Ads

Kamis, 27 Oktober 2011

Kumpulan software pendidikan

Beberapa aplikasi atau software pendidikan yang dapat membantu guru dalam mengembangkan media pembelajaran, yaitu :
  1. Lecture Maker (http://www.lecturemaker.com/) : Aplikasi Lecture Maker merupakan aplikasi pembuat media presentasi, sama halnya dengan aplikasi powerpoint. Aplikasi ini menyediakan fasilitas dalam membuat presentasi dengan singkat. Salah satu kelebihan aplikasi ini bisa dijadikan sebagai bentuk aplikasi untuk cd interaktif, menyedia fasilitas soal seperti multiple choice dan essey.
  2. ISpring ( http://www.ispringsolutions.com/ ) : iSpring Free adalah software yang dapat digunakan untuk merubah file Powerpoint ke dalam bentuk Flash Movie. iSpring membuat soalah-olah persentasi yang kita buat,dibuat menggunakan flash.
  3. CrossWord ( http://www.solrobots.com/ ) : Dengan software ini kita dapat membuat teka teki silang berbentuk flash interaktif.
  4. EclipseCrossword (http://www.eclipsecrossword.com/ ) : software ini kita dapat membuat teka teki silang berbentuk flash interaktif (gratis tidak perlu crack/keygen).
  5. CROCODILE PHYSICS 6.0.5 ( http://www.crocodile-clips.com ) : Software simulasi fisika yang sangat menarik. Banyak sekali jenis simulasi pada software ini. Mulai dari mekanika, gelombang, optik, sampai elektronika. Banyak contoh-contoh percobaan yang sangat fundamental dalam konsep fisika.
  6. Crocodile Mathematics v4.01 ( http://www.crocodile-clips.com ) : Crocodile Mathematics merupakan software yang asik buat belajar dan membuat modelling geometry dan numeracy.
  7. Crocodile Chemistry ( http://www.crocodile-clips.com ) : Software simulasi pelajaran Kimia.
  8. WonderShare Quiz Creator ( http://www.sameshow.com ) : Software membuat kuis yang menarik, interaktif dan praktis.
  9. Cisco Packet Tracer ( http://www.packettracer.info ) : Cisco Packet Tracer merupakan aplikasi yang digunakan untuk mensimulasikan jaringan komputer.
  10. Phet ( http://phet.colorado.edu/ ) : software simulasi interaktif yang berbasis research dan berlisensi gratis (free software).
Bahan ajar yang telah dibuat menggunakan aplikasi diatas dapat dengan mudah didistribusikan ke siswa melalui media storage Flashdisk, dikirim via milis Madrasah, diupload di situs elearning maupun di web blog Madrasah, sehingga siswa dapat dengan mudah mengulangi materi pelajaran dimanapun mereka berada dengan menggunakan alat bantu komputer maupun handphone yang terkoneksi dengan internet.

Ads

Daftar Isi