Ads

Jumat, 31 Januari 2014

Lagu Jadul VS Lagu Masa Kini


sekarang lagi jamannya budaya luar masuk ke negara kita terutama boy/girlband (terutama K-POP). dan ada penyanyi solo Internasional yang gagal masuk ke Indonesia (lady Gaga).
padahal kita punya banyak penyanyi dalam Negeri yang belum tentu terangkum dalam media. 

Kelebihan-kelebihan lagu jadul:

1.Kelebihan lagu jaman dulu dan sekarang (Soal makna)
-Lagu jaman dulu: 
lebih Bermakna untuk di dengarkan!. Karena hampir menyangkut semua Aspek hidup.
seperti Lagu-lagu Bang Iwan fals dan Ebiet G Ade karna mereka menyanyikan lagunya itu tentang masalah-masalah di negri kita Indonesia.

-Lagu sekarang: 
seperti kurang bermakna untuk di dengarkan karna seperti yang saya sudah jelaskan di thered atas bahwa mungkin hampir lagu sekarang 60% soal cinta seperti lagu  SM*SH, CHERRYBELLE, 7ICON, CJR dll.Tapi terdapat pula lagu-lagu jaman sekarang yang masih bermakna seperti Wali,Maher zain, ST12, Opick, dll karena ada aspek yang terkandung dalam lagu tersebut seperti ketabahan hati, semangat, Religi, dll.


2.Kelebihan lagu jaman dulu dan sekarang(Soal Lagunya sendiri)
-Lagu jaman dulu: 
Lagu jaman dulu memang dibuat demi makna yang khas, makna yang tulus dan Memang di buat melalui Hati. karna lagu dahulu para penyanyi/suatu band itu sendiri tidak terlalu memikirkan uang.
memang sebagai prasarana EKSPRESI HIDUP seorang SENIMAN.
-Lagu sekarang:
lagu sekarang memang Berlawanan karna hampir semua lagunya seperti dibuat untuk dijual.
lihat saja di sinetron-sinetron banyak lagu yang dijadikan OST(OPENING SONG THEM) sinetron itu sendiri dan lagunya pun tidak sampai selesai.

3.Kelebihan lagu jaman dulu dan sekarang (Soal Perjuangan kePopuleran)
-Lagu jaman dulu:
Perjuangan lagu jaman dahulu lebih berat karna mereka berjuang dengan keras higga terkenal, Dan bisa membesarkan namanya di jajaran lagu Indonesia/Internasional karena jaman dahulu warga indonesia belum terlalu banyak mengenal internet. seperti Bang Iwan fals di Menjual motornya untuk Membuat albumnya sayang sekali tetapi albunya itu sendiri tidak menjadi terkenal dan dia mengamen dengan tujuan mengasah skill dan mengumpulkan uang untuk membuat album kembali.

-Lagu sekarang:
memang tidak terlalu mudah untuk menjadi terkenal! tetapi jika sekarang banyak situs di internet untuk menguplode/mengunggah Video atau lagu seperti Youtube, 4shared, Soundcloud, dll.(itu juga hoki-hokian)


jadi kelebihan lagu-lagu jadul adalah dimana para penyanyi atau band-nya selalu menggunakan hati dalam membuat lirik lagunya jadi lebih bermakna sampai bahkan ketika membawakan lagu itu sendiri.

sedangkan lagu jamanya sekarang seperti tidak bermakna karna mungkin hampir 60% semunya soal cinta-cintaan terutama boy/girl band. sedangkan lagu jadul mempunyai makna tersendiri seperti Bang Iwan fals telah banyak lagunya untuk rakyat, tetapi lagu jaman sekarang paling hanya di jadikan soundtrack/Ost (opening song themes) yang hanya menjadi lirik pembuka/penutup sinetron yang tak sampai selesai. 

mungkin budaya kita terkikis sedikit-sedikit oleh lagu dari luar. manakah rasa cinta kita pada budaya kita sendiri terutama soal MUSIK? kita hanya bisa meniru bukan menciptakan.

bukan maksud saya ada maksud menghina sama boy/girl band atau Lady gaga saya hanya mengingatkan Kaum muda untuk dapat bernotsalgia terhadap Penyanyi/Band dahulu.

saya tidak bermaksud membeda-bedakan tapi hanya saja memang sepertinya lagu jadul masih pantas ada di jajaran lagu terbaik di masa modern ini!!!



sumber: http://zackdimygembelspot.blogspot.sg/2012/06/kelebihan-lagu-lagu-jadul-indonesia-dan.html
.

Ads