Ads

Selasa, 16 Desember 2014

4 Cara Sederhana Mengobati Kuku Cantengan



Kuku yang masuk kedalam atau yang populer dengan nama "cantengan" atau bahasa dikampung mah "hihiledeun", merupakan salah satu gangguan kuku yang sering muncul. 

Cantengan menyebabkan bengkak pada sisi jari kuku hingga menyebabkan bernanah bahkan berdarah, apabila nanah tersebut yang keluar jika dicium aroma nya ADUHAYYY
. Bahkan bisa membuat kalian bingung sambil berkata "ini jempol kaki apa lubang pantat ya? baunya kok sama.. haha"

Adapun gejala cantengan yang paling sering yaitu :
1. Pembengkakan
2. Kemerahan
3. Bernanah
4. Terasa Nyeri bahkan terasa nyut-nyutan.

Cantengan disebabkan oleh beberapa faktor,antara lain , seperti memotong kuku terlalu pendek sehingga ujung kuku merobek kulit ketika tumbuh, memakai sepatu yang terlalu ketat, dan gerakan kaki yang berhenti secara tiba-tiba ketika berolah raga, seperti basket dan bulutangkis, sehingga kuku menghujam ke dalam kulit dan menimbulkan infeksi, juga akibat penderita kurang menjaga kebersihan kuku kaki (spt ga pernah ganti kaos kaki, memakai sepatu/kaos kaki basah atau lebab).

Berikut cara perawatan rumahan yang paling sederhana untuk mengobati cantengan seperti dilansir healthmeup.com :


1. Merendam Kaki
Merendam kami dengan air garam selama 20 menit mampu membantu melembutkan daerah kuku cantengan.


2. Cuka Apel
Cuka apel juga bisa dimanfaatkan untuk dimasukan kedalam air rendaman kaki. Bahan alami didalamnya mampu mengurangi rasa nyeri infeksi.


3. Balsem
Dinginnya balsem diyakini dapat menyembuhkan kuku yang tumbuh kedalam serta mengurangi rasa nyeri.


4. Sabun / Cairan Antibakteri
merendam kaki dalam sabun antibakteri mampu menghilangkan bakteri penyebabnanah dikuku cantengan. setelah kaki agan kering uleskan salep atau obat cair antibakteri diatasnya.



Kalo pengalaman kami sendiri, apabila terasa gejala kuku cantengan, biarkan 2-3 hari sampai bengkak terlihat besar dan gumpalan nanah sedikit terlihat dibawah kulit. Lalu rendam kaki menggunakan air hangat+garam+irisan daun sirih, lalu rendam kaki selama 23-30 menit, setelah itu pencet perlahan bagian yang bengkak tadi, maka akan keluar nanahnya, bersihkan dengan menggunakan cotton buds (sambil ditekan-tekan perlahan) sampai nanah benar-benar habis, lalu cuci kaki dengan air bersih, setelah itu oleskan salep antibakteri atau teteskan Beta**ne diatas luka cantengan.


sekian tips dari kami, mohon maaf atas segala kekurangan. semoga bermanfaat..





sumber: http://www.kaskus.co.id/thread/547bf175bdcb170c5b8b4573/4-cara-sederhana-mengobati-kuku-cantengan/
.

Ads

Daftar Isi