Ads

Kamis, 11 Desember 2014

Mainan Legendaris Kapal Othok-Othok



Di Luar Negeri Kapal ini dikenal dengan "pop-pop boat". Kapal tradisional yang terbuat dari seng dan bekerja menggunakan tekanan uap ini biasanya kita temui di Alun-alun dan Pasar. kapal ini terbuat dari seng yang direkatkan dengan soldier dan di cat dengan cat besi.

Sentra pembuatan mainan ini ada di wilayah Pantura, seperti Cirebon, Brebes, Tegal dan Pekalongan. Namun daerah penyebarannya hingga jauh ke wilayah kota-kota di Jateng, Jabar, Jatim, Jakarta, Sumatera hingga Kalimantan dan kota-kota sekitarnya.

Prinsip kerja Kapal ini menggunakan sarana penggerak uap air yang keluar dari ketel mini yang sudah terinstal di dalam kapal. Saat dimainkan, temperatur yang ada di lingkungan kapal lebih rendah daripada yang ada di dalam kapal, jadi uap air yang berada di dalam kapal akan mendesak keluar lalu menimbulkan gaya aksi ke Air.








Harga Kapal ini relatif murah TAPI TIDAK MURAHAN !!!
Konon benda ini sudah turun temurun dari generasi ke generasi, Berbahagialah anda yang pernah memainkan kapal ini, atau setidaknya mengetahui. Bagi saya, kapal ini mengandung unsur Sejarah, Budaya, dan Estetika yang tinggi.

Saat membeli Kapal Othok-othok ada baikya anda mencoba kapal tersebut terlebih dahulu. Antisipasi kapal bocor dan tenggelam,Kapal ini bervariasi, ada yang kecil dan besar. Yang kecil, dibadrol dengan harga 10K , dan yang Besar 15K.



Satu paket Kapal ini anda akan mendapatkan :
1 Kapal Othok-othok
1 Buah seng Kerucut ( Berfungsi untuk memudahkan memasukkan air dalam pipa kecil )
1 Buah seng pematik api + Kapas ( Bonus )




Cara memainkan

Memainkan Kapal Othok-othok ini cukup mudah, tinggal siapkan ember yang lebar dan isi air secukupnya, setelah itu nyalakan api pada pematik dan letakkan di dalam kapal. dan terdengar bunyi othok-othok-othok.




Cara Pembuatannya

Diperlukan Alat dan Bahan seperti :
1. Gunting
2. Seng
3. Solder
4. Timah
5. Tang
6. Permanen marker
7. Cat minyak
8. Kaleng bekas

#Langkah Pembuatan :



1. Buat pola kabin kapal di atas kertas atau langsung saja digambar di kalengnya, tapi kalengnya diluruskan terlebih dahulu.
2. Buat pola ruang bakar alias ketel.
3. Potong kalengnya sesuai pola yang sudah dibuat
4. Kemudian buat pipa saluran
5. Rangkai pola yang telah dibuat tadi dengan memanfaatkan solder dan timahnya sampai jadi bentuk perahu.
6. Dicat jika perlu biar lebih keren.



Penjelasan : Kapal othok-othok menggunakan sarana penggerak uap air yang keluar dari dalam ketel mini yang sudah diinstal di dalam kapal. Temperatur air yang ada di lingkungan kapal lebih rendah daripada yang ada di dalam ruang ketel mini, maka air dari dalam ketel yang sudah jadi uap karena dipanaskan mendesak ingin keluar dari ruang ketel, lalu menimbulkan gaya aksi ke air, dan reaksinya air akan mendorong si kapal berjalan.






sumber: 
  • http://awangdirgantara.blogspot.com/2013/02/kapal-othok-othok-mainan-tradisional.html?m=1
  • http://aditama.mywapblog.com/cara-membuat-kapal-mainan-otok-otok.xhtml
.

Ads

Daftar Isi