Ads

Kamis, 13 Oktober 2011

Wanita Sulit Terbebas dari Stress

 


Pernahkah Anda mengamati bahwa lebih banyak wanita yang menderita karena faktor stress. Hal ini bukan karena wanita lebih terbuka dan mudah menceritakan stress yang mereka hadapi ketimbang pria, tetapi wanita memang lebih sulit terbebas dari stress dibandingkan kaum Adam. Sebuah kesimpulan dibuat oleh sekelompok ilmuwan dari University of North Carolina di bawah bimbingan Susan Girdler, PhD yang melakukan proyek Investigation of Stress seperti dilansir Genius Beauty. Mereka menyatakan bahwa para wanita memang lebih sulit terbebas dari stress.


Dalam salah satu penelitian, hasil menunjukkan bahwa sebagian besar wanita bisa memberikan nasihat yang baik pada sahabat mereka yang sedang dalam kondisi stress, misalnya saran untuk melakukan rutinitas di luar rumah dan bersantai saat liburan sehingga bisa berpikir lebih baik apa yang harus dilakukan selanjutnya. Tetapi, saat sedang di dalam kondisi stress yang sama, wanita yang bisa memberi nasihat tersebut justru tidak tahu harus berbuat apa dan tidak dapat mengambil keputusan yang tepat.

Psikolog yang bekerja sama dalam proyek tersebut, Dr. Alice Domar, menyatakan bahwa hasil tes para wanita dari berbagai usia menunjukkan bahwa 89 persen dari mereka tidak dapat memahami kebutuhan diri sendiri untuk mendapat perlindungan dari stress dalam waktu yang singkat. Namun, 95 persen wanita tahu cara-cara umum untuk menghilangkan stres, misalnya menghabiskan waktu di luar, metode pernapasan, yoga, termasuk mengonsumsi makanan tertentu.

Para ilmuwan telah menemukan alasan utama para wanita yang sedang mengalami stress dan tidak mampu menyingkirkannya adalah mereka tidak percaya bahwa metode untuk mengatasi stress (yang mereka ketahui) tidak dapat membantu mereka. Alasan kedua adalah semua pengetahuan dan budaya mengharuskan para wanita untuk mengurus diri sendiri saat stress menyerang mereka, sehingga para wanita cenderung mengurung penderitaan mereka.

Sementara itu, para ahli percaya bahwa metode untuk menghilangkan stress akan ampuh bila para wanita melakukan upaya secara fisik dan psikologis. Sehingga seorang wanita akan sadar bahwa dalam situasi yang buruk tersebut, dia akan menjadi satu-satunya orang yang dapat membantu dirinya sendiri untuk keluar dari zona stress. Ya, kuncinya adalah LAKUKAN sesuatu! Jangan hanya sekedar mendengarkan saran atau membaca artikel mengenai kiat-kiat mengusir stress.

Ads

Daftar Isi