Ads

Sabtu, 07 Maret 2015

Mengapa Nyamuk selalu Berdengung di Kepala Kita?



Apa sih yang umumnya mengganggu kalian pas mau tidur dan ketika udah tidur? Yang suaranya berdengung seperti Boeing F-22 Raptor di telinga kamu? Ya itulah Nyamuk..

Pertama-tama yang harus kita tahu, kenapa si nyamuk ini berdengung?



Katanya sih Nyamuk Berdengung untuk Tunjukkan Kejantanannya. Percaya gak percaya langsung aja baca nih artikel yang gue kutip dari detik health

Dengung nyamuk yang sering mengganggu sebenarnya merupakan harmonisasi duet suara dari sepasang nyamuk yang sedang mencari pasangan. Nyamuk jantan berdengung untuk menunjukkan kejantanannya.

Duet nyamuk ini ditemukan dalam sebuah studi yang menyelidiki nyamuk Aedes aegypti.

Peneliti mengatakan bahwa hasil studi yang telah dipublikasikan dalam edisi online jurnal Science ini, memiliki implikasi untuk mencegah penyebaran penyakit-penyakit yang disebabkan oleh nyamuk, khususnya Aedes aegypti.

Dalam studi tersebut, tim peneliti dari Cornell University di New York merekam suara dengung nyamuk. Nyamuk menghasilkan suara dengung dengan mengepakkan sayapnya dengan kecepatan berbeda per detik.



Frekuensi suara sayap nyamuk jantan berkisar dari 550-650 Hz sedangkan nyamuk betina kisaran 350-450 Hz (atau kepakan sayap per detik).


Nyamuk biasanya berdengung secara berpasangan. Hampir 70 pasangan mengepakkan sayap dengan kecepatan atau frekuensi dasar, sehingga terdengar harmonis dan saling mencocokkan dengan cara tertentu.

Peneliti memperkirakan, dengung kepakan sayap ini merupakan bentuk seleksi seksual yang digunakan nyamuk betina untuk menguji tingkat kebugaran nyamuk jantan sebelum kawin.


"Nyamuk betina menggunakan harmoni dengung untuk mencari pasangan yang cocok. Jika si pejantan terlalu lambat atau tidak cocok dengannya, maka si betina akan terbang menjauh,"  ujar Ronald Hoy, pemimpin studi dari Cornell University, seperti dilansir dari Livescience, Sabtu (25/9/2010).



Lalu kenapa ya Nyamuk ini sukanya ngider di kepala?


1. Alasan Pertama

Nyamuk menyukai aroma yang keluar dari kelenjar keringat disekitar kepala. Jadi intinya bukan telinga, tapi kepala gan. Di bagian kepala, ada kelenjar keringat yang jika mengeluarkan keringat, akan tertahan oleh rambut. Nah, aroma dari keringat yang tertahan rambut itu yang disukai oleh nyamuk.



2. Alasan Kedua


Pada bagian tubuh manusia, telinga adalah bagian yang memiliki suhu yang mendekati suhu inti tubuh. Artinya suhu di telinga adalah yang paling konstan, dan lebih tinggi dari bagian tubuh manapun. Alasannya adalah Membran tympani hanya berjarak 3,8 cm dari hipotalamus dan Darah pada arteri karotis internadan eksterna, adalah pembuluh darah yang menyuplai hipotalamus dan membran tympani.

Nyamuk mendeteksi panas pake alat seperti Night Vision Google kali ya, dan ketika ngedeketin daerah sekitar kepala, Nyamuk sangat tergila-gila pada panas di daerah telinga. Itulah mengapa Nyamuk suka ngider-ngider di sekitar telinga.




3. Alasan Ketiga


Sebenarnya, Nyamuk kaga cuma mendekati bagian telinga. Namun juga bagian-bagian lain seperti lengan dan kaki. Pokoknya bagian tubuh yang terbuka (tidak tertutup pakaian). 

Namun pada kenyataannya, kita kaga peduli ketika Nyamuk mendekati kaki atau lengan, kita baru terganggu kalo mereka udah berada di sekitar kuping karena suaranya yang sangat mengganggu. 

Jadi menurut kami, Nyamuk emang suka ngider di kuping aja. Padahal dia juga suka ngider di lengan dan kaki. Mungkin karna kaki kita ngga bisa dengerin suara nyamuk..




4. Alasan Keempat


Yang ini rada nyeleneh.. Jadi seperti hal nya manusia, Nyamuk juga membutuhkan ketenangan gan. Terutama ketenangan ketika sedang menyantap makanan. Bayangin kalo kita lagi makan, kita pasti tidak ingin terganggu kan?

Nah, yang dilakukan Nyamuk pun hampir sama. Mereka ngider-ngider di sekitar telinga untuk memastikan bahwa kita memang sudah tidur pulas, kalo belum kan kita biasanya tepok mereka tuh, jadi Nyamuk merasa gak tenang. Kalo udah tenang (kita udah kaga tepok2 lagi) Baru deh mereka bisa menyantap darah kita dengan tenang haha..




5. Alasan Kelima


Nyamuk kalo nyerbu biasanya di daerah yang panas kan? Jarang nyamuk nyerbu di daerah dingin. Kalo menurut kami, Nyamuknya kalo bisa mikir pintar kayak poin nomer empat, dia pasti bisa mikir gini, "manusia kalo di tempat dingin pasti pake jaket, baju tebel dan celana panjang serta kaos kaki, yang pasti bakal lebih ribet kalo mau nyedot darahnya, yang ada nanti kami (nyamuk) mampus ditabokin tuh, mending nyari darah di daerah panas aja deh, orangnya pada pake hot pants dan singlet semua, apalagi kalo udah tidur". Kira-kira kayak gitu mereka (nyamuk) pemikirannya.



Jadi intinya sih sebenernya Nyamuk tuh ngiderin seluruh tubuh kita, berhubung kuping kita cuma sepasang ya kedengeran dengungnya cuma didaerah sekitaran kepala doang deh..






sumber: 
  • http://m.detik.com/health/read/2010/09/25/154717/1448235/763/1/nyamuk-berdengung-untuk-tunjukkan-kejantanan
  • http://cyberbluewebid.blogspot.com/2012/11/kenapa-nyamuk-sering-berdengung-di.html
  • http://www.kaskus.co.id/thread/54ba34d5902cfe1f3c8b4570/?ref=homelanding&med=hot_thread
.

Ads

Daftar Isi