Ads

Minggu, 01 Maret 2015

8 Alasan Mengapa Kita Harus Ramah pada Orang yang Menyakiti Kita



Ketika seseorang menyakiti kalian, akan sulit untuk menemukan alasan untuk lebih ramah terhadap mereka. Kadang-kadang orang mengatakan sesuatu dan melakukan hal-hal yang menyakiti kita secara mendalam dan kebanyakan dari kita mencoba untuk menyakiti mereka kembali, tapi itu adalah kesalahan besar. 


Menjadi kasar dan pendendam akan membuat kalian merasa lebih buruk dan bahkan membuat kalian berada dalam banyak masalah. Tidak peduli betapa menyakitkan situasi kalian, penting untuk bersikap baik dan ramah kepada orang lain. 

Seperti yang dikatakan Henry James pernah berkata, "Ada tiga hal dalam kehidupan manusia yang penting: yang pertama adalah untuk bersikap baik; yang kedua adalah untuk bersikap baik; dan yang ketiga adalah untuk bersikap baik. " begitu juga jika kalian mengetahui kisah hidup Rasulullah SAW.

Berikut adalah daftar dari beberapa alasan yang tak terbantahkan untuk menjadi ramah terhadap orang-orang yang telah menyakiti kalian..



1. Ini menunjukkan bahwa kamu adalah orang baik

Meskipun kalian tidak perlu membuktikan sesuatu kepada orang lain, bersikap ramah terhadap orang-orang yang telah menyakiti kalian akan membuktikan kepada orang lain bahwa kalian itu dewasa. 

Orang-orang di sekitar akan melihat kalian sebagai orang yang cerdas dan kuat yang tahu apa yang harus dilakukan dalam situasi yang sangat sulit. Banyak dari kita tidak bisa menemukan kata yang tepat untuk berbicara kepada orang-orang yang pernah menyakiti kita. 

Mudah kok, mulailah dengan bersikap lebih ramah terhadap orang di sekitar, bahkan jika mereka telah menyakiti kalian berkali-kali, dan semoga bisa menginspirasi orang disekitar kita untuk melakukan hal yang sama.




2. Membuat kalian jadi bersikap lebih lembut


Alasan lainnya adalah karena dapat melunakkan sikap terhadap mereka. Mungkin kalian dapat menghajar mereka tanpa ampun ketika mereka mendatangi kalian, tapi ini hanya akan membuat situasi menjadi tambah buruk. 

Bersikap ramah terhadap mereka adalah cara cerdas untuk menanggapi orang-orang yang telah menyakiti kalian. Dengan cara ini, kebencian kalian terhadap orang yang udah nyakitin kalian jadi berkurang. kami selalu kasihan sama orang yang hatinya dipenuhi kebencian dan dendam membara.





3. Kalian tidak akan merasa sengsara dan bersalah


Kalian tidak akan merasa bersalah kepada mereka. Menjadi lebih kasar malah membuat kalian mungkin merasa down terhadap dua hal. Yaitu, merasa sengsara karena mereka telah menyakiti kalian dan mungkin juga merasa bersalah karena udah bersikap kasar sama mereka. Cara terbaik untuk menanggapi kekejaman adalah dengan tersenyum dan bersikap baik kepada mereka yang telah menyakiti kita.




4. Merasa baik terhadap diri sendiri


Saat kalian ramah terhadap seseorang yang telah menyakiti kalian, kalian akan merasa baik tentang diri sendiri dan tahu bahwa kalian jauh lebih baik dari orang itu. Kekasaran tidak akan membuat kalian merasa lebih baik. Selalu memberi contoh kepada orang lain bahwa menjadi ramah terhadap orang-orang yang telah menyakiti kalian adalah hal paling mulia, dan semua orang disekitar kita akan menghargai kalian untuk hal itu.




5. Kalian akan ‘membunuh’ mereka dengan kebaikan


Selalu jadi ide yang baik untuk ‘membunuh’ orang yang pernah menyakiti kita dengan kebaikan daripada menyakiti mereka sebagai balasannya. Mungkin kebaikan kalian akan membuat mereka mengakui kesalahan mereka dan meminta maaf kepada kalian. 

Bahkan jika mereka tidak mengakui kesalahan mereka, kebaikan kalian akan membuat gila tak enak hati dan akhirnya meninggalkan kalian dengan sendirinya. Hindari berkomunikasi dengan mereka, dan bergaul dengan orang baik dan ‘positive people’ yang membuat hidup bahagia.




6. Ini akan mengubah perilaku kasar mereka terhadap kalian


Menjadi ramah terhadap orang-orang yang telah menyakiti kita bisa mengubah perilaku kasar mereka terhadap kalian. Kebaikan kalian mungkin membuat mereka sadar terhadap tindakan mereka. Sulit untuk mengubah perilaku seseorang terhadap kalian, tetapi setidaknya kita telah mencoba. Kebaikan kalian akan membuat banyak orang yang telah menyakiti kita menyesal telah berperilaku kasar kepada kita.


7. Orang lain akan memuji dan respect terhadap kalian


Ketika seseorang menyakiti kalian bahkan di depan orang lain, bersikap baik dan lembut kepada mereka tidak akan menunjukkan kepada orang lain bahwa kalian lemah. Ini akan menunjukkan kepada orang lain bahwa kalian cerdas dan dewasa. 

Mereka pasti akan melihat ciri kepribadian ini dan mereka akan menghormati kalian bahkan lebih dari sebelumnya. Selain itu, orang yang pernah menyakiti kalian akan melihat kebaikan kalian juga. Dan mungkin mereka akan meminta maaf dan menyesal telah bersikap kasar kepada kita.




8. Menyambung silahturahmi


Ini yang terpenting gan dari bersikap baik sama mereka, dengan bersikap baik dan ramah kita akan membangun hubungan yang baik sama mereka. Jadi nambah-nambah temen + membangun silahturahmi sesama manusia berakhlak.





Menjadi ramah terhadap orang-orang yang telah menyakiti kalian adalah suatu keahlian dan seni. Ini adalah tugas yang menantang, tapi cobalah untuk tidak menyakiti siapa pun sebagai imbalannya. 

Banyak orang berpikir bahwa bersikap lembut adalah kelemahan, tapi itu tidak benar. 

Kahlil Gibran mengatakan, "Kelembutan dan kebaikan bukanlah kelemahan dan keputusasaan, tetapi manifestasi dari kekuatan dan resolusi hidup."

Jadi kalian semua udah tau kan apa yang harus dilakukan kalo disakiti sama oranglain?





sumber:

  • http://womanitely.com/reasons-kinder-people-hurt/
  • http://www.kaskus.co.id/thread/53f98bf49e740455218b45aa/?ref=homelanding&med=hot_thread
.

Ads

Daftar Isi