Ads

Sabtu, 12 November 2011

5 Perubahan Besar yang Dilakukan Anak kecil

Usaha untuk merubah dunia tidak mengenal umur dan materi, bahkan seseorang tak perlu  menjadi pemimpin dunia untuk itu. Isu-isu dan penemuan  besar yang membuat dunia berubah terkadang hanya didominasi oleh tetua yang dikemas dengan pemberitaan sana sini, sehingga beberapa perubahan dari tangan kecil luput untuk dihargai. Contohnya seseorang yang berumur seperlima dari umur pemimpin negara dapat membuat sebuah perubahan yang bermanfaat untuk orang banyak. Dalam 5 tangan kecil yang mampu melakukan perubahan besar pada dunia, uniknya.com berhasil mengemas dan merangkumnya :

1 Louis Braille
Louis Braille dilahirkan pada 1809 di Coupvray, Perancis. Pada usia 3, cedera mata kiri membuatnya buta. Belajar di Royal Institute for Blind Youth di Paris, Louis menemukan sistem membaca dan menulis untuk orang buta (tuna netra) yang melibatkan titik-titik sebagai kontur, yang saat ini dikenal sebagai Braille. Pada usia 19, Braille menjadi guru penuh waktu di Royal Institute, di mana ia tinggali sampai kematiannya pada usia 43. Hari ini, Braille, mengambil namanya, dikenal metode taktil universal digunakan menulis dan membaca untuk orang buta. Penelitian telah menunjukkan bahwa tuna netra dewasa yang belajar membaca menggunakan huruf Braille memiliki tingkat produktivitas kerja dan tingkat pendidikan yang lebih tinggi, lebih mandiri secara finansial, dan menghabiskan lebih banyak waktu untuk membaca daripada mereka yang belajar membaca menggunakan cetak, secra visual.
                                               http://acelebrationofwomen.org/wp-content/uploads/2011/01/Louis_Braille-book.jpg
                                        
                                             Louis Braille 

2. Anne Frank
Anne Frank mungkin korban Yahudi yang paling terkenal dari Holocaust Nazi di  Perang Dunia II. Frank, lahir 12 Juni 1929, diberikan buku harian pada usia 13, di mana dia mencatat hidupnya dari 1942 hingga 1944. Selama pendudukan Nazi di Amsterdam, Anne menghabiskan dua tahun bersembunyi bersama keluarganya di ruangan rahasia dengan empat orang Yahudi lainnya. Dikhianati dan ditemukan pada tahun 1944, Anne dikirim ke kamp konsentrasi Bergen-Belsen, tempat ia meninggal karena tifus pada tahun 1945. Ayah Anne, Otto Frank, adalah satu-satunya penghuni ruang rahasia tersebut yang berhasil bertahan hidup melewati perang tersebut. Pada tahun 1947, ia menerbitkan buku harian Anne sebagai “The Diary of a Young Girl.” sebuah peninggalan berharga semasa hidupnya, bukti keyakinan yang mendalam pada kebaikan  dalam era kekejaman, telah menjadi salah satu buku di dunia yang paling banyak dibaca . Ini adalah bukti kasih karunia yang luar biasa dalam jiwa manusia.

http://cdn.dipity.com/uploads/events/700197cfbfd36a46f3b14bdc435f809c_1M.png
Anne Frank 

3. Dylan Mahalingam
Pada usia 9 tahun, Dylan Mahalingam mendirikan MDGs Lil ‘, sebuah pembangunan nirlaba dan organisasi pemberdayaan dan inisiatif pemuda yang bertaraf internasional yang didanai oleh Jayme’s Fund. Misi Lil ‘ MDGs adalah memanfaatkan kekuatan media digital untuk melibatkan anak-anak di Millenium Development Goals (MDGs), sebuah organisasi dunia. Organisasinya telah memobilisasi lebih dari 3 juta anak di seluruh dunia untuk bekerja pada berbagai isu, dengan lebih dari 24.000 relawan yang berasal dari 41 negara. Dylan adalah seorang pembicara muda bagi PBB serta duta strategi dan proyek Akasia. Sebagai penerima banyak penghargaan internasional dan nasional, Dylan sekarang 15 tahun dan seorang mahasiswa di Akademi Pinkerton di New Hampshire.
                                                                        

Dylan Mahalingam 

4. Alexandra ‘Alex’ Scott
Alexandra “Alex” Scott lahir di Connecticut pada tahun 1996, dan didiagnosis dengan neuroblastoma, jenis kanker anak, sebelum ia genap berusia satu tahun. Pada tahun 2000, pada saat menginjak umur 4 tahun, dia memberitahu ibunya bahwa ia ingin memulai mengumpulkan uang bagi dokter untuk membantu anak-anak lain, seperti mereka membantunya, lewat gerai limun. Gerai limun pertama menghasilkan $ 2.000 dan uang tersebut berhasil membuatnya mendirikan Alex’s Lemonade Stand Foundation. Alex meneruskan dan mengembangkan gerai limunnya selama hidupnya, yang akhirnya meningkatlebih dari $ 1 juta untuk penelitian kanker. Dia meninggal pada bulan Agustus 2004 pada usia 8. Saat ini, Alex Lemonade Stand mensponsori penggalangan dana penyelenggaraan Lemonade day setiap akhir pekan di bulan Juni. Setiap tahun, sebanyak 10.000 relawan di lebih dari 2.000 gerai Limun Alex di seluruh bangsa membuat perubahan bagi anak-anak yang mengidap kanker.

Alexandra 'Alex' Scott (Sumber: mnn.com,jelajahunik)

5. Ryan Hreljac
Pada tahun 1998, seorang anak berusia 6 tahun bernama Ryan Hreljac terkejut mengetahui bahwa anak-anak di Afrika harus berjalan beberapa kilometer setiap harinya hanya untuk mengambil air bersih. Ryan memutuskan ia perlu untuk membangun sebuah sumur untuk desa-desa di Afrika. Dengan melakukan pekerjaan rumah tangga dan membahas tentang isu-isu air bersih, sumur pertama Ryan dibangun pada tahun 1999 di Sekolah Dasar Angolo di sebuah desa Uganda utara. Tekad Ryan menyebabkan Yayasan Yah Ryan, yang telah menyelesaikan 667 proyek di 16 negara, membawa akses air bersih dan sanitasi untuk lebih dari 714.000 orang. Saat ini, Ryan adalah 20 tahun mahasiswa di Universitas King College di Halifax.
                                                         

Ads

Daftar Isi