Ads

Sabtu, 11 Januari 2014

7 Alasan Kenapa Anda Selalu Digigit Nyamuk Ketimbang Orang Lain

Kalau pergi ke suatu tempat baru, Anda langsung sibuk mengusir nyamuk yang mengejar Anda. Anehnya, teman-teman Anda tidak merasa terganggu oleh nyamuk tersebut dan malah santai-santai saja. Sementara tubuh Anda penuh bentol oleh serangan nyamuk yang membabi buta.
Sebenarnya hal ini bukan hal yang aneh, karena memang nyamuk bisa memilih mangsanya sendiri. Ada beberapa penyebab yang membuat nyamuk menentukan mangsanya. Seperti dikutip dari WebMD, nyamuk tidak asal menggigit dan menghisap darah, melainkan karena hal berikut ini.



1. Golongan Darah

Orang dengan golongan darah O dua kali lebih rentan diserang nyamuk dibanding golongan darah A. Sementara golongan darah B atau percampuran ada di antaranya. 

"Saya sama di Dia sama-sama golongan O. Mengapa saya lebih sering digigit nyamuk?" Jangan lupa, selain golongan darah, gen juga berpengaruh. Sekitar 85 persen orang mengeluarkan sinyal kimia melalui kulit yang menunjukkan jenis golongan darah mereka. Karena itulah nyamuk lebih cepat mendeteksi.

2. Karbon Dioksida



Salah satu cara nyamuk mencari target yakni dengan mencium bau karbon dioksida yang dikeluarkan dari pernapasan kita. Menurut penelitan, nyamuk bisa mencium dari jarak 164 meter. Nah, kalau Anda termasuk orang yang 'bernapas boros' lebih rentan digigit nyamuk.
3. Metabolisme
Selain karbon dioksida, nyamuk mencari korban dari jarak dekat dengan mencium bau asam laktat, asam urat, amonia dan zat lain diusir melalui keringat. Mereka juga tertarik pada orang dengan suhu tubuh lebih tinggi.

Tak heran, kalau kamu selesai olah raga lebih sering digigit nyamuk. Karena menghasilkan penumpukan asam laktat dan panas dalam tubuh Anda.


4. Bakteri
Dalam sebuah penelitian 2011, para ilmuwan menemukan bahwa beberapa jenis bakteri membuat kulit lebih menarik bagi nyamuk. Ini juga mungkin jadi penyebab nyamuk sangat sering mengincar kaki karena di situlah lebih banyak terdapat koloni bakteri.
5. Bir
Tahukah Anda, hanya satu botol bir (sekitar 12 gram) membuat nyamuk lebih tertarik? Menurut penelitian, hal ini diduga karena peningkatan jumlah etanol yang dieksresikan oleh keringat, serta meningkatkan suhu tubuh.
6. Kehamilan
Dalam beberapa studi yang berbeda, ditemukan bahwa wanita hamil lebih menarik kira-kira dua kali lebih banyak gigitan nyamuk. Mungkin akibat dari fakta berikut: Ibu hamil menghembuskan napas sekitar 21 persen lebih banyak karbon dioksida.

7. Warna Pakaian
Menurut James Day, seorang entomologi medis di University of Florida mengemukakan bahwa nyamuk juga mendeteksi warna untuk menemukan manusia. Karena itu pakaian berwarna hitam, biru tua, atau merah sebaiknya dihindari saat berada di daerah terbuka. 


sumber: http://www.kaskus.co.id/thread/5215273d3dcb17423e000000/tau-gak-gan-kenapa-nyamuk-menggigit-orang-tertentu-lebih-sering-ini-dia-alesannya
.

Ads