kalian kaji ulang, ketika sebuah tugas selalu lo anggap sebuah masalah. Ia hanya bikin hari - hari lo tak lagi indah. Ketika seorang guru disekolah udah lo anggap sebagai masalah. Ia hanya meninggalkan sebuah rasa gundah dan membuat setiap langkah lo dipenuhi keluh kesah. Pada akhirnya... semuanya jadi serba salah.




Mari kita sama - sama kenali, pahami dan hindari pandangan - pandangan tentang sekolah yang hanya berorientasi pada sebuah ijazah. Untuk menuntun kita kearah masa depan yang cerah..







1. Datang Terlambat Adalah Niat
Kalo ampe detik ini lo masih sering dateng kesekolah dalam keadaan terlambat, gue saranin mending lo buang jauh - jauh kebiasaan itu karena amat teramat sangat gak bermanfaat. Coba deh introspeksi diri, temen sekelas lo ajah yang rumahnya jauh ampe harus mendaki gunung dan melewati lembah (Hastag: Ninja Hatori) bisa dateng dengan waktu yang tepat dan cepat. Kembali lagi... Semuanya tergantung pada NIAT !







2. Hanya Berfikir Yang Penting Hadir
Sekolah gak semata - mata nyuruh lo dateng nyubuh, kemudian duduk dibangku sambil ngeluarin buku, dengerin guru ampe lo merasa jadi manusia paling dungu. Kenapa lo lupa kalo tujuan yang sebenernya adalah buat nuntut ILMU? Akan terasa percuma kalo lo hanya berfikir yang penting hadir. Coba dehh rubah mindset tersebut menjadi "Lo HADIR kemudian mulailah BERFIKIR". Serap semua ilmu yang disampaikan disekolah, kemudian kembangkan diluar sana.







3. Selalu Malas Ngerjain Tugas
Malas ngerjain Tugas?? Yahh.. hal yang lumrah bagi semua anak sekolah, apalagi kalo tugasnya terbilang susah. Tapi gak usah nyerah, apalagi takut salah. Bukannkah itu termasuk proses belajar?? Bayangin ajah deh kalo misalnya lo gak ada tugas, gak ada ulangan, ga ada evaluasi dan sebagainya, bagaimana lo bisa tau dimana posisi lo sekarang? dimana tingkat pemahaman lo akan sebuah materi yang baru saja lo pelajari disekolah??







4. Modal Copas Kerjaan Tuntas
Ini yang bikin miris, dikasih tugas lo cuman modal copy - paste. Disuruh bikin makalah misalnya, lo hanya modal copas dari berbagai blog tanpa pernah lo kaji ulang atau dipahami terlebih dulu. Atau lo dikasih pr, tapi dikerjainnya disekolah dengan modal nyalin dari buku temen lo yang pinter. Kalo ginih terus, proses berfikirnya dimana??







5. Hanya Terbuai Sebuah Nilai
Yahh.. kalo point no. 3 dan no. 4 adalah lo banget. Maka dipastikan kalo orientasi sekolah lo hanya terbuai dengan sebuah nilai. Gak penting cara ngeraihnya gimana, yang jelas dirapot nilai lo memenuhi standar. Tanpa pernah berusaha, tapi nilai lo diatas rata-rata. Saat itu mungkin lo bahagia, tapi suatu saat lo bakal ngerasa bahwa semua itu sia-sia.







6. Omelan Guru Bukan Hal Baru
Omelan guru bukan lagi sesuatu hal yang baru. Bahkan saking seringnya, nasihat guru gak lagi masuk telinga kanan keluar telinga kiri, tapi ini bener - bener gak masuk ke telinga manapun. Yahh.. lo bener2 udah menutup mata, hati, dan pikiran, lo hanya berfikir bisa lulus ajah udah bagus.







7. Hati Senang Saat Bel Pulang

Baru ajah datang, udah kepikiran kapan bel pulang. Lagi - lagi mindset yang harus dirubah. Coba deh temukan gimana caranya buat diri lo nyaman dikelas, gimana caranya buat diri lo senang ngerjain tugas, setiap orang mungkin punya caranya masing - masing buat ngilangin rasa malas di kelas.




Oke gaess.. mungkin segituh ajah bahasan yang bisa gue share, Intinya, cobalah untuk mengukuhkan diiri kalo lo bener - bener ada di kelas, lo bukan hanya sekedar numpang lewat di sekolah. Tapi ada sesuatu yang bisa lo banggakan, gak melulu harus prestasi, minimalnya jangan buat diri lo disekolah menjadi basi.





sumber: http://www.kaskus.co.id/thread/54e88a355a516345548b456b/?ref=homelanding&med=hot_thread
.

Ads

Daftar Isi